Pemecah Rekor 2015: Syahrini, Salman Khan, Adele Hingga Starwars

Rabu, 30 Desember 2015 21:40 Penulis: Adhib Mujaddid
Pemecah Rekor 2015: Syahrini, Salman Khan, Adele Hingga Starwars Istimewa
Kapanlagi.com - Rekor adalah sesuatu yang selalu menarik untuk dibahas. Biasanya rekor datang mengiringi usaha yang besar pula. Pada sepanjang tahun 2015 ini, beberapa rekor berhasil dipecahkan, baik di dalam maupun luar negeri. KapanLagi.com® mencatat beberapa catatan fenomenal yang telah kami rangkum di halaman ini. Apa saja rekornya? Simak baik-baik, siapa tahu kamu bisa memecahkannya suatu saat nanti. Yap, rekor tercipta untuk dipecahkan bukan?

1. SALMAN KHAN KALAHKAN SHAHRUKH KHAN
Sepanjang karir Salman Khan di Bollywood ia selalu kalah dari Shahrukh Khan, terutama soal pendapatan di box office India, yang akhirnya membuat Shahrukh mendapatkan gelar King Khan. Namun pada tahun 2015 ini, Sallu berhasil membalik keadaan lewat BAJRANGI BHAIJAAN dan PREM RATAN DHAN PAYO, yang di India saja mendapatkan pemasukan Rs 640 crore (Rp 1,28 triliun). Sejauh ini Shahrukh baru bisa mengumpulkan Rs 123 crore di tahun 2015 lewat DILWALE ( Rp 245 miliar).

Untuk jumlah pemasukan PRDP dan BAJRANGI BHAIJAAN sepanjang tahun 2015 dari seluruh dunia, total sudah menyentuh angka Rs 1000 crore (Rp 2 triliun). Dengan uang sebanyak ini, kamu bisa menggaji 500.000 karyawan di Jakarta!

2. 35 REKOR STAR WARS 
Ditunggu-tunggu selama kurang lebih 32 tahun sejak penayangan RETURN OF THE JEDI di tahun 1983, STAR WARS: THE FORCE AWAKENS langsung melejit memecahkan rekor di mana-mana. Dilansir Box Office Mojo, film arahan JJ Abrams ini sukses pecahkan 35 rekor sejak dirilis pada 18 Desember lalu. Salah satunya adalah saat STAR WARS sukses kalahkan JURASSIC WORLD atas rekor the second largest weekend of all-time atau film berpenghasilan terbesar sepanjang masa di minggu keduanya. Petualangan luar angkasa ini mendapatkan US$ 544 juta (Rp 7,4 T) di Amerika Serikat setelah diputar di hampir 4.134 bioskop. Masing-masing bioskop berarti mendapatkan pemasukan sebesar Rp 820 juta. Kalau kalian punya duit sebanyak itu, pasti kalian udah bisa bayarin 8.200 teman-teman nonton petualangan seru Han Solo ini ya.

3. PRESTASI MARIA HARFANTI
Maria Harfanti
 pecahkan rekor Indonesia di ajang kecantikan dunia. Selama ini perwakilan Indonesia dikenal begitu sulit untuk lolos ke babak 15 besar ajang kecantikan, baik di Miss World maupun Miss Universe. Prestasi paling banter sebelum tahun 2015 pernah diraih Vania Larissa Tan, ketika Miss World 2013 digelar di Bali dan ia masuk 10 besar. Namun tahun ini, Maria menorehkan prestasi luar biasa dengan menjadi Runner Up 2 Miss World 2015 dan juga memenangkan penghargaan kategori fast track Beauty with a Purpose. Data pencapaian Maria Harfanti antara lain berhasil meraih top 7 dalam Interview, top 10 di World Fashion Designer Award, top 13 dalam kategori talent, dan top 15 di multimedia. Kini dengan kemenangannya, wanita kelahiran 20 Januari 1992 ini mendapat predikat sebagai Miss World Continental Queen of Beauty Asia.

4. MISS UNIVERSE 4 MENIT
Ajang bergengsi Miss Universe 2015 benar-benar sukses memancing kontroversi panas. Gara-gara kesalahan fatal yang dilakukan oleh sang host saat membacakan nama pemenang, Ariadna Gutierrez, kontestan asal Kolombia harus rela dirinya menjadi ratu sejagat hanya dalam waktu 4 menit. Wew! Bahkan momen bersejarah ini tak lebih lama jika dibandingkan durasimu menyanyikan soundtrack James Bond terbaru milik Sam Smith (yang durasinya 4.45 menit). #sakitnyatuhdisini. Padahal sebenarnya, 'tahta' Miss Universe 2015 jatuh ke tangan Miss Filipina, Pia Alonzo Wurtzbach. Tentu ini menjadi momen blunder untuk pertama kalinya di sepanjang sejarah kontes kecantikan termegah di dunia itu. Meski sempat berbesar hati, beberapa waktu belakangan muncul sebuah kabar yang menyebutkan jika ia akan menuntut pihak penyelenggara Miss Universe atas kejadian memalukan ini. Be strong Ariadna!

5. SINETRON AMERIKA
Tukang Bubur Naik Haji masih kalah dengan sinetron Amerika. Tayang sejak Senin, 28 Mei 2012, Tukang Bubur Naik Haji menjadi sinetron dengan durasi tayang terpanjang di Indonesia. Dari data bulan Desember 2015, selama tiga tahun sinetron ini sudah tayang lebih dari 1.839 episode. Sementara pesaing terdekatnya Cinta Fitri sudah lama berhenti tayang, dan hanya membukukan 1002 episode.

Namun siapa sangka jumlah ribuan episode sinetron Indonesia tersebut masih tidak ada apa-apanya dengan sinetron dari Amerika. Hingga saat ini rekor sinetron terpanjang dalam sejarah masih dipegang oleh Guiding Light. Sinetron ini tayang selama 57 tahun di Amerika sejak 30 Juni 1952 hingga 18 September 2009, dan jika ditotal jumlah episode sinetron tersebut mencapai angka 14,409.

6. BINTANG KOREA TERMAHAL = GAJI 158 TAHUN
Kenyataannya, dewi-dewi Korea yang memiliki paras cantik juga dibayar mahal kala bermain di serial drama Loh. Di tahun 2015 ini, Choi Ji Woo berhasil memecahkan rekor bintang termahal sepanjang sejarah yang pernah disewa tvN. Dalam drama Twenty Again ini, Choi Ji Woo dibayar sebesar 50 juta Won atau setara dengan Rp 591,1 juta per episode. Dengan bermain dalam drama sepanjang 16 episode ini, Bisa dipastikan sang aktris menerima bayaran 9,5 miliar selama tiga bulan. 

Kalau pegawai kantoran dengan gaji Rp 5 juta/bulan, bisa dipastikan kamu harus bekerja selama 158 tahun yang tentunya tanpa bayar uang makan, listrik & air, dan juga cicilan rumah.

7. KUE TERMAHAL = APBD KOTA MALANG
Kalau kamu ulang tahun, pastikan kamu benar-benar setajir bangsawan Dubai saat pesan kue di Debbie Wingham. Karena Wingham adalah ahli kue termahal di dunia dengan harga selangit. Mencapai bobot 450 kg, kue ini dibuat dari bahan khusus dari 17 jenis batu mulia yg bisa mencapai 4.000 butir! Berapa harganya? Yang termurah adalah Rp 252 miliar yang setara dengan 50 unit Lamborghini Aventador atau yang termahal Rp 1,8 triliun yang setara dengan APBD kota Malang tahun 2015. Sungguh luar biasa!

8. PENDAPATAN ADELE = 10 PULAU NTT
Adele berhasil mencetak rekor dengan album 25-nya. Padahal wanita ini sempat minder gara-gara imej barunya sebagai ibu beranak satu. Dalam kurun waktu dalam 1 bulan album ini sudah terjual sebanyak 7 juta kopi! Jika kini satu rilisannya dibanderol dengan harga US$15, total penghasilan Adele dalam sebulan berarti US$105.000.000 atau setara Rp 1,4 Triliun. Dengan uang sebanyak ini, kalian bisa membeli sekitar pulau seharga Rp 134 miliar dengan luas tanah 11,7 hektar di Flores, Nusa Tenggara Timur sebanyak 10 pulau!

9. FOLLOWER SYAHRINI = 2 x WARGA SINGAPURA
Soal jejaring sosial paling fenomenal Instagram, Princess Syahrini juaranya! Beragam postingan mewah mulai dari jet pribadi sampai puluhan tas mahal Hermes ternyata sukses membawa Syahrini menjadi seleb Indonesia dengan followers terbanyak yaitu sejumlah 9 juta. Gilanya, jumlah ini ternyata hampir setara dengan 2 kali lipat total penduduk Singapura yang menembus angka 4,6 juta orang. Hm, seandainya Syahrini punya negara sendiri dari followers-nya, mungkin bakal diberi nama Negara Berbunga-Bunga atau Maju-Mundur Cantik kali ya?

10. TAYLOR SWIFT = BRUCE SPRINGSTEEN, ADELE, BIEBER
Sejak 1989 dirilis 27 Oktober 2014 lalu, langkah Taylor Swift di dunia musik internasional semakin liar. Buktinya Blank Space jadi video penyanyi perempuan pertama yang paling laris ditonton di YouTube, World Tour 1989 tercatat sebagai tur dengan peraih keuntungan terbesar sampai saat ini, bahkan 1989 jadi album kelima yang berhasil bertahan selama 52 minggu di top 10 Billboard Chart! Ini sama saja seperti menggabungkan pencapaian album hits Bruce Springsteen, rekor klip Hello Adele, dan gimmick album PURPOSE dari Justin Bieber.

11. LAGU RAP = 6 ARTIKEL KAPANLAGI.COM
Tahun 2013 silam, single Rap God yang berdurasi 6 menit 9 detik milik Eminem berhasil masuk Guiness World Record sebagai lagu dengan kata-kata terbanyak, yakni 1.560. Dengan kecepatan super sonic, Ia sukses mengucapkan 4 kata per detiknya! Nah, meski tak terkenal, tahun 2015 ini ada seorang rapper asal Inggris bernama Harry Shotta yang sukses mematahkan rekor fenomenal Eminem di atas. Yup, lagunya yang berjudul Animal (durasi 6 menit 23 detik) jika ditotal mengandung 1.771 kata! Hmm, jika rata-rata satu artikel di KapanLagi.com berisi 300 kata, maka lirik lagu Animal Harry setara dengan 5 hingga 6 artikel yang kita sajikan buat kamu setiap harinya loh! Kira-kira kamu bisa baca 6 artikel dalam waktu 6 menit? Coba buktikan!

12. 1 JUTA FOLLOWER DALAM 4 JAM
Setelah memutuskan untuk menjadi wanita, nama Caitlyn Jenner memang banyak dibicarakan orang. Berkat itu juga, Caitlyn jadi salah satu artis yang banyak dicari di google. Siapa sangka, bukan hanya itu prestasi yang ia dapatkan di tahun 2015 ini. Seperti yang kita tahu, Caitlyn berhasil memecahkan rekor Guinness World Records untuk follower Twitter terbanyak dalam waktu tersingkat. Kalau kamu lupa, ayah biologis Kendall Jenner ini mendapat follower 1 juta dalam waktu tepat empat jam saja. Kalau seandainya nih, untuk satu follower Caitlyn dapat satu dolar Amerika, ia bisa mendapat uang sebesar US$ 6 juta atau sekitar 82 miliar rupiah per hari. Kalau punya uang sebanyak itu, berarti kamu bisa beli 2 apartemen elit dalam waktu satu hari saja. Kalau sebulan?

13. JUSTIN BIEBER > THE BEATLES
Album PURPOSE milik Justin Bieber yang dirilis bulan November lalu benar-benar sensasional. Nggak cuma menjadi playlist wajib para penikmat musik dunia, album ini bahkan berhasil memecahkan rekor milik The Beatles yang sudah bertahan selama 51 tahun! Justin Bieber sukses menempatkan 15 tracklist dalam album PURPOSE di charts Billboard Hot 100. Sedangkan John Lennon cs sendiri (cuma) mampu  menempatkan 14 lagu mereka di charts yang sama. Jika cuma dalam waktu 6 tahun saja Justin Bieber sudah mampu melampaui rekor The Beatles, nggak bayangin kan apa yang bakal terjadi 20 tahun mendatang? Bisa jadi salah satu penyanyi legendaris di dunia musik tuh!

14. ALBUM EXO = 68.182 UMK JAKARTA
Tak bisa dipungkiri kalau salah satu penguasa industri K-Pop saat ini adalah EXO. Boyband asuhan SM Entertainment ini bukan hanya membius para gadis dengan pesona ketampanan mereka, tapi juga mampu memecahkan rekor penjualan album di tahun 2015. Tahun ini, EXO jadi artis tercepat dalam sejarah K-Pop yang mencapai penjualan sejuta kopi. EXO meraih total penjualan 1.125.020 untuk album EXODUS dan repackage-nya LOVE ME RIGHT dalam waktu kurang dari dua bulan. Rekor ini mengalahkan penjualan album mereka sendiri di 2013, XOXO, yang terjual sejuta keping dalam tujuh bulan. Satu album EXO di K-Pop online Indonesia rata-rata seharga Rp 200 ribu. Jadi minimal uang yang dibutuhkan untuk membeli sejuta album Chanyeol dkk sebesar Rp 225 miliar. Dengan uang segede itu, kamu bisa menggaji 68.182 karyawan di Jakarta yang punya UMK Rp 3,3 juta.

(kpl/adb)

Editor:

Adhib Mujaddid


REKOMENDASI
TRENDING