Yukino Almira: Lebih Baik 3 Bulan Sekali Ujian Negara

Senin, 08 Februari 2010 17:10 Penulis: Noviana Indah TW
Yukino Almira: Lebih Baik 3 Bulan Sekali Ujian Negara Yukino Almira
Kapanlagi.com - Ujian Negara bagi siswa kelas 3 SMU dan sederajat yang dilaksanakan pada Maret mendatang sebenarnya membuat para siswanya kalang kabut. Betapa tidak, patokan kelulusan yang ditetapkan pemerintah untuk lulus dari tahun ke tahun meningkat. Padahal tak semua sama kurikulum sama di tiap daerah kendati pemerintah juga telah menetapkan hal ini. Menurut artis Yukino Almira, ujian negara yang bakal dijalankan satu hari sebaiknya diganti dengan ujian yang sama namun dengan jenjang waktu. Semisal tiga bulan sekali.

"Ujian negara ini sebetulnya berat. Maka solusinya tiga bulan sekali aja bikin Ujian Negara dibandingkan satu hari tapi harus lulus semua. Itu mungkin lebih ringan dan siswanya lebih fokus," ujarnya.

Dijumpai baru-baru ini di Jakarta, Yuki, begitu dia biasa disapa, pun mempertanyakan kenapa patokan kelulusan hanya ditentukan dalam sehari, sementara siswa telah belajar mati-matian selama tiga tahun untuk lulus.

"Kenapa mesti tiga tahun belajar kalau hanya buat lulus? Jadi serba salah, apalagi kalau untuk dipatokin nanti masuk kuliah," sambungnya.

Menghadapi ketentuan pemerintah ini, Yuki pun pasrah. Dia kini terus belajar agar dapat mencapai nilai kelulusan yang ditetapkan. "Kalau sudah ditetapkan gimana? Sekarang pelajar wajib belajar dengan keras," ucapnya lagi.

Lalu bagaimana dengan try out jelang ujian? "Ah, itu hanya cara pembelajaran agar jadi santai aja. Bukan keharusan ikut," imbuhnya.   

(kpl/dis/npy)


REKOMENDASI
TRENDING