in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Kristin D, Pedangdut Cantik Asal Amerika yang Ngaku Fans Berat Didi Kempot & Rhoma Irama

Selasa, 02 November 2021 09:47 Penulis: Umar Sjadjaah

Kristin D, Penyanyi Dangdut Asal Amerika - Credit: instagram.com/the_real_kristind

Kapanlagi.com - Meski kerap dipandang sebelah mata, musik Dangdut selalu dapat tempat di hati para penggemarnya. Penikmat musik dangdut tidak perlu khawatir akan kekosongan pedangdut ke depannya Belakangan ini bermunculan pedangdut muda berbakat dari daerah maupun dari ajang pencarian bakat.

Tapi KLovers mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata ada juga penyanyi dangdut di mancanegara lho! KapanLagi.com mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan penyanyi dangdut cantik asal Amerika Serikat. Wanita bernama Kristin Dennison ini lahir di Pennsylvania pada 15 Juli 1987.

Beberapa tahun lalu, Kristin bergabung dengan Dangdut In America yang merupakan sebuah komunitas untuk memperkenalkan musik dangdut di Negara Paman Sam. Dangdut In Amerika didirikan oleh salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Rissa Asnan.

Credit: instagram.com/the_real_kristind/Credit: instagram.com/the_real_kristind/

"Saya tahu Dangdut di Amerika saat ada panggilan sebagai seorang figuran sebuah film untuk episode Dangdut in Amerika berjudul DANGDUT 101. Saya ditanya oleh produser, Rissa Asnan apakah saya ingin mencoba menyanyikan musik Indonesia dan saya menjawab ya. Pada saat itu saya tidak tahu banyak tentang musik Indonesia tetapi saya selalu siap untuk belajar hal-hal baru dan saya senang, saya menjawab ya," ujar Kristin Dennison.

Selengkapnya: Alasan menyukai dangdut, kisah awal belajar nyanyi dangdut, lagu dan penyanyi favorit, hingga profesi sebelumnya.

1. Alasan Menyukai Dangdut

Credit: Dokumentasi Pribadi

Kristin menyebut dangdut adalah salah satu genre musik yang easy listening dengan instrumen yang menenangkan. Semakin mendalami makna di balik arti lirik lagu dangdut membuat Kristin makin menyukainya.

"Musik dangdut tidak seperti musik lain yang kamu dengar di Amerika. Musik dangdut sangat easy listening, saya merasa beat dan instrumen yang digunakan sangat menenangkan. Ketika saya mulai melihat makna di balik lagu-lagu dangdut, itu membuat saya semakin menyukainya. Setiap lagu dangdut memiliki cerita yang sangat saya sukai, seperti makna lagu di balik musik country di AS," ungkap Kristin.

2. Kisah Awal Belajar Nyanyi Dangdut

Credit: Dokumentasi Pribadi

Pada awal belajar nyanyi dangdut, Kristin butuh waktu hingga 2 minggu untuk menyanyikan lagu dangdut berbahasa Indonesia. Pada fase ini, Kristin mendapat bantuan dari Rissa Asnan tentang cara mengucapkan kata-kata dalam lirik lagu

"Lagu pertama yang saya pelajari waktu itu adalah Indah Pada Waktunya yang dinyanyikan oleh Dewi Perssik. Ini adalah lagu pertama yang saya pelajari dalam bahasa Indonesia. Rissa (produser saya) meminta saya mempelajari lagu itu dalam 2 minggu dan kemudian saya membawakannya di Festival Indonesia di Washington DC pada tahun 2019," kenang Kristin.

3. Lagu Dangdut & Pedangdut Favorit

Credit: instagram.com/the_real_kristind/

Kristin menyebut dirinya sebagai penggemar berat Almarhum Didi Kempot dan sang raja dangdut Rhoma Irama. Wanita yang juga berkegiatan sebagai aktris dan pembawa acara ini juga menyukai banyak lagu dangdut. Namun apabila harus memilih satu, Kristin memilih lagu Tatu ciptaan Didi Kempot sebagai lagu yang jadi favoritnya.

Meski begitu, Kristin mengakui bahwa ia masih belum sempurna dalam menyanyikan lagu berbahasa Jawa. "Saya masih butuh bantuan dalam pengucapan terutama lagu-lagu dalam bahasa Jawa," ucap wanita 34 tahun ini.

4. Profesi Sebelum Jadi Pedangdut

Credit: instagram.com/the_real_kristind/

Sebelum jadi penyanyi dangdut Kristin memiliki sejumlah profesi yang salah satunya berhubungan dengan seni. Kristin juga mengungkapkan sebuah fakta bahwa Dangdut In America sangat membantunya untuk melakukan apa yang ia sukai, salah satunya dengan menyalurkan bakat menyanyinya.

"Sebelum Dangdut di Amerika saya mengajar anak-anak tentang Teater Musikal di perkemahan musim panas dan dam beberapa kelas. Saya dulunya juga seorang manajer toko perlengkapan hewan peliharaan dan salon perawatan anjing," ujarnya.

"Sebelum saya bergabung dengan Dangdut di Amerika, saya mencari berbagai cara untuk perform dan bernyanyi. Saya telah mengikuti audisi untuk perusahaan teater dan film lokal Philadelphia. Ketika saya terlibat dengan Dangdut in Amerika, saya dapat memenuhi impian saya untuk bernyanyi dan telah membuat lebih dari 25 video musik. Saya bisa terus tampil dan melakukan apa yang saya sukai melalui Dangdut In America," lanjutnya.

5. Tentang Indonesia: Makanan Favorit dan Destinasi Impian

Credit: instagram.com/the_real_kristind

Kristin mengaku bahwa ia belum pernah mengunjungi Indonesia, negara yang bahasanya jadi bahasa di lagu dangdut yang ia nyanyikan. Meski begitu, Kristin menyukai beberapa masakan Indonesia. Kristin juga menyebut beberapa kota yang ingin ia datangi ketika berkunjung ke Indonesia.

"Sangat sulit memilih makanan apa yang paling saya sukai dari Indonesia karena semuanya sangat enak! Saya pikir hidangan favorit saya sejauh ini adalah Nasi Lemak Ayam Goreng. Saya suka apa saja yang berhubungan dengan ayam pedas dan nasi," ujar Kristin.

"Saya ingin sekali pergi ke Yogyakarta, kami sebenarnya memiliki sebuah lagu berjudul 'Jogjakarta' yaitu tentang Yogyakarta, sehingga pergi ke tempat yang pernah kami nyanyikan akan sangat menakjubkan," pungkasnya.

(kpl/cvn/ums)

Reporter: Cinthya Septavy


REKOMENDASI
TRENDING