in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Grup 7 Top 28 LIDA: Peserta Borong Lampu Dukungan, Melki Duta Gorontalo Tersenggol

Kamis, 21 Maret 2019 11:05 Penulis: Cinthya Septavy

Grup 7 Top 28 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Konser top 28 grup 7 amat sangat menarik disaksikan. Persaingan yang terjadi antara peserta begitu ketat. Setiap duta provinsi menunjukan kemampuan maksimalnya untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya. Bahkan, seluruh peserta yang berada di grup 7 sukses meraih lampu dukungan dari semua juri dan panel provinsi.

Namun begitu, LIDA 2019 adalah sebuah kompetisi dimana harus ada peserta yang tereleminasi. Adalah Melki yang merupakan perwakilan dari provinsi Gorontalo harus tersenggol pada konser top 28 grup 7 yang diselenggarakan tadi malam, Rabu (20/3). Lantas apa yang membuat Melki tersenggol?

Melki, menjadi peserta yang tampil di urutan keempat atau terakhir. Meski tampil di urutan terakhir dan mengetahui ketiga rivalnya memborong lampu biru alias lampu dukungan dari juri dan panel provinsi, tak membuat mentalnya jatuh.

Tak mau kalah saing, ia tetap berupaya semaksimal mungkin meraih hati juri, panel provinsi dan juga pemirsa dalam melantunkan lagu berjudul Baca yang dicipta dan dipopulerkan H. Rhoma Irama.

Upayanya tak sia-sia, ia juga berhasil memborong semua lampu dukungan dari juri dan panel provinsi. “Saya bingung apa lagi yang mau saya komentarin karena kamu sudah bagus sekali. Mental kamu kuat karena kamu penampil terakhir dan peserta lain sudah tampil dan mendapat lima lampu biru,” ucap Zaskia Gotik.

 

 

 

1.

Sebelumnya, Kiki menjadi peserta yang pertama tampil. ia menunjukan kemampuannya dalam bernyanyi dangdut dengan membawakan lagu berjudul Pengobat Rindu. Penampilan dari Duta provinsi Kepulauan Riau ini, diganjar seluruh lampu biru dari juri dan panel provinsi.

“Kamu bisa ngeblend antara vocal dan aransemen lagu. Ada masukan sedikit, ada beberapa part yang harusnya tidak perlu dicengkok, efeknya jika kamu cengkok akan kepenuhan,” ujar Soimah mengomentari penampilan Kiki.

Usai Kiki, giliran Angga, duta provinsi Sumatera Utara yang unjuk kebolehan. Membawakan lagu berjudul Aku Dilahirkan Untuk Siapa dengan penuh penghayatan, Angga juga berhasil meraih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi. Bahkan, tiga juri memberikan standing ovation (SO) atas penampilannya yang luar biasa.

“Sentuhan rasanya dahsyat, kamu membuat aku terpesona, keren. Kamu bisa membuat suasana menjadi baper. Emosinya dapat,” ujar Dewi Perssik. “Kamu keren, suara kamu pulen. Yang luar biasa, kamu sudah membuat saya terpesona,” timpal Rita Sugiarto.

Sementara itu, sebagai peserta ketiga, Hanan juga tak mau mempermalukan nama provinsi Jawa Barat yang diwakilinya. Membawakan lagu berjudul Tujuh Sumur, ia berhasil membuat seluruh juri dan panel provinsi terpukau dengan penampilannya. Hasilnya, ia meraih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi serta empat SO.

“Saya terkejut melihat penampilan kamu malam hari ini, cengkok, penghayatan, ekspresi dan aksi panggung sudah bagus. Kamu mau belajar dan mau berlari dengan cepat untuk mengejar peserta yang lain,” puji Soimah.

Setelah keempat peserta tampil, mereka yang meraih nilai sama dari juri dan panel provinsi pun terlihat tegang menanti dukungan pemirsa melalui polling yang ditutup usai acara. Sebab, dukungan pemirsa yang menentukan nasib siapa di antara mereka yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Kiki dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Sedangkan dari pemirsa sebesar 21,40. Setelah digabungkan, Kiki meraih total nilai 27,65.

Sementara itu, nilai yang diperoleh Angga dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 18,89. Setelah digabungkan, Angga meraih total nilai 25,14.

Hanan yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 20,90. Setelah digabungkan, Hanan meraih total nilai 27,15.

Melki yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,00. Dari pemirsa sebesar 13,82. Setelah digabungkan, Melki meraih total nilai 20,07.

Dengan demikian Kiki berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 27,65 menyusul Hanan dengan total nilai 27,15. Kemudian Angga berada diposisi ketiga dengan total nilai 25,14 dan Melki berada di posisi terbawah dengan total nilai 20,07.

Sebagai peraih nilai terendah, Melki pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/cvn)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING