in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Soal Cover Lagu SID, Irma Dharmawangsa: Via Vallen Tidak Salah

Senin, 12 November 2018 12:10 Penulis: Ayu Srikhandi

Via Vallen - Irma Dharmawangsa © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Sindiran pencipta lagu dan drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx terhadap Via Vallen menjadi pembicaraan hangat di media sosial, ada yang pro, tidak sedikit yang kontra. Sebagaimana diketahui Jerinx tidak terima lagu Sunset di Tanah Anarki dinyanyikan ulang Via Vallen dengan aransemen musik dangdut.

Jerinx menilai Via Vallen mengambil keuntungan dari lagu SID tanpa izin, sementara itu, Via Vallen melalui akun instagram miliknya sudah mencoba mengklarifikasi.
Sebagai penyanyi dangdut, Irma Dharmawangsa, turut berkomentar persoalan antara Via Vallen dan Jerinx. Menurut Irma, Via Vallen tidak bersalah. Sebab, Via hanya menyanyikan lagu dari SID, hal yang umum dilakukan banyak penyanyi ketika berada di atas pentas.

“Menurut saya Via tidak salah, hampir semua penyanyi, dan saya juga termasuk yang suka menyanyikan lagu orang lain ketika saya ada di atas panggung. Kalau penonton minta lagu, masa saya sebagai penyanyi tidak bisa membawakannya, dan selama ini belum pernah ada yang nuntut," kata Irma Dharmawangsa saat dihubungi Kapanlagi Dangdut, Senin (12/11/2018).

1. Via Vallen Tidak Mengkomersilkan Lagu SID

Melihat Via Vallen yang hanya menyanyikan di tas panggung dan bukan merekam ulang lagu milik SID itu, Irma Dharmawangsa merasa kalau pedangdut itu sama sekali tidak masalah. 

“Ini kan yang terjadi Via nyanyi di atas panggung, dan ada yang merekam lalu dikomersilkan tanpa sepengetahuan Via. Itu kan berarti si pihak yang merekam, yang menjual lagu yang dinyanyikan Via dalam bentuk VCD atau DVD, yang salah. Karena menjual VCD dan DVD bajakan, mungkin berbeda jika Via mendapat keuntungan dari penjualan itu,” kata Irma Dharmawangsa. 

2. Kasus Via Vallen Bisa Menimpa Dirinya

Apa yang terjadi pada Via Vallen, biasa juga terjadi pada Irma. Kata Irma, saat dirinya pentas di sebuah acara—bukan acara televisi—ada saja sorot kamera yang merekam dirinya saat tampil. Ia tidak tahu menahu kalau pihak yang merekam akan mengambil keuntungan dengan menjual hasil rekaman dirinya saat tampil.

“Pas sudah selesai tampil, tiba-tiba beberapa waktu kemudian dijual di lapak-lapak VCD/DVD bajakan. Kalau si pihak yang merekam minta izin kepada saya untuk menjual hasil rekamannya, itu saya ikut salah. Karena sudah mengizinkan orang yang berlaku curang,” kata Irma.

3. Irma Suka Lagunya Dicover Orang

Menyoal Jerinx yang juga menyindir Via Vallen meng-cover lagu SID kemudian diunggah di channel YouTube milik Via, bagi Irma sah-sah saja. Menurut Irma, bukan hanya Via Vallen saja yang suka meng-cover lagu orang lain dengan kreasi sendiri kemudian diunggah di YouTube. 

“Saya juga baru tahu, selama ini kalau cover lagu dan kita kreasikan dalam bentuk musik yang lain belum ada masalah. (Penyanyi) Judika juga kan suka cover lagu orang lain tuh, dia nggak kenapa-napa," kata Irma. 

“Bahkan saya suka lihat, anak-anak sekarang yang suka menyanyi, banyak juga yang meng-cover lagu. Lagu saya juga ada yang di-cover dengan jenis music lain, buat saya nggak masalah karena kan mereka tidak berniat untuk diperjual belikan,” kata Irma.

Irma melanjutkan, bahkan dirinya senang jika orang lain menyanyikan lagu miliknya, meski lagunya dijadikan parody sekalipun. “Justru saya bangga kalau lagu saya dinyanyikan orang lain, diparodikan pun saya nggak masalah. Berati kan lagu saya disukai dan itu bisa menjadi ajang promosi juga buat saya,” kata pelantun lagu Bang Jarwo itu.


REKOMENDASI
TRENDING