Wulan Guritno Ingin Gerakan #IAmHope Viral Seperti IBC

Rabu, 03 Februari 2016 02:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Wulan Guritno Ingin Gerakan #IAmHope Viral Seperti IBC Wulan Guritno © KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Film layar lebar I AM HOPE yang rencananya akan ditayangkan pada pertengahan Februari mendatang membahas tentang salah satu penyakit paling mematikan, kanker. Ceritanya, Mia (diperankan Tatjana Saphira) adalah seorang gadis pengidap kanker yang kehilangan ibunya, Medina (Feby Febiola) karena penyakit serupa. Meski dibayangi rasa takut yang mendalam, namun Mia terus berjuang untuk menyembuhkan penyakitnya.

I AM HOPE sendiri merupakan film besutan artis cantik, Wulan Guritno. Ibu tiga anak ini memang dikenal sebagai salah satu sosok yang rajin mendukung gerakan dukungan untuk penderita kanker, seperti salah satunya Gelang Harapan.

"Jadi kanker ini memang killing machine nomor satu dibanding yang lain. Karena dulu katanya genetic, tapi lima tahun belakang ini nggak seperti itu. Semua pun bisa kena dari gaya hidup atau makanan yang nggak terjaga kesehatannya," ujar Wulan ketika media visit ke kantor redaksi KapanLagi.com® di kawasan Tebet, Jaksel, beberapa waktu lalu.

Wulan sebutkan bahaya dari kanker © KapanLagi.com®/Akrom SukaryaWulan sebutkan bahaya dari kanker © KapanLagi.com®/Akrom Sukarya

Secara tak sengaja, Wulan ternyata mengumpulkan para pemain yang ada hubungannya dengan penyakit kanker, seperti Tio Pakusadewo hingga Febby. Dari situ, wanita berusia 35 tahun ini ingin memerangi kanker secara bersama-sama, diawali dari film I AM HOPE.

"Aku juga baru tahu Feby Febiola yang main di film ini juga punya pengalaman dengan kanker. Pas promo di panggung dia bercerita akan ceritanya. Feby di sini berperan sebagai Madina, ibu dari Mia yang diperankan Tatjana. Jadi ternyata Feby membayangkan kalau Madina ini adalah ibunya. Feby ibunya ini kena kanker dan dia dampingin ibunya selama terkena penyakit kanker. Terus Om Tyo aku baru tahu kalau ternyata istrinya sedang dirawat di Singapura kena kanker. Jadi kayaknya kami di sini disatukan untuk berjuang bersama," sambung Wulan.

Gelang Harapan sendiri adalah sebuah gerakan dukungan untuk penderita kanker dengan cara menjual gelang rajutan tangan. Seluruh hasil penjualan nantinya akan disumbangkan pada penderita kanker. Sejauh ini, sudah banyak sekali dukungan yang masuk, seperti salah satunya dari gubernur DKI Jakarta, Ahok.

"Yang kayak aku bilang tadi, sebuah gerakan memang lebih possible kalau dikerjakan secara bersama-sama atau di-support banyak orang. Film ini ada karena memang di-support banyak orang begitu juga dengan gerakan gelang harapan ini. Penolakan juga pernah kami dapat. Pak Ahok memang menjadi salah satu yang mendukung kami. Waktu itu kan ada Ice Bucket Challenge yang semua orang mandi pakai es batu. Itu kan viral banget sampai seluruh dunia ikutan. Kami juga berpikir gimana caranya untuk bisa viral seperti itu. Akhirnya kami minta tolong juga ke beberapa orang untuk bikin video apapun seperti kasih semangat, quote atau curhat tapi nanti ada #IamHope. Aming juga waktu itu malah curhat, hehe. Kami minta Pak Ahok untuk bikin video I Am Hope dan akhirnya mau. Sejak itu dia banyak sih support ke kami," pungkas Wulan.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING