PERSONAL
Dolly Parton memiliki nama lengkap Dolly Rebecca Parton, lahir di Sevierville, Tennessee, Amerika Serikat, 19 Januari 1946. Ia dikenal sebagai penyanyi country, penulis lagu dan juga aktris film.

KARIR
Debut karirnya sebagai penyanyi ditujukan lewat penampilannya dalam sejumlah program radio dan televisi. Kemudian paa usia 13 tahun, ia mulai masuk dalam dapur rekaman, meski baru lewat lagu Happy, Happy Birthday Baby (1965) namanya mulai dikenal luas, menyusul kemudian lagu-lagu countrynya, Put It Off Until Tomorrow, Dumb Blonde, Something Fishy, Hello I'm Dolly, I Will Always Love You dan lain-lain.

Kesuksesan Parton di dunia menyanyi juga diikuti kesuksesannya di panggung layar lebar. Karirnya diawali lewat acara vaerety show, Dolly!, yang kemudian mengantarkan dirinya membintangi film 9 TO 5 (1980). Menyusul kemudian fil-filmnya yang lain seperti, THE BEST LITTLE WHOREHOUSE IN TEXAS (1982), STRAIGHT TALK (1992) dan beberapa kesempatan turun mendukung sejumlah serial TV.

Dalam catatan perjalanan karirnya, istri dari pengusaha Carl Dean ini, telah menerima 7 kali Grammy Awards dan 42 kali nominasi Grammy, tiga kali memenengkan American Music Awards dan 18 kali masuk nominasi, serta puluhan award lainnya.

Baca Profil Lengkap Dolly Parton ▼



Show More ▼