Pancasila Kini Kalah Sakti Dengan FPI?

Jum'at, 01 Juni 2012 15:00 Penulis: Dewi Ratna
Pancasila Kini Kalah Sakti Dengan FPI? Lambang Negara, Garuda Pancasila - FPI @ Foto: istimewa

Kapanlagi.com - Pancasila yang notabene adalah dasar negara Indonesia, pertama kali diungkapkan dalam pidato Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Pidato tersebut kemudian dikenal dengan judul Lahirnya Pancasila. Tanggal 1 Juni pun akhirnya ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila.

Kala itu, presiden pertama Indonesia tersebut mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan, internasionalisme, mufakat sebagai dasar perwakilan dan dasar permusyawaratan, kesejahteraan, serta Ketuhanan.

Kini, 58 tahun setelah diungkapkannya Pancasila, lima butir dasar-dasar di dalamnya seperti sudah memudar maknanya. Pancasila juga menjadi cita-cita bersama bangsa Indonesia kala itu. Dasar negara ini pun dianggap sakti pada masanya. Bagaimana dengan hari ini?

"Pancasila itu cita cita. Terwujud atau tidaknya ya tergantung kita," tulis Pandji Pragiwaksono dalam akun twitter-nya dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang tahun ini jatuh pada hari Jumat (1/6) ini.

pandjipandji

Sedangkan Djenar Maesa Ayu, melalui akun @djenarmaesaayu pun menulis, "Juni,kala yang beribadah dilempari air seni,orang hilang tak kembali,aparat hukum tak berkutik di depan fpi,apa pancasila masih sakti?"

djenardjenar

Nilai-nilai Pancasila memang diharapkan masih menjadi pegangan bagi rakyat Indonesia. Seperti yang ditulis Bayu Oktara, "Semoga nilai2mu selalu terawat dan tetap jadi dasar kami hidup berbudaya. Selamat Hari Pancasila."

bayubayu

Bagaimana Pancasila semakin memudar maknanya di masa kini, memang tak jauh pengaruhnya dari masyarakat Indonesia sendiri. Tiap orang pun mempunyai pandangan yang berbeda-beda dalam memaknai Pancasila. Bagaimana dengan Anda?

 

 

(kpl/dew)

Editor:

Dewi Ratna

REKOMENDASI
TRENDING