Ingin Kurangi Limbah, Alika Islamadina Miliki Ide Cemerlang Untuk Masa Depan

Sabtu, 11 November 2017 21:22 Penulis: Ahmat Effendi
Ingin Kurangi Limbah, Alika Islamadina Miliki Ide Cemerlang Untuk Masa Depan Alika Cr KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sebagai generasi masa kini, artis cantik Alika Islamadina sangat mendukung penuh kemajuan teknologi. Apalagi dengan teknologi, mimpi dan ide Alika Islamadina untuk membuat suatu perubahan di masa depan bisa terwujud.

Alika salah satu public figur sekaligus fashion influencer, ternyata memiliki ide dan mimpi besar untuk di masa depan. Sebagai artis yang bergelut di bidang fashion, dia tahu betul tentang dunia tersebut.

Untuk itu dia mempunyai mimpi membuat 3D printing baju. Bagi Alika, fashion merupakan industri yang limbahnya paling besar di dunia. Melalui ide 3D printing untuk baju Alika menganggap bisa mengurangi limbah tersebut.

"Jadi siapa tahu ada orang yang sangat pintar yang bisa membuat teknologi seperti itu dan siapa tahu bisa mengurangi limbah juga jadi bisa membantu mengurangi global warming. Soalnya, fashion industri itu industri yang limbahnya itu paling besar di dunia, jadi siapa tahu kita bisa mengurangi itu dengan 3D printing tapi buat baju," kata Alika saat ditemui dalam acara Democracy of Centinennial, Sejuta Ide Seabad Indonesia, di Grand Indonesia, Jumat (10/11/2017).

"Jadi kita misal hari ini pengen baju kayak apa ya tinggal print, besok mau pakai aksesoris apa ya tinggal print. Kan sekarang sudah ada ya 3D printing tapi bukan untuk fashion," lanjutnya.

Alika menginginkan pengembangan teknologi yang bisa mengurangi limbah dalam bidang fashion. Cr KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaAlika menginginkan pengembangan teknologi yang bisa mengurangi limbah dalam bidang fashion. Cr KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Menurut Alika, dengan ide-ide yang dia miliki nantinya semua fashion yang dipakai masyarakat Indonesia akan lebih mudah dan praktis dipakai.

"Fashion tuh udah jadi sebuah apa ya, harus lebih praktis aja sih jadi aku nantinya mikir siapa tahu fashion bisa digabungin dengan digital, dunia entertaint. Siapa tahu nanti kaos-kaos yang kita pakai bisa menampilkan entertainment yang ingin kita tampilkan jadi kita nggak tahu teknologi 28 tahun lagi akan seperti apa," katanya.

Bagi Alika, ketertarikannya di bidang fashion karena di Indonesia sendiri banyak penggunaan kain-kain tradisional sehingga sangat beragam berbeda dengan fashion di berbagai negara.

"Salah satu industri kreatif yang sekarang juga lagi maju banget ya dan kayaknya itu konsumennya juga banyak banget, fashion. Jadi menarik aja gitu kayaknya untuk didalami," tandasnya.

Sekedar diketahui, Democracy of Cenantial merupakan sebuah film yang diharapkan dapat menjadi wadah anak-anak muda dalam mengembangkan imajinasi mereka. Telkom Indonesia mengajak para generasi Z untuk mengembangkan ide kreatif ke dalam Movie Making Project, yang menceritakan kemajuan Indonesia di tahun 2045.

Democracy on Centenntial akan fokus pada ide-ide segar generasi Z. Yaitu, anak-anak muda yang lahir di tahun 1995 sampai 2011. Sebutan untuk para generasi digital, yang berpikiran terbuka dan diharapkan dapat menjadi pemimpin.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING