SELEBRITI

Ridwan Kamil Sudah Ikhlaskan Kepergian Eril, Tulis 'Surat' Menyentuh untuk Sungai Aare

Sabtu, 04 Juni 2022 11:56 Penulis: Guntur Merdekawan

Ridwan Kamil dan Emmeril Khan Mumtadz / Credit Foto: instagram.com - ataliapr

Kapanlagi.com - Hilangnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Swiss menghadirkan duka yang mendalam tak hanya bagi keluarga Ridwan Kamil, tapi juga seluruh rakyat Indonesia. Setelah pencarian intensif yang belum juga membuahkan hasil, keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya akhirnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia.

Mengetahui banyak pihak yang khawatir dan turut bersimpati, Ridwan Kamil lantas memberikan statement resminya setiba di Indonesia. Hal itu diungkapkannya melalui akun sosial media Twitter dan Instagram. Dalam tulisannya itu, Ridwan menyatakan jika dirinya dan keluarga sudah ikhlas menerima kepergian sang buah hati.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun. Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Ridwan Kamil, 3 Juni 2022.

1. Ajakan Doa Bersama

Hari ini, Sabtu (4/6) rencananya pihak keluarga Ridwan Kamil akan melaksanakan doa bersama-sama. Gubernur Jawa Barat itu pun lantas mengajak masyarakat untuk turut bantu mengirimkan doa untuk Eril.

"Kami sekeluarga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada Dzuhur dan bada Ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun," sambungnya.

2. 'Puisi' untuk Sungai Aare

Kang Emil, begitu Ia akrab disapa, juga sempat menuliskan sebuah pesan yang merenyuhkan hati untuk melepas kepergian sang buah hati. Tulisannya itu ditujukan untuk Sungai Aare yang diduga jadi tempat peristirahatan terakhir Eril.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

"Wahai Sungai Aare. Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu. Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare," tuntas Kang Emil.

3. Ajakan Salat Gaib untuk Eril

Sebelumnya, MUI Jawa Barat sempat menggelar salat gaib di Kantor MUI Jabar pada Kamis (2/6) sekitar pukul 19.30 WIB. Lewat postingan Relawan Jabar Juara, diserukan juga ajakan kepada seluruh masyarakat muslim Indonesia melakukan salat gaib. Sesuai ketentuan agama, salat gaib dilakukan untuk jenazah yang statusnya belum atau tidak ditemukan.

Salat gaib untuk Eril sendiri akan dilakukan secara serentak pada hari Jumat (3/6) di setiap masjid atau musala yang tersebar di seluruh Indonesia. MUI Jabar mengimbau agar salat gaib dilakukan sebelum maupun sesudah salat Jumat.


REKOMENDASI
TRENDING