in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Grup 8 Top 48: Dua Peserta Dapat SO, Endang Duta Sulawesi Tengah Tersenggol

Selasa, 26 Februari 2019 22:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

LIDA Grup 8 ©instagram.com/ligadangdutindonesia_2019

Kapanlagi.com - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 semakin menarik untuk disaksikan. Selain dihiasi dengan hiburan yang menarik dari pengisi acara, persaingan peserta juga semakin sengit. Semalam, dua peserta dari grup 8 top 48, tampil spektakuler. Saking bagusnya penampilan mereka, juri sampai memberikan apresiasi berupa standing ovation (SO). Mereka adalah Yusuf dan Faul.  

Yusuf merupakan duta provinsi Maluku Utara. Ia tampil perdana. Meski tampil diurutan pertama, tak membuat Yusuf terbebani. Justru, ia terlihat lepas dan mampu menguasai panggung. Keindahan suara Yusuf juga membuat juri terpesona. Tiga juri, yakni Rita Sugiarto, Inul Daratista, dan Nassar terlihat memberikan standing ovation usai Yusuf melantunkan lagu berjudul Bulan Bintang.

Memasuki penilaian, seluruh panel provinsi memberikan lampu dukungan, dan empat lampu biru dari juri untuk Yusuf. Hanya satu juri, yakni Soimah yang memberikannya lampu merah.

“Yusuf mempunyai karakter vocal yang unik. Saya mengharapkan kamu lebih romantis dan dinamikanya lebih dilembutkan lagi. Di lagu ini kamu terlalu banyak cengkok sehingga penampilan kamu kurang menarik untuk saya,” Soimah mengutarakan alasannya mengapa memberi lampu merah kepada Yusuf.


1. Faul Bikin Panas Panggung LIDA 2019

Setelah Yusuf, giliran Faul yang tampil. Duta provinsi Aceh ini semakin membuat panas panggung LIDA 2019. Membawakan lagu berjudul Bunga Dahlia, Faul membuat seisi studio terpana dengan keindahan suaranya. Seluruh juri pun terlihat berdiri untuk memberikan apresiasi kepada Faul.  
“Penampilan Faul malam ini membuat saya tercengang, saat interlude Faul bernyanyi beda dari seluruh penyanyi yang pernah menyanyikan lagu Dahlia,” puji Nassar.

Saat penilaian, lagi-lagi Soimah membuat penonton bertanya-tanya lantaran tak memberikan lampu biru kepada Faul. Padahal ia ikut memberi standing ovation untuk penampilan Faul yang memukau. Akhirnya Faul hanya mendapat empat lampu biru dari juri dan seluruh lampu panel provinsi.

“Saya memberikan lampu merah karena Faul salah lirik. Saya ingin agar Faul tidak lalai (di penampilan berikutnya) karena penampilan Faul malam ini sangat bagus dan spektakuler,” ujar Soimah menjelaskan.   


2. Iwan Hanya Dapat Satu Lampu Biru

Sementara dua peserta lainnya, tampil kurang memukau, yakni Iwan (Sumatera Barat) dan Endang (Sulawesi Tengah). Iwan yang menjadi penampil ketiga, hanya meraih satu lampu biru dari juri dan empat lampu panel provinsi dalam membawakan lagu Tercantik di Dunia.

“Penampilan kamu malam ini terlihat monoton karena kamu tidak bisa mengeksplore. Kalau malam ini kamu lolos, kamu harus bisa melakukan sesuatu yang baru,” ucap Rita Sugiarto memberikan catatan kepada iwan.


3. Endang Panen Kritikan

Endang menjadi penampil terakhir. Sebagai penampil penutup, Endang tak mampu memberikan suatu yang istimewa dalam melantunkan lagu berjudul Pasukan Dangdut. Seluruh juri bahkan enggan memberi lampu biru kepadanya. Hanya seluruh panel provinsi yang memberikannya lampu dukungan.

“Kamu dari awal sampai akhir nyanyinya teriak-teriakan dan gerakan kamu juga nanggung,” ucap Nassar menjelaskan mengapa dirinya memberi lampu merah kepada Endang. “Kamu nyanyinya kurang greget, hentakan badan dan groove nya kurang dapat, kamu belum bisa mengeksekusi lagu ini dengan baik,” ucap Inul menambahkan.
 

4. Endang Tersenggol

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta yakni pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira sebesar 75 persen.

Berdasar nilai gabungan dari ketiga elemen tersebut, Faul meraih skor akhir tertinggi dengan total nilai 32,76 disusul Yusuf 28,39. Kemudian Iwan berada diposisi ketiga dengan total nilai 20,23 dan Endang berada di posisi terbawah dengan total nilai 18,60. Dengan begitu, Endang pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 pun harus terhenti.  

Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288)

(kpl/dan/phi)


REKOMENDASI
TRENDING