Ngobrol Seru dengan Andy F. Noya agar Termotivasi Kini dan Nanti

Senin, 16 April 2018 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
Ngobrol Seru dengan Andy F. Noya agar Termotivasi Kini dan Nanti (c) KapanLagi

Kapanlagi.com - Siapa yang nggak kenal dengan sosok Andy F. Noya? Salah satu tokoh jurnalis terkemuka tanah air ini kini lebih banyak dikenal sebagai pembawa acara Kick Andy dan Big Circle. Gayanya yang lugas tapi tetap diselingi dengan candaan ringan membuat banyak orang meluangkan waktu untuk menonton acaranya yang banyak mengupas kisah inspiratif.

Mungkin KLovers nggak banyak yang menyangka jika pria yang punya nama lengkap Andy Flores Noya ini punya perjalanan hidup yang cukup berat. Terlahir dari keluarga broken home, Andy sejak kecil sering berpindah-pindah kota.

Setelah menuntaskan pendidikan dasar di Malang, ia sempat mencicipi kerasnya kehidupan di Jayapura bersama sang ayah. Tapi setelah ayahnya meninggal, pria kelahiran Surabaya tersebut kembali diboyong untuk bersekolah di Jakarta.

Sejak kecil, di tengah kondisi ekonomi yang cukup sulit, Andy sudah menyukai dunia kepenulisan dan gemar membaca buku. Hal ini yang membuatnya ngotot ingin mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Publistik (sekarang Institut Ilmu Sosial dan Politik Jakarta), bahkan sampai menolak tawaran beasiswa dari IKIP Padang.

Namun sebagai lulusan STM, ia sempat ditolak masuk sekolah idamannya tersebut. Tapi Andy nggak menyerah, tanpa ragu ia menemui rektor dan mengungkapkan keinginannya sampai diperbolehkan kuliah dengan syarat nilainya nggak boleh mengecewakan.

©instagram/kickandyshow

Kuliahnya belum rampung, pria kelahiran 6 November 1960 ini diajak membantu majalah TEMPO untuk menggarap buku APA DAN SIAPA ORANG INDONESIA. Karirnya terus berjalan saat Andy diajak wartawan senior, Fikri Jufri, untuk bergabung ke majalah MATRA pada tahun 1985. Cukup lama berkarir di majalah tersebut, tahun 1992 pria berdarah Ambon tersebut memutuskan menerima ajakan Surya Paloh untuk bekerja di Media Indonesia.

Di stasiun TV berita tersebut, Andy dipercaya menduduki posisi pemimpin redaksi Metro TV. Tapi baru tiga tahun mengembang tugas tersebut, pria yang sempat ditunjuk sebagai Duta Baca tersebut ditarik kembali untuk memimpin Media Indonesia, surat kabar terbesar kedua di Indonesia. Baru di tahun 2006, Andy menggantikan posisi Don Bosco sebagai pemimpin redaksi Metro TV dan memandu acara talkshow yang membuat namanya semakin tenar.

Kini, melihat fenomena dunia kreatif yang makin berkembang, suami Retno Palupi Noya tersebut juga membawakan Big Circle, yang menghadirkan tokoh-tokoh kreatif atau pendiri startup. Selain dianggap dapat memberikan inspirasi, acara ini juga diharapkan mampu memotivasi generasi muda Indonesia untuk terus mengembangkan kreativitasnya.

Semangat Andy F. Noya dalam menekuni passionnya bisa menjadi inspirasi buat kamu untuk menekuni bidang yang memang sudah jadi impian. Punya life goals mendirikan sebuah startup? Jangan cuma berpangku tangan saja. Kini saatnya rancang ide kreatif dan jadilah bagian dari startup movement bersama The NextDev 2018.

(c) Instagram/thenextdev(c) Instagram/thenextdev

Ajang pencarian startup terbaik di Indonesia dalam bidang social impact ini bakal jadi tantangan sekaligus pengalaman baru buat kamu yang memang ingin bergelut di dunia digital. Para jebolan The NextDev di tahun-tahun sebelumnya mampu menciptakan karya kreatif yang menjadi solusi permasalahan yang ada. Sekarang giliran kamu yang unjuk gigi. Segera submit karyamu agar bisa mengikuti Pitching Day yang bakal digelar di 7 kota, yuk! Info lebih lengkap klik di sini.

Kamu pun bisa bertemu dan mendengar langsung perjalanan hidup Andy F. Noya dengan menghadiri iDEAX x The NextDev yang bakal digelar di Surabaya, tepatnya di SSCC Convention Hall, Pakuwon Mall. Diadakan pada 27 dan 28 April 2018, event ini akan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif yang akan membagi ilmu dan motivasinya.

©instagram/kickandyshow

Motivasi dirimu kini dan nanti dengan ngobrol seru bareng tokoh-tokoh kreatif dan inspiratif  di iDEAX x The NextDev. Jangan sampai ketinggalan, simak jadwalnya, dan daftarkan dirimu di sini sekarang juga!

(adv/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING