SELEBRITI

Faktor Usia dan Gagal Jantung, Penyebab BJ Habibie Meninggal Dunia

Rabu, 11 September 2019 21:28 Penulis: Gogor Subyakto

BJ Habibie. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kepergian BJ Habibie pada hari Rabu (11/9) sekitar pukul 18.05 WIB memang mengejutkan banyak pihak. Bukan hanya keluarga, masyarakat tanah air juga ikut berduka atas meninggalnya Presiden Republik Indonesia ke-3 tersebut.

Beliau meninggal di RSPAD Gatot Soebroto di mana dirinya tengah menjalani perawatan untuk melawan penyakit yang ia derita. Sebelum menghembuskan nafas terakhir almarhum sempat dirawat di RS itu selama kurang dari dua minggu.

"Dengan sangat berat kami sampaikan, ayah kami, Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, telah meninggal dunia," tutur Thareq Kemal Habibie, putra dari mendiang.

1. Penyebab Meninggal Dunia

Lebih lanjut lagu, anak kedua dari BJ Habibie tersebut memberikan pernyataan soal penyebab dari meninggalnya yang ayah. Faktor usia serta gagal jantung merupakan penyakit yang diderita oleh almarhum.

"Alasan sudah menua, gagal jantung, yang mengakibatkan organ-organ itu degenerasi, melemah tidak kuat lagi," ujarnya. "Jantungnya dengan sendirinya menyerah," sambung Thareq.

2. Sudah Berusaha

Menurut penjelasan Thareq, tim dokter kepresidenan telah melakukan beragam cara terbaik namun Tuhan berkehendak lain.

"Tim dokter sudah berbuat terbaik, tidak bisa berbuat lagi," jelas Thareq. Pria tersebut pantas meminta doa yang terbaik untuk sang ayah agar diterima Tuhan Yang Maha Kuasa.


REKOMENDASI
TRENDING