Sebelum Meninggal, Pak Raden Ingin Wujudkan Ini Untuk Anak-Anak

Sabtu, 31 Oktober 2015 11:30 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Sebelum Meninggal, Pak Raden Ingin Wujudkan Ini Untuk Anak-Anak Pak Raden/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Tepat pada tanggal 30 Oktober 2015 pukul 22.20 WIB, Indonesia kehilangan salah satu maestro dalam bidang lukis yang menciptakan tokoh Unyil, Drs. Suyadi atau Pak Raden. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Pusat.

Namun ternyata, Pak Raden masih punya keinginan yang belum tercapai semasa hidup. Sang manajer, Prasodjo, membeberkan jika Pak Raden masih sangat peduli dengan dunia anak-anak.

"Hanya pameran, buku wayang dan satu biografi. Semuanya masih proses. Buku anak tentang wayang sudah selesai tinggal packagingnya saja. Pameran untuk anak-anak, sudah selesai. Itu karya terakhir Bapak tapi tinggal finishing," jelas Prasodjo yang ditemui di rumah duka di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pak Raden masih peduli dengan kondisi dunia anak-anak sampai akhir hayatnya/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoPak Raden masih peduli dengan kondisi dunia anak-anak sampai akhir hayatnya/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Pak Raden yang menimba ilmu di jurusan Seni Rupa ITB menciptakan Unyil di tahun '80an. Karakter Beliau juga ikut muncul di salah satu acara hiburan anak ini. "Akhir-akhir ini nunggu Unyil buat tiga dimensi. Bapak mendukung itu. Ada pesan terakhir mengharukan, 'Ayo terus dukung PFN (Produksi Film negara)'," tutur Prasodjo.

Memasuki usianya yang ke-83 pada 28 November, Pak Raden masih bersemangat untuk terus berkarya. Ia sempat mengatakan kepada Prasodjo jika dirinya masih mau menyelesaikan tiga proyek. "(Bapak bilang kalau) Saya mau menyelesaikan 210 Andersen, dari sketsa hitam putih Andersen dan film 3 dimensi Unyil'," tambahnya.

Ada penyesalan dari Dirut PFN, Shelvy Arifin, karena tak sempat memperlihatkan progress film tiga dimensi Unyil kepada almarhum kemarin sore. "Bapak menunggu animasi tiga dimensi yang sedang kami godok sedang sampai modelling. Saya nyesel belum kasih lihat bapak, tadi sore. Langsung ngerasa kebebanan. Semoga dengan dukungan semua orang, bisa mewujudkan Unyil (tiga dimensi)," tutupnya.

(kpl/hen/tch)


REKOMENDASI
TRENDING