EKSKLUSIF
Hantu Pencabulan Anak (1)

'Captain America' Bongkar Kasus Pencabulan Siswa JIS

'Captain America' Bongkar Kasus Pencabulan Siswa JIS



Sabtu, 19 April 2014 14:41 | 

Bella Shofie


Kapanlagi.com - Hati seorang ibu tengah retak saat ini. Bagaimana tidak, ia harus menerima kenyataan pahit bila putranya yang masih TK mengalami pencabulan di tempat menuntut ilmu yang seharusnya menjadi sarana dalam membangun mimpi, meraih cita-cita.

Adalah Jakarta International School atau JIS, gedung sekolah international terbesar di Jakarta yang menjadi saksi bisu kejadian itu berlangsung. Di balik bangunan kokoh yang terlihat aman di luar, namun ternyata menyimpan bahaya di dalam.

Proses pengakuan bocah korban sodomi berinisial AK tersebut tidaklah mudah. Karena itulah pihak orangtua bersama guru pembimbing yang juga menjabat sebagai Risk Management Operational Manager harus menyamar sebagai Captain America agar AK mau terbuka.

"Awalnya sang anak nggak mau ngomong sama ibunya. Waktu ditanya Ibunya, AK jawab, 'No mommy, I'm fine'. Tapi Ibunya nggak percaya. Akhirnya sang Ibu berkonsultasi dengan guru bernama David mengenai keanehan putranya. Keduanya kemudian mencari cara agar AK menceritakan apa yang telah dialaminya," papar Sekjen KPAI Erlinda, wawancaranya seusai bertemu pihak JIS, di Kompleks JIS Jalan Terogong Raya, Selasa (15/4).

Erlinda kemudian melanjutkan, "Mereka mengetahui bahwa AK sangat mengidolakan Captain America. David kemudian datang ke rumah AK menggunakan kostum superhero itu. Rencana itu berhasil. AK kemudian menceritakan soal pelecehan seksual yang menimpanya kepada tokoh idolanya tersebut."

Kisah pilu ini kemudian merebak di sosial media. Banyak yang mengutuk perbuatan pelaku yang dianggap sudah tak bermoral. Termasuk beberapa artis yang menginginkan hukuman berat dijatuhkan pada tersangka. Bila perlu, hukuman mati!

"Saya kaget pas denger kabarnya tadi. Mereka tuh pantasnya dihukum mati!" ujar Bella Shofie.

"Ya biar mereka berpikir lagi, apalagi itu anak kecil. Gimana kalau mereka nanti tumbuh besar dengan mental ketakutan karena pernah mengalami hal seperti itu," lanjut kekasih dari Jerry Soegeng itu.

Hal senada juga dituturkan oleh aktris muda Kimberly Ryder. Ia mengaku tak cukup hanya hukuman penjara bertahun-tahun karena efek jangka panjang ada di mental korban.

Kimberly @foto: KapanLagi.com®Kimberly @foto: KapanLagi.com®

"Ini nggak wajar, ini anak TK loh (yang dicabuli), crazy banget. Nggak ngerti lah cara pemikiran mereka. Itu beberapa belas tahun (hukuman) pun masih nggak pantes lah. Harusnya hukuman mati sih karena banyak yang kesel. Itu udah psycho banget menurutku," kata Kimberly berang.

Kimberly kemudian berharap para orangtua menjadi lebih peduli pada anak mereka dari kejadian ini. Terutama dalam menyodorkan pengetahuan untuk melindungi diri termasuk soal seks sejak usia dini.

"Aku sih dari kelas 6 SD diajarin dulu soal seks. Itu harus diterapkan di semua sekolah. Karena buat diri aku sendiri jadi berhasil, karena aku sangat jaga-jaga banget. Kalau aku jadi ibu, aku akan mengajak para orangtua gather dan mendemo atau seperti kata ibu aku anunya pelaku dipotong. Semacam justice aja sih," pungkasnya. (kpl/rod/abs/adb)