Angkasa adalah grup musik asal Cianjur, Jawa Barat yang beranggotakan Ato (vokalis), Ovieck (bassis), Anggie (drummer), Ling Ling (kibor), dan Teguh (gitaris). Nama mereka melejit berkat lagu Jangan Pernah Selingkuh di album bertajuk sama yang beredar di bawah bendera Warner Music Indonesia.

Grup musik yang berdiri pada tanggal 23 November 2004 ini awalnya beraliran rock klasik. Di panggung mereka kerap membawakan lagu-lagu milik Bon Jovi, U2, Mr Big, atau Dewa. Mereka pun berhasil menjadi Juara I Festival Band tingkat SLTA tahun 2004, dan Juara III Musikalisasi Puisi Se-Jawa Barat di tahun yang sama. Dua tahun kemudian, mereka mendapat Juara I Pentas Merdeka tahun 2006, dan Juara III Lomba Cipta Lagu Se-Jabar tahun 2007.

Sebenarnya pada tahun 2005, mereka sempat mengikuti ajang Dreamband, hingga Ato terpilih dalam tiga besar untuk kategori vokalis. Namun Ato memutuskan untuk terus bersama Angkasa. Kiprah mereka semakin nyata setelah kerap tampil sebagai band pembuka grup papan atas, seperti Pas Band, /rif, dan Kapten.

Penolakan label rekaman tak membuat mereka putus asa. Angkasa pun membuat album secara independent. Setelah bajakan album indie mereka tersebar hingga Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Bali, mereka mulai dilirik Warner Music Indonesia. Album perdana, JANGAN PERNAH SELINGKUH (2008) dirilis dengan lagu-lagu seperti Jangan Pernah Selingkuh, Luka, Asya, Cemburu Buta, Cinta Berat, Putuskan Aku, Teman, Tyas, Yang Berlalu Biarlah, dan Akulah Yang Bisa.

Baca Profil Lengkap Angkasa ▼