SELEBRITI

Album 'HITAM'-nya Netral Edisi Terbatas




      Senin, 14 Maret 2005 15:36
      Kapanlagi.com - Netral memang serba nekat dan cuek. Tak cuma dalam lirik dan aksi panggungnya, tapi juga ketika mereka "nekat" cabut dari label dan memilih indie label sebagai saluran mereka berkreasi.

      Coki mengatakan mereka sudah capek ikut mayor label. Lihat saja label yang mereka bentuk, Kancut Record. Namanya, diambil dari album keenam. Dari namanya saja, sudah merupakan satu perlawanan dari satu mainstream yang berlaku umum. Tak heran, album ketujuh yang diberi titel HITAM pun lewat jalur distribusi yang tidak lazim. Netral yang sebelumnya gabung di salah satu label besar, memilih peredaran yang sederhana tapi langsung. Album ini juga hanya berbentuk Compact Disc (CD) dan tidak memproduksi bentuk kaset. Sedangkan untuk jalur distribusinya, album hitam hanya di jual melalui fans club, distro dan melalui salah satu majalah musik di Jakarta. Jadi album ini tidak terdapat di toko-toko kaset seperti album musik kebanyakan. Distro-distro ini tersebar di Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya.

      Albumnya sendiri terasa lebih gelap nuansa musiknya dalam arti musik yang terdapat di album ini lebih menampilkan sisi gelap dari musik Netral selama ini. Hal ini bisa dirasakan apabila kita sudah mendengar lagu-lagu yang ada di album ini.

      Album ini sendiri banyak bercerita tentang kehidupan sosial, hal ini dapat dilihat pada hampir semua lagu, seperti lagu Bom yang menceritakan tentang peristiwa bom yang akhir-akhir ini meneror masayarakat Indonesia, lalu lagu Atas Namayang menceritakan tentang orang yang bertindak mengatasnamakan rakyat, cinta, atau apa sajalah dalam melaksanakan tanggung jawab dan kekuasaannya. Atau bisa di lihat pada lagu Koma yang mendapat inspirasi dari seseorang yang sedang mengalami koma dan berada diantara hidup dan mati. Sedangkan untuk single pertama album ini adalah lagu Haru Biru, yaitu sebuah lagu yang menceritakan mengenai perjalanan hidup seseorang di saat sedang mengalmi pasang surutnya kehidupan.

      Keistimewaan lain dari album ini adalah dicetak hanya 7000 unit saja. Jadi dalam rangka dirilisnya album ke VII ini, Netral membuat suatu konsep album yang istimewa, dimana di album ke VII ini, Netral hanya membuat 7 lagu dan diproduksi hanya sebanyak 7000 unit saja dan dirilis pada tanggal 7 Februari 2005.

      Tak cuma CD, karena penggemar Netral juga diberi bonus sebuah film dokumenter mengenai proses kreatif seputar pembuatan album ini dalam bentuk Digital Video Disc (DVD) yang berisi tentang tingkah anak–anak Netral & the gank yang lucu, serius, konyol, dan macam-macam ulahnya. Tetapi film ini juga berisi pengenalan terhadap proses rekaman sebuah album sejak mulai proses awal hingga proses mixing, tentunya dikemas dengan ala Netral band. (tbg/erl)



      BERITA TERKAIT