PERSONAL
Pangeran Harry yang memiliki nama lengkap Henry Charles Albert David ini lahir di London, Inggris pada 15 September 1984. Harry adalah anak kedua dari pengeran Inggris, Charles (Charles Philip Arthur George) dari istri pertamanya, Putri Diana (Diana Frances Mountbatten-Windsor), yang telah meninggal dalam kecelakaan pada 1997.

Harry adalah cucu dari pasangan Putri Elizabeth II (Elizabeth Alexandra Mary) - Pangeran Philip (Philip Mountbatten). Ia menjadi garis ketiga dalam tahta kerajaan Inggris, setelah ayahnya, Pengeran Charles dan kakaknya Pangeran William.

Pangeran Harry bersekolah di sekolah yang sama sebagai saudaranya, Pangeran William. Dia mulai di sekolah Mrs. Jane Mynors, London sejak bulan September 1987. Saat itu usianya baru tiga tahun. Pada tahun 1989 Pangeran Harry bergabung dengan Pangeran William di Wetherby School, namun kemduain pindah ke Ludgrove School di Berkshire pada September 1992.

Seperti Pangeran William, Pangeran Harry menghadiri peringatan VE dan VJ di London pada tahun 1995. Pada November 1997 ia didampingi The Prince of Wales ke Afrika Selatan, di mana ia bisa pergi safari sebelum bergabung dengan ayahnya di sebuah konser yang menampilkan Spice Girls dan bertemu Presiden Nelson Mandela.

Pada bulan September 1998 Pangeran Harry mulai bersekolah di Eton College, Windsor. Harry yang sempat diberitakan adalah anak kandung mantan kekasih Putri Diana, James Hewitt, ini pada 2006 lalu telah menyelesaikan pendidikan wajib militernya di Royal Military Academy Sandhurst (Angkatan perang Inggris) dan pernah muncul pernyataan bahwa dirinya siap dikirim dalam perang Iraq.

Sementara dalam kehidupan pribadinya, Harry menjalin hubungan dengan Chelsy Davy, seorang perempuan kelahiran Zimbabwe dan anak seorang konglomerat real estate. Di sisi lain Harry dalam sebuah kesempatan juga pernah tampil di majalah Inggris, The Sun dalam keadaan memegang dada perempuan bernama Natalie Pinkham, selain juga melakukan ciuman mesra.

Sisi kontroversial Harry juga ditunjukkan saat dirinya tampil dengan kostum tentara Nazi, yang kemudian mengundang protes masyarakat. Pada 2002, Harry mengaku menikmati Cannabis, zat sejenis Mariyuana. Akibat kejadian ini Pangeran Charles harus turun tangan dan memberi kesempatan pada Harry untuk mengikuti rehabilitasi.

Pada bulan Agustus 2012, Harry kembali membuat kontroversi setelah foto-foto bugilnya beredar di dunia maya. Foto-foto tersebut diduga diambil saat Harry berlibur ke Las Vegas sekitar pertengahan bulan. Dalam foto tersebut, tubuh Harry tampak polos tanpa tertutup selembar benang pun. Di foto yang lain, tampak ia menutupi bagian pribadinya hanya dengan kedua tangan. Selain itu, seorang wanita tampak berdiri tanpa busana dan bersembunyi di belakang Harry. Tak hanya menghebohkan istana, foto bugil Harry juga membuat hubungannya dengan kekasihnya, Cressida Bonas sedikit renggang.

KARIR
Pangeran Harry sempat meninggalkan Inggris dan tinggal di Australia. Kemudian dia pindah ke Afrika dan bekerja di sebuah panti asuhan di Lesotho. Sekembalinya dari Afrika pada bulan Juli 2004, Pangeran Harry mulai mempersiapkan untuk ujian Dewan Komisi Reguler (RCB), dan akhirnya berhasil lulus pada bulan September 2004.

Pada bulan Mei 2005 Pangeran Harry memasuki Akademi Militer Kerajaan Sandhurst untuk memulai pelatihan sebagai perwira di Angkatan Darat. Pada 12 April 2006 Pangeran Harry ditugaskan sebagai seorang perwira tentara. Pangeran Harry juga sempat bertugas di Afghanistan selama lebih dari dua bulan dari akhir 2007 hingga awal 2008. Saat ini, menjalani pelatihan untuk menjadi pilot helikopter Angkatan Udara.

Meskipun ia berfokus pada karir militernya, Pangeran Harry juga aktif dalam sejumlah badan amal. Dia memiliki yayasan yang bertujuan untuk membantu anak-anak yatim piatu, warga miskin dan para penderita AIDS yang berdomisili di wilayah, Lesotho dan Afrika Selatan.

Baca Profil Lengkap Pangeran Harry ▼



Show More ▼