Maia Estianty: RA Kartini Pahlawan Yang Menginspirasi Wanita

Rabu, 22 April 2015 13:15 Penulis: Ahmat Effendi
Maia Estianty: RA Kartini Pahlawan Yang Menginspirasi Wanita Maia Estianty ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Sosok Maia Estianty selama ini dikenal sebagai wanita yang cukup tangguh ketika berbagai masalah menerpanya. Maia memang percaya bahwa seorang wanita harus lah cerdas. Hal ini sesuai dengan semangat RA Kartini yang telah menginspirasi wanita Indonesia. 

"Kartini adalah tokoh inspiratif, pahlawan yang menginspirasi para wanita untuk cerdas, pintar dan mengoptimalkan pendidikan. Mengoptimalkan dirinya supaya bisa sederajat dengan laki-laki tapi tidak melupakan kodratnya sebagai wanita," tutur Maia ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, selasa (21/04).

Emansipasi wanita cukup penting artinya untuk membangun peradaban di Indonesia. Bagi Maia meski di masa lalu wanita selalu dianggap berada di kelas kedua, saat ini kesempatan yang ada untuk para wanita sama dengan laki-laki.

Maia Estianty anggap Kartini sosok inspiratif Indonesia. ©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoMaia Estianty anggap Kartini sosok inspiratif Indonesia. ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Kalau dulu wanita itu dianggap 2nd class, kalau sekarang, walaupun masih 2nd class tapi minimal sudah banyak presiden perempuan, misal perdana menteri perempuan, atau banyak juga anggota parlemen DPR yang perempuan," tuturnya.

Maia pun percaya bahwa seorang wanita harus memiliki pendidikan yang tinggi. Meski jika nantinya mereka menjadi ibu rumah tangga, para wanita tersebut masih memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membangun keluarganya.  

"Mereka harus membuktikan sebagai orang yang memiliki kesempatan dengan menunjukkan kelihaian, kemampuan, kreatifitas yang sama dengan laki-laki. Apalagi kalau dia punya sesuatu yang nggak dimiliki laki-laki. Itu akan luar biasa," tandasnya. 

(kpl/rhm/sjw)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING