SELEBRITI

Rilis Buku 'IJO TOMAT', Syakir Daulay Ajarkan Cara Jadi Jomblo Terhormat

Senin, 21 Oktober 2019 08:45 Penulis: Sora Soraya

Syakir Daulay © instagram.com/syakirdaulay

Kapanlagi.com - Selain menyanyi dan akting, Syakir Daulay ternyata juga berbakat dalam menulis. Bakat menulisnya ia tunjukan dengan merilis sebuah buku berjudul IJO TOMAT, akronim dari Ikatan Jomblo Terhormat.

"Jadi saya ini suka kesibukan, nggak ada kesibukan yang nggak berarti bagi saya. Passion saya itu memang di seni, entah itu nulis, akting, dan nyanyi. Passion lainnya saya juga suka usaha," ucap Syakir Daulay saat ditemui di Gramedia Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (19/10).

Meski menjadi pengalaman pertama dalam menulis sebuah buku, Syakir mengaku tak mengalami banyak kendala saat proses menulis. Bukunya rampung dalam waktu tiga bulan. "Kalau fokus dan tidak terbentur dengan kesibukan yang lain, mungkin dua-tiga minggu sudah jadi," katanya.

1. Ide Awal IJO TOMAT

Mengenai idenya menulis, semua diakui Syakir Daulay berawal dari curhatan penggemarnya di media sosial. Melihat ada begitu banyak orang yang mengalami masalah percintaan, Syakir jadi terinspirasi hingga melahirkan IJO TOMAT, yang mengajarkan bagaimana caranya menjadi jomblo yang terhormat.

"Setiap buka Q&A (Questions and Answers) di Instagram, rata-rata masalah followers saya itu bicara tentang cinta, seperti nanya gimana sih caranya move on, dan lain sebagainya," ungkapnya.

2. Pesan untuk Pembaca

Pemain sinetron ANAK MASJID ini pun berharap agar bukunya bisa menambah amal baiknya. Bukan tanpa alasan, pasalnya di sana ia juga menyisipkan berbagai pesan yang bermanfaat untuk para pembaca.

"Misalnya kesendirian itu tak perlu diratapi, tapi disyukuri. Karena dalam kesendirian itu, kita menjadi punya waktu luang lebih banyak daripada mereka yang memiliki pasangan. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal bermanfaat demi masa depan yang lebih baik," tuturnya.

3. Rencana ke Depan

Lebih lanjut, Syakir juga sempat menyampaikan kalau tidak menutup kemungkinan ia akan kembali membuat buku dengan tema serupa. Ia pun mengaku sangat menikmati momennya saat menulis.

"Banyak yang pengin Syakir tulis karena Syakir sudah mulai menikmati. Mungkin nanti bakal bikin Ijo Lumut, Ikatan Jomblo Imut-Imut, atau Ijo Sukirman, Ikatan Jomblo Kuat Iman, Jomblo Klepon dan sebagainya," pungkas cowok ganteng yang baru berusia 17 tahun itu.

(kpl/dan/sry)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING