SELEBRITI

Mak Lampir Kembali Menghantui Lewat 'Misteri Gunung Merapi' Reborn

Sabtu, 24 November 2018 19:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Syukuran Sinetron Misteri Gunung Merapi / Credit: KapanLagi - Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Film dan sinetron era 90 hingga 2000an sering kali membuat publik Tanah Air nostalgia. Momentum itu lalu dimanfaatkan oleh para sineas perfilman untuk mengangkat ulang beberapa judul tayangan jadul dengan sentuhan gaya modern yang lebih fresh. Hasilnya pun sangat positif. Lihat saja contohnya, film WARKOP DKI REBORN, WIRO SABLENG, PENGABDI SETAN hingga SUZZANNA: BERNAPAS DALAM KUBUR sukses menjaring jutaam penonton saat ditayangkan di layar lebar.

Nah kini giliran sinetron kolosal legendaris, Misteri Gunung Merapi yang diangkat ulang ke layar kaca dalam format sinetron. Tentunya dengan elemen kekinian, mulai dari equipment syuting, teknologi grafis, setting dan juga para pemerannya.

Sedikit flashback, Misteri Gunung Merapi lekat dengan sosok ikonik Mak Lampir yang pada versi aslinya diperankan oleh Farida Pasha. Selain itu, ada pula sejumlah pemeran lain yang membekas dalam ingatan, seperti Marcelino, Wulan Guritno, Dhini Aminarti, Agus Kuncoro, Rizal Djibran, Monica Oemardi dan masih banyak lainnya.

Sinetron ini ditayangkan di Indosiar dalam format 3 season dan lebih dari 260 episode, mulai dari 1995 hingga 2005. Bahkan kala itu sinetron produksi Genta Buana Pitaloka ini sukses mendapatkan rating yang sangat tinggi. Berkaca dari hal tersebut, MNC Pictures mengambil inisiatif untuk mengangkat ulang Misteri Gunung Merapi di penghujung 2018 ini.

1. Syukuran Penayangan Perdana

Misteri Gunung Merapi versi baru ini tayang perdana pada 19 November kemain. Untuk merayakannya, acara syukuran pun digelar di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dihadiri oleh segenap kru dan juga para pemeran. Endah Hari Utari selaku Director Programming dan Produksi MNC Pictures mengungkapkan harapannya lewat kehadiran sinetron ini.

"Momen ini sudah kita tunggu banget. Kami dengan bangga mempersembahkan sinetron Misteri Gunung Merapi dengan harapan mudah-mudahan bisa melekat di hati masyarakat," ungkapnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (19/11/2018) malam.

2. Pengganti Wulan Guritno

Pada tayangan aslinya, Wulan Guritno memegang peranan penting sebagai sosok Atika. Kali ini, perannya bakal digantikan oleh artis cantik, Juliana Mochtar yang merupakan finalis Puteri Indonesia 2010. Bermain sinetron, terlebih lagi genre kolosal adalah pengalaman baru bagi wanita berusia 29 tahun ini. Sebelumnya, Juliana sudah menjajal syuting beberapa judul FTV.

"Kesulitan akting sih nggak. Cuma untuk adegan-adegan yang saya nggak pernah lakukan itu cukup susah, kayak naik delman dari bukit ke hutan malam-malam, itu susah," ujar Juliana.

3. Pemeran Mak Lampir

Lalu siapa yang bakal memerankan tokoh Mak Lampir di versi terbarunya ini? Peran sentral itu rupanya dipercayakan pada artis cantik Varissa Camelia yang sebelumnya sudah pernah bermain di beberapa judul FTV, sinetron hingga film layar lebar. Jangan lupakan tokoh Sembara yang kali ini bakal diperankan oleh Ahmad Affandi, lalu tokoh komikal Basir yang diperankan oleh Rahmat Syahputra.

Cerita dari Misteri Gunung Merapi reborn ini bakal tetap mengedepankan cerita perseteruan Mak Lampir dengan keturunan dari Ki Ageng Prayogo (diperankan oleh Affandy) yang pernah membuatnya terkurung dalam goa di kaki gunung Merapi. Setelah ratusan tahun terpenjara, Mak Lampir berhasil bangkit setelah seseorang tanpa sengaja membuka peti tempatnya terkurung dan kembali ke dunia untuk balas dendam.

Selain nama-nama di atas, ada pula sederet aktor top lain yang terlibat di sini, seperti Tiffany Jane, Fendy Pradana, Diaz Erlangga, Fery Ixel dan masih banyak lainnya.


REKOMENDASI
TRENDING