HOME » SELEBRITI » ASIAN » J » JAY CHOU


PERSONAL
Jay Chou adalah penyanyi, penulis lagu, aktor, sutradara, dan produser film asal Taiwan yang telah memenangkan World Music Award sebanyak empat kali. Ia terkenal karena idealismenya menyusun semua lagu-lagunya sendiri, dan di samping itu juga membuat lagu untuk penyanyi lain.

KARIR
Pada tahun 1998 ia mengikuti sebuah kontes bakat, dan akhirnya berhasil memukai para juri dengan kepiawaiannya bermain piano dan menulis lagu. Selama dua tahun berikutnya, dia dikontrak untuk menulis lagu bagi para penyanyi mandarin terkenal. Meskipun hanya berbekal musik klasik, Chou berhasil menggabungkan gaya musik Cina dan Barat untuk menghasilkan lagu yang meruapakan perpaduan antara R&B, rock, dan pop. Lagu yang ditulis Chou umumnya bertemakan isu-isu aktual seperti kekerasan dalam rumah tangga, perang, dan urbanisasi.

Pada tahun 2000, Chou merilis album pertamanya, berjudul JAY, di bawah label perusahaan rekaman Alfa Music. Sejak itu ia terus merilis minimal satu album per tahun, kecuali pada tahun 2009, dan menjual beberapa juta kopi masing-masing albumnya. Musiknya telah memperoleh pengakuan di seluruh Asia, terutama di daerah seperti Taiwan, Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Indonesia, India, Singapura, Thailand, Vietnam dan di komunitas Asia di luar negeri, dan memenangkan lebih dari 20 penghargaan setiap tahun. Dia telah menjual lebih dari 28 juta album di seluruh dunia sampai dengan tahun 2010.

Ia memulai debutnya karir aktingnya dalam INITIAL D (2005), dimana ia memenangkan Best Newcomer Actor baik di Hong Kong Film Awards dan Golden Horse Awards, dan dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik oleh Hong Kong Film Awards atas perannya dalam film CURSE OF THE GOLDEN FLOWEROCEAN HEAVEN yang dibintangi Jet Li. Karirnya saat ini semakin meluas ke berbagai bidang, termasuk bisnis. Saat ini di memimpin dan menjalankan perusahaan rekamannya sendiri, yaitu JVR Music.

Baca Profil Lengkap Jay Chou ▼



Show More ▼