Imelda Fransisca, Miss Indonesia 2005

Minggu, 20 Februari 2005 09:25 Penulis: Rita Sugihardiyah
Kapanlagi.com - Imelda Fransisca, finalis dari Jawa Barat, meraih gelar Miss Indonesia 2005, ajang yang mencari perempuan Indonesia yang berkepribadian, berwawasan serta cantik luar dalam.

"Saya tidak menyangka bisa meraih gelar Miss Indonesia 2005," kata Imelda dalam jumpa pers yang digelar usai Malam Puncak Pemilihan Miss Indonesia 2005 di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam.

Selain meraih gelar Miss Indonesia Pertama, gadis berusia 22 tahun itu juga menyabet gelar Miss Favorit Pilihan Pemirsa dengan jumlah pemilih 40,6 persen dari total layanan pesan singkat (SMS) yang masuk.

Imelda yang mengantungi gelar sarjana psikologi dari Ohio State University, AS itu tampak penuh percaya diri dan meyakinkan saat menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan para juri maupun duo presenter Ferry Salim dan Sari Nila.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Ketua Dewan Juri, Liliana Sudibyo kepada gadis asal Bogor itu adalah alasannya memilih pendidikan psikologi yang dijawa Imelda dengan tegas bahwa belajar psikologi membantunya mengatasi masa lalunya, saat dirinya menderita anoreksia yang merupakan salah satu bentuk kelainan makan (eating disorder).

Gadis yang saat ini bekerja sebagai penyelia divisi HRD di PT Cahaya Sakti Multi Intraco itu juga menyatakan salah satu keinginannya untuk memberikan kontribusi sesuai ilmu yang dimilikinya, yaitu mendirikan yayasan atau klinik untuk membantu orang-orang yang memiliki kelainan makan.

Imelda yang gemar berdansa dan olahraga itu juga mengemukakan pandangannya mengenai masalah perempuan, ia berharap untuk dapat membantu perempuan Indonesia keluar dari sejumlah persoalan seperti kekerasan dan pelecehan seksual yang kerap menimpa wanita.

Liliana Sudibyo menyatakan, dewan juri memutuskan Imelda sebagai Miss Indonesia 2005 karena selain cantik dan berwawasan luas, Imelda juga sangat fasih saat berbicara dalam bahasa Inggris dibandingkan dengan finalis lainnya.

"Dengan kemampuannya itu, kami menilai ia akan mampu berkompetisi dalam ajang Miss ASEAN pada Maret mendatang," tutur Liliana.

Dengan kemenangannya itu, selain mendapat uang tunai puluhan juta rupiah dari RCTI selaku penyelenggara dan para sponsor lain, Imelda menjadi wakil negara Indonesia pada ajang Miss ASEAN 2005 yang akan digelar 5-19 Maret mendatang di Jakarta.

Ajang Miss ASEAN bertujuan mempromosikan produk dan jasa yang dimiliki negara-negara anggota ASEAN, dan pemenang dalam kontes kecantikan itu akan menjadi Goodwill Ambassador ASEAN.

"Tepat satu bulan lagi saya akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss ASEAN, dan saya akan berusaha untuk tampil lebih baik lagi," kata Imelda Fransisca.

(*/rit)


REKOMENDASI
TRENDING