Taeyang merupakan salah satu member boyband Korea Big Bang yang bernaung di bawah agensi YG Entertainment. Taeyang kecil sukses bergabung dengan YG Ent. setelah kemunculannya dalam MV Jinusean A-yo.

Pria bernama asli Dong Young Bae ini melakukan trainee di YG bersama dengan G-Dragon dan Junsu 2PM. Di tahun 2003 pria kelahiran 18 Mei 1988 itu dipercaya untuk menjadi rapper di lagu Wheesung berjudul Prayer.

Awalnya, Taeyang dan G-Dragon akan didebutkan bersama dalam duo GDYB tpi rencana tersebut dibatalkan karena mereka digabung bersama empat trainee lainnya, T.O.P, Seungri, Daesung dan Hyunseung untuk membentuk Big Bang. Sayangnya, sebelum debut official, Hyun Seung tidak jadi digabungkan dengan lima member lainnya (yang kemudian bergabung di CUBE Entertainment dan debut bersama BEAST).

Album pertama Big Bang SINCE 2007 meraih kesuksesan yang cukup besar termasuk lagu solo Taeyang Ma Girl. Namun, Big Bang benar-benar booming setelah merilis lagu Lies dan terkenal sejak saat itu.

Taeyang sendiri telah merilis album maupun single solonya sejak tahun 2009 diawali oleh Where You At yang kemudian disusul dengan Wedding Dress. Di tahun 2010 member Big Bang berkulit gelap ini kembali merilis single I Need A Girl dan I'll Be There.

Kesuksesan aktivitas solo Taeyang berlanjut di tahun 2013 dengan perilisan single Ringa Linga yang langsung booming. Di tahun 2014 sendiri, Taeyang merilis album berjudul RISE.

Tur Konser Solo
Hot Concert Tour (2008)
Solar Concert Tour (2010)
Taeyang Japan Tour (2014)

Live Album
Hot Live Concert Tour DVD (2008)
Solar Live Concert Tour DVD (2010)

Baca Profil Lengkap Taeyang Big Bang ▼



Show More ▼