SELEBRITI

Lukman Sardi Mantap Pindah Agama Karena Dapat Momen Haru Saat Umrah

Kamis, 29 Juli 2021 18:46

Lukman Sardi - Credit: instagram.com/lukmansrd

Kapanlagi.com - Lukman Sardi bercerita tentang perjalanannya dalam berpindah agama. Aktor sekaligus sutradara itu dulunya seorang muslim, tapi kini beralih menjadi Kristiani. Pada kesempatan tersebut, ia mengungkap sebuah fakta tentang keluarganya. Ternyata ia berasal dari keluarga yang memiliki latar belakang agama yang berbeda.

"Pada masa itu gue merasa nggak mau mikirin (hubungan) beda agama. Latar belakang keluarga gue juga nggak sama semua. Sepupu gue ada yang Katolik. Bahkan adik gue yang kecil lebih ke Katolik. Ini bukan kejadian yang aneh," ujar pria 50 tahun tersebut pada kanal Youtube Daniel ManantaNetwork Rabu, (28/7) kemarin.

Lukman Sardi lalu menyebut seseorang yang memberinya pengaruh untuk mantap berpindah agama. Ternyata sosok tersebut adalah kakeknya. Opa (panggilan Lukman Sardi pada sang kakek) berpesan soal kekuatan kasih Tuhan.

"Sebenernya yang punya influencer yang dalam itu dari opa gue dari mama Marini. Dia itu tentara tapi dia lembut, dia orang jujur, nggak pernah marah dan base on kasih," ujar Lukman Sardi.

1. Pencarian Dimulai

Lukman Sardi - Credit: instagram.com/lukmansrd

Semenjak itu, Lukman Sardi memulai perjalanan spiritualnya. Momen itu juga bertepatan saat ia memulai hubungan dengan sang istri, Pricillia Pullunggono yang kala itu berbeda agama dengannya. Dalam perjalanan tersebut pada akhirnya ia berdoa dan berpasrah pada Tuhan terkait jalan mana yang harus ditempuhnya terlebih dahulu.

"Dari situ gue melakukan perjalanan mencari tahu. Keluarga mengajarkan anaknya untuk beragama tapi tidak fanatik. Selama perjalanan itu timbul banyak pertanyaan. Tapi nggak tau kok gak dapat jawaban yang pas," ucap Lukman Sardi.

"Perjalanan itu sangat panjang. Sampai di momen hubungan kita menuju serius. Jadi gue merasa nyaman sama dia (Pricillia Pullunggono). Sampe ada momen krusial, gue berdoa ke Tuhan, lo (Tuhan) kasih tau jalan gue harus ngapain dulu. Gue pasrah," imbuhnya.

 

 

 

2. Ibadah Umrah

Lukman Sardi - Credit: instagram.com/lukmansrd

Lukman Sardi malah mendapatkan kesempatan pergi umrah secara gratis. Saat itu ia sedang berperan dalam film NAGABONAR JADI 2 (2007). Ia merasa bahwa ternyata kesempatan itu adalah jawaban atas doanya.

"Sampai besok gue sadar ini jawaban doa gue. Gue ikut film Nagabonar Jadi 2 dan itu box office. Ada bonus umrah. Padahal gue lagi dalam perjalanan spiritual ini," ungkap Lukman Sardi.

Singkat cerita, Lukman Sardi mengambil kesempatan itu. Saat menjalani tawaf di ka'bah (mengelilingi ka'bah), Lukman Sardi mendadak emosinya tersulut karena kesulitan menyentuh Hajar Aswad.

"Gue jalanin umrah sebagai umat Islam. Pas tawaf itu gue ngerasa bukan hal yang mudah untuk sampai di ujung. Semua emosi gue marah banget karena gue nggak nyampe-nyampe gue kata-katain semua orang," imbuhnya.

 

 

 

3. Momen Haru

Pada momen ini, Lukman Sardi mendadak teringat dengan sang kakek. Ia merasa harus meneladani sifat kasih yang selalu diterapkan sang kakek pada kesehariannya. Pada saat inilah dia merasa mendapat hidayah Tuhan. Putra Idris Sardi ini tak kuasa untuk menahan air matanya.

"Sampai akhirnya gue diingetin tulisan opa gue tentang kasih itu. Akhirnya gue diem dulu, gue jalanin konsep dulu. Ada orang yang lewat gue kasih, tiba-tiba gue nggak sadar, gue sudah di ujung. Gue akhirnya nyium (Hajar Aswad) dan dikasih waktu ekstra terus gue nangis sejadi-jadinya. Itu kasih yang gue cari," lanjut Lukman Sardi.

Sepulang dari umrah, Lukman Sardi semakin merasa mantap untuk pindah agama. Tetapi ia masih menunggu momen yang tepat untuk mengumumkannya pada khalayak. Ia merasa bahwa konsep kasih yang diperkenalkan sang kakek padanya sangatlah luar biasa.

"Makanya waktu gue pulang walau dari umrah itu konsep kasih yang luar biasa. Akhirnya gue pulang lumayan bulat bahwa ini yang gue jalani," pungkas Lukman Sardi.

 

 

 

(kpl/ums)


REKOMENDASI
TRENDING