SELEBRITI

Kondisi Ibunda yang Mengalami Penyakit Langka Membaik, Oki Setiana Dewi Kembali Terapi Stemcell Kedua

Kamis, 24 November 2022 14:11 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Oki Setiana Dewi Kembali Terapi Stemcell Kedua (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Artis Oki Setiana Dewi menunjukan baktinya pada perempuan yang sudah melahirkannya, Yunifah Lismawati untuk menjalani terapi stem cell kedua. Diketahui, Yunifah sudah belasan tahun mengidap penyakit autoimun pemfigus vulgaris yang merupakan salah satu penyakit langka.

Pemfigus vulgaris sendiri merupakan salah satu gangguan kulit serius dan termasik salah satu jenis autoimun yang menyerang kulit. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan adanya lepuhan di kulit, dan bisa menimbulkan rasa sakit pada tempat yang melepuh tersebut.

"Allah menguji keluarga kami dengan berbagai macam penyakit. Segala puji bagi Allah untuk semua keadaan. Allah berikan autoimun pada ibu saya, di mana penyakit ini sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu," ucap Oki Setiana Dewi di Vinsky Tower, Kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu (23/11).

1. Sebagai Ikhtiar

"Ada gelembung-gelembung yang kemudian pecah, melepuh. Seperti itulah kira-kira di seluruh tubuhnya. Kami ini anak-anaknya, mewakili adik saya, tentu melakukan berbagai macam pengobatan sebegai ikhtiar untuk ibu kami. Salah satunya stem cell," Oki melanjutkan.

Dengan bantuan tenaga ahli medis di bawah pimpinan Prof. dr. Deby Vinski Yunifah menjalani terapi stemcell yang ke-2 di Celltech Stem Cell Centre. Sang dokter pun menjabarkan tujuan dari terapi stem cell yang dilakukan kepada ibunda Oki.

2. Kondisi Lebih Baik

"Kami melakukan terapi untuk autoimunnya. Kita ketahui itu terjadi karena tubuhnya tidak mengenali. Jadi sel-selnya tubuhnya ini menganggap musuh, padahal sel tubuhnya sendiri. Harusnya imunitas yang baik adalah, kalau ada benda asing baru dia melawannya. Nah apa gunanya stem cell, gunanya untuk penyeimbang imunitas. Sehingga imunnya jadi tidak bingung lagi, itu diusahakan," jelas dr Deby di tempat yang sama.

Pasca menjalani terapi stem cell yang pertama pada bulan lalu, Oki dan adik-adiknya bersyukur karena kondisi ibunya jauh lebih baik.

"Jadi bukan hanya beliau merasa lebih sehat dan kuat, tapi orang-orang di sekitar juga mengatakan ibu lebih sehat, lebih kuat dan tidak mudah capek," tutup Oki Setiana Dewi.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING