Segini Biaya Yang Harus Dikeluarkan Anniesa Hasibuan First Travel Buat Ikut NYFW

Kamis, 24 Agustus 2017 11:38 Penulis: Wulan Noviarina
Segini Biaya Yang Harus Dikeluarkan Anniesa Hasibuan First Travel Buat Ikut NYFW Anniesa Hasibuan ©instagram/anniesahasibuan

Kapanlagi.com - Tentu masih ingat bagaimana hebohnya publik Indonesia ketika Anniesa Hasibuan menjadi desainer pakaian Muslim pertama yang sukses memamerkan karyanya di New York Fashion Week pada September 2016 lalu. Namanya bergaung di seluruh Indonesia dan mendapatkan pujian dari para pengamat fashion luar negeri.

Kala itu hampir semua menyangka bahwa keikutsertaan Anniesa di ajang bergengsi sekelas New York Fashion Week adalah murni karena ia diundang oleh penyelenggara. Ternyata sistem pagelaran busana di NYFW dan beberapa panggung runway internasional tidak demikian.

Dilansir dari laman Fashionista.com, untuk bergabung di ajang NYFW seorang desainer atau brand harus mengeluarkan biaya yang nggak murah. Mulai dari biaya sewa venue, model, dan banyak pengeluaran lainnya.

Rata-rata para desainer mengeluarkan dana sekitar USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,3 miliar untuk fashion show dasar. Sementara brand-brand ternama seperti Marc Jacobs, Burberry dan Chanel bisa habis dana sampai USD 1 juta untuk pagelaran di New York Fashion Week.

Apa saja biaya yang harus dikeluarkan desainer seperti Anniesa Hasibuan untuk ikut acara ini?

Anniesa Hasibuan di NYFW 2016 lalu ©instagram/anniesahasibuanAnniesa Hasibuan di NYFW 2016 lalu ©instagram/anniesahasibuan

Venue: Rata-rata harga venue sekitar USD 15 ribu sampai USD 60 ribu, atau sekitar Rp 200 juta sampai Rp 800 juta. Semakin besar venue-nya, semakin mahal pula harganya. Dan biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal kalau desainer membuat ruangan custom seperti Ralph Lauren.

Styling: Biaya penata gaya bisa sangat mahal, terutama jika memakai jasa stylist ternama. Rata-rata stylist papan atas mematok tarif USD 8 ribu atau sekitar Rp 106 juta untuk show satu hari. Dan mereka meminta bayaran cash, tidak ada bayar di belakang. Namun biaya ini bisa lebih murah kalau memakai jasa stylist kelas menengah.

Karya Anniesa di NYFW ©instagram/anniesahasibuanKarya Anniesa di NYFW ©instagram/anniesahasibuan



Produksi dan PR: Biaya produksi untuk sekali fashion show sekitar USD 10 ribu - USD 20 ribu atau sekitar Rp 133 juta - Rp 267 juta. Sementara harga PR sekitar USD 5 ribu - USD 15 ribu atau sekitar Rp 66 juta - Rp 200 juta.

Rambut dan Makeup: Di sinilah desainer bisa menekan biaya. Karena biasanya para produsen makeup yang membayar desainer agar produknya bisa dipakai di atas runway. Untuk Anniesa Hasibuan, kala tampil di NYFW, ia mendapatkan sponsor dari Wardah.

Model: Harga model tergantung pada agensi yang menaungi. Ada model yang hanya dibayar dengan baju, tapi ada juga organisasi seperti Model Alliance yang menyarankan agar model dibayar dengan uang. Untuk perusahaan kecil biasanya mematok harga USD 150 atau sekitar Rp 2 juta untuk sekali tampil. Sementara perusahaan besar bisa membayar sekitar USD 200 sampai USD 500 atau sekitar Rp 2,6 juta - Rp 6,6 juta. Dan perusahaan raksasa bisa membayar sampai USD 1000 atau sekitar Rp 13 juta. Dengan harga yang paling murah sekalipun, model tetap jadi pengeluaran besar karena sekali runway seorang desainer rata-rata memakai jasa 15 - 20 model.

Biaya yang harus dikeluarkan Anniesa ikut NYFW tidak murah ©instagram/anniesahasibuanBiaya yang harus dikeluarkan Anniesa ikut NYFW tidak murah ©instagram/anniesahasibuan

Selebriti: Kepengen fashion show kamu ditonton selebritis? Bisa! Harganya tergantung seberapa tenar seleb itu. Dan rata-rata seleb papan atas dibayar USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk sekali datang. Namun ada juga yang mau dibayar dengan liburan dan baju rancangan desainer.

Livestreaming: Belakangan ini livestreaming seperti yang dilakukan Mashable menjadi media promosi yang banyak dipakai oleh desainer. Harganya bervariasi, mulai dari USD 12 ribu atau sekitar Rp 160 juta sampai USD 50 ribu atau sekitar Rp 660 juta.

Biaya yang nggak murah untuk bisa tampil di New York Fashion Week kelas biasa sekalipun. Dan sayangnya, Anniesa Hasibuan diduga memakai uang jamaah umrah untuk biaya keikutsertaannya di ajang fashion dunia yang beberapa kali ia ikuti.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING