Mengundang Para Filmmaker Belajar Bikin Film dari Dimas Djayadiningrat

Minggu, 08 April 2018 10:16 Penulis: Ayu Miranti
Mengundang Para Filmmaker Belajar Bikin Film dari Dimas Djayadiningrat ©instagram/dimas.djay

Kapanlagi.com - Perkembangan industri film lokal yang makin pesat wajib dapat acungan jempol. Selain dari jumlah dan genre-nya, kualitasnya pun makin ciamik. Nggak heran jika kini film-film besutan sutradara asli Indonesia seperti PENGABDI SETAN, FILOSOFI KOPI, WARKOP DKI REBORN, hingga CRITICAL ELEVEN menjadi raja di negeri sendiri.

Nah, buat pecinta film tentunya nggak asing dengan nama Dimas Djayadiningrat. Lama tak terdengar kabarnya, cowok berambut panjang ini kembali menggebrak, berkat iklan es krim besutannya yang viral, bahkan di-share oleh 9gag, situs komedi online populer.

Jay, panggilan akrabnya memang dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik yang dimiliki Indonesia. Namun kesuksesannya nggak didapat dengan jalan singkat, tapi melalui proses yang luar biasa berat. Mungkin nggak banyak yang tahu jika cowok yang sempat didapuk sebagai juri ajang pencarian bakat ini dulunya sempat mengalami kondisi ekonomi yang sulit dan membuat kuliahnya terkatung-katung.

Nasibnya mulai berubah saat bertemu dengan Slank. Di basecamp Gang Potlot, Jay mulai mengembangkan kemampuannya untuk mendesain sampul kaset. Mulai dari Slank sendiri,  Oppie Andaresta, Kla Project, hingga Dewa 19 termasuk jajaran musisi yang mempercayakan cover album padanya.

©instagram/dimas.djay©instagram/dimas.djay

Selain menjadi tukang artwork, Jay pun pernah menjajal kerja serabutan seperti penggulung roll hingga fotografer band. Belum puas dikenal sebagai desainer cover album, Jay ingin menjajal dunia lainnya, salah satunya menggarap video klip. Kesempatan ini datang saat salah satu temannya mengajak Jay terlibat dalam pembuatan video klip. Cowok yang dikenal punya komentar garang ini nggak buang-buang waktu dan belajar tata artistik, pencahayaan, hingga penyutradaraan secara otodidak.

Peluang emas datang padanya saat didaulat sebagai penata artistik video klip TERBUNUH SEPI milik Slank. Nggak disangka karya pertamanya ini meraih gelar Best of Art Director. Sejak saat itu, banyak musisi Indonesia yang mempercayakan penggarapan video klip ke tangan dinginnya. Begitu juga permintaan membuat iklan yang terus-menerus datang pada pria yang masih punya keturunan ningrat Banten tersebut.

Nggak ingin berpuas diri dengan pencapaian yang sudah dimiliki, Jay pun mendirikan Rexinema. Rumah produksi ini yang menjadi awal lahirnya film-film keren seperti JELANGKUNG dan sekuelnya TUSUK JELANGKUNG, BANGSAL 13, 30 HARI MENCARI CINTA, hingga QUICKIE EXPRESS.

Perjalanan Karir seorang Dimas Djayadiningrat ini memang wajib dijadikan inspirasi, terutama buat generasi muda yang punya ketertarikan di bidang seni, khususnya film. Nggak harus punya modal besar, kemampuan, atau peralatan canggih, Jay membuktikan keinginan untuk belajar, kreativitas, dan kerja keras menjadi modal utamanya sebagai sutradara.

©ideafest©ideafest

Buat yang ingin belajar film langsung dari Jay atau sekadar mendengar cerita hidupnya, bisa banget meluangkan waktu untuk datang ke hari kedua event iDEAX x The NextDev. Acara super keren yang diadakan di SSCC Convention Hall Pakuwon Mall Surabaya pada 27-28 April ini dijamin bakal meriah.

Selain kehadiran Dimas Djayadiningrat, masih ada deretan tokoh inspiratif yang akan membagikan pengalamannya yang inspiratif. Info selengkapnya dan pendaftarannya bisa langsung kamu cek di sini. Jangan sampai ketinggalan!

(kpl/eth)

Reporter:

Ayu Miranti


REKOMENDASI
TRENDING