in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Sudah Periksa Dua Saksi, Polisi Bakal Periksa Rizky Billar Terkait Dugaan KDRT Terhadap Lesti Kejora

Jum'at, 30 September 2022 16:26

Muhammad Akrom Sukarya © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Dua orang saksi telah diperiksa penyidik terkait dugaan KDRT yang dilakukan oleh Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora. Pertama, Asisten Rumah Tangga (ART) Rizky Billar dan Lesti. Lalu, yang kedua adalah satu orang karyawan Leslar Entertainment.

Kabid humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan bahwa mereka adalah orang menyaksikan terjadi tindak kekerasan yang diduga dilakukan oleh Rizky Billar.

"Kemudian juga keterangan saksi yang sudah diperiksa ada dua orang, di antaranya adalah saudari Novitasari selaku ART dan saudari Firda sebagai karyawan Leslar Entertainment. Ini dia menerangkan dan menyaksikan kejadian kekerasan tersebut," kata Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (30/9/2022).

"Kemudian kita telah melakukan langkah penyidikan. Penyidik telah melakukan pemeriksaan awal berupa permintaan visum terhadap korban, yang mana hasil visum ini akan memperkuat terjadinya tindak pidana tersebut," tambahnya.

1. Pemeriksaan Psikologis Lesti

Zulpan mengungkapkan bahwa, pihaknya telah meminta Lesti untuk menjalani pemeriksaan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Tujuannya, untuk mengetahui kondisi mental ibu satu anak ini setelah kejadian tersebut.

"Kemudian kita juga akan melakukan pemeriksaan psikologis terhadap korban atau pelapor ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak," katanya.

"Itu adalah langkah hukum yang ditentukan dalam ketentuan UU 23 Tahun 2003 tentang perbuatan kekerasan dalam rumah tangga. Kepolisian sangat menyayangkan atas terjadi kekerasan ini dan bersimpati terhadap korban," sambung Zulpan.

2. Segera Panggil Rizky Billar

Selanjutnya, polisi bakal menjadwalkan pemanggilan kepada Rizky Billar untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan KDRT tersebut.

"Yang tentunya dalam waktu dekat kita akan memanggil terlapor untuk dapat melakukan pemeriksaan. Nanti dijadwalkan segera oleh penyidik," kata Zulpan.

3. Hukuman yang Mengintai Rizky Billar

Atas kasus ini, Rizky Billar disangkakan Pasal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Undang Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).

"Ancaman hukumannya akibat perbuatan ini ada tiga bentuk, pertama kalau menyebabkan luka seperti yang dialami Lesti ini ancamannya 5 tahun penjara dengan denda 15 juta. Apabila lukanya mengakibatkan luka berat itu ancamannya sepuluh tahun," kata Zulpan.

"Kemudian kalau sampai meninggal dunia itu 15 tahun. Jadi untuk sementara ini ancaman hukuman yang diterapkan terhadap terlapor ini Pasal 44 UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang KDRT ancamannya 5 tahun penjara," tutup Zulpan.

Diberitakan sebelumnya, Lesti melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas dugaan KDRT dengan nomor LP/B/2348/IX/2022/SPKT/POLRES METRO JAKARTA SELATAN/POLDA METRO JAYA.

(kpl/far/ums)

REKOMENDASI
TRENDING