SELEBRITI

Terjerat Kasus Narkoba, Ini Alasan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Dijatuhi Hukuman 1 Tahun Penjara

Selasa, 11 Januari 2022 14:16

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie dijatuhi hukuman penjara © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Nia Ramadhani terlihat menangis dan terus mengusap air matanya usai mendengar vonis satu tahun penjara atas kasus penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya, Selasa (11/1/2022). Vonis tersebut juga dijatuhkan Majelis Hakim kepada sang suami, Ardi Bakrie dan sopir mereka, Zen Vivanto.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Zen Vivanto, Ramadhania Ardiansyah Bakrie, dan Aninda Ardiansyah Bakrie dengan pidana penjara masing masing selama satu tahun," tutur ketua Majelis Hakim, Muhammad Damis.

Mendengar putusan tersebut, ketiga terdakwa yang diwakili Ardi Bakrie melakukan upaya banding. "Kami ajukan banding," kata Ardi Bakrie

1. Diam Membisu

Usai sidang, Nia dan sang suami tak mau mengucapkan satu patah kata pun atas vonis tersebut. Keduanya terus melangkah ke luar ruang sidang dan langsung pergi menggunakan mobil Alphard putih dengan nomor polisi B 164 NB yang sudang menunggu keduanya.

Seperti diketahui, Nia Ramadhani, dan sang suami Ardi Bakrie, serta sopirnya, Zen Vivanto diamankan satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat pada7 Juli 2021.

Ketiganya ditangkap usai mengonsumsi sabu bareng. Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti sabu sisa pakai seberat 0,5 gram dan alat hisapnya.

2. Tak Masuk Kualifikasi Pecandu

Setelah dilakukan pemeriksaan, pada tanggal 10 Juli 2021, atas rekomendasi BNN, ketiganya menjalani rehabilitasi selama 4 bulan di panti rehabilitasi di kawasan Bogor. Saat menjalani persidangan, Jaksa Penuntut Umum menuntut ketiga terdakwa menjalani hukuman rehabilitasi selama 12 bulan.

Namun dalam sidang putusan, Majelis Hakim menolak tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Hakim dalam pertimbangannya, menilai ketiga terdakwa tidak masuk dalam kualifikasi sebagai pecandu dan juga korban penyalahgunaan narkoba yang harus direhabilitasi.

"Karena terdakwa tidak masuk dalam kualifikasi pecandu dan korban narkotika, maka rehabilitasi yang telah dijalankan tidak bisa masuk hitungan masa menjalankan hukuman," kata Hakim.

3. Hukuman Sudah Dipertimbangkan

Hakim menjatuhkan putusan satu tahun penjara terhadap tiga terdakwa. Hal itu juga setelah menimbang beberapa hal yang memberatkan dan meringankan.

"Memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat giatnya memberantas narkoba, perbuatan terdakwa 2 dan 3 sebagai publik figur yang seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat namun berperilaku sebaliknya," kata Hakim.

"Lalu yang meringankan para terdakwa belum pernah dihukum sebelumnya dan para terdakwa mengakui dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Para terdakwa punya tanggungan keluarga," Tutur Hakim.

4. Tuntutan JPU Ditolak

Dalam putusan tersebut, Majelis Hakim menolak tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang meminta ketiga terdakwa agar dihukum rehabilitasi selama 12 bulan.

Hakim dalam pertimbangannya, menilai ketiga terdakwa tidak masuk dalam kualifikasi sebagai pecandu dan juga korban penyalahgunaan narkoba yang harus direhabilitasi.

"Karena terdakwa tidak masuk dalam kualifikasi pecandu dan korban narkotika, maka rehabilitasi yang telah dijalankan tidak bisa masuk hitungan masa menjalankan hukuman," kata Hakim.

5. Deg-degan

Sesaat sebelum duduk di kursi pesakitan, Nia dan Ardi sempat menjawab pertanyaan awak media mengenai persiapan keduanya dalam menghadapi putusan Hakim.

"Kita lihat saja nanti. Ya harus ikhlas. Berserah diri saja," kata Nia Ramadhani.

"Deg-degan ya. Mohon doanya saja agar mendapat yang terbaik," timpal Ardi Bakrie.


REKOMENDASI
TRENDING