EKSKLUSIF
Skandal Artis dan Pejabat (1)

Mengulik Kisah Skandal Selebriti Dengan Pejabat Negara

Mengulik Kisah Skandal Selebriti Dengan Pejabat Negara



Selasa, 29 Oktober 2013 10:31 | 

Machica Mochtar


Kapanlagi.com - Kisah percintaan selebriti memang selalu menarik untuk dikulik, seperti cerita mengenai kedekatan mereka dengan para pejabat kaya. Di Indonesia sendiri ada kisah percintaan semacam itu. Seperti apa?

Masih teringat kasus Machica Mochtar dengan almarhum Moerdiono. Seperti diketahui, Machica menikah secara siri pada 20 Desember 1993 dengan mantan menteri sekretaris negara pada masa pemerintahan Soeharto itu. Dari hasil hubungan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Mohammad Iqbal Ramadan.

Beberapa tahun terakhir Machica mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi untuk membuktikan bahwa Iqbal adalah darah daging Moerdiono. Iqbal memang butuh kejelasan mengenai siapa ayah kandungnya lantaran Machica dan Moerdiono bercerai pada 1998 saat Iqbal masih kecil.

April kemarin secara resmi Iqbal diputuskan sebagai darah daging Moerdiono di luar pernikahan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Namun sayang, Iqbal tidak mendapatkan hak perdata sehingga tak berhak atas hak waris.

Lalu ada kisah Shinta Bachir dengan mantan Kapolda Metro Jaya. Kisah asmara dengan orang yang masih ditutupi namanya ini terkuak saat Shinta membuat laporan terkait ancaman pembunuhan yang dilakukan kekasihnya. Beruntung kasus tersebut diakhiri dengan jalan damai setelah pejabat kepolisian itu meminta maaf lewat telepon dan SMS.

Kemudian ada pengakuan mengejutkan penyanyi lawas Sovie Djasmin yang mengaku selingkuh dengan Menko Kesra Agung Laksono. Kedekatan antara keduanya terjadi pada tahun 2001 hingga terkuak pada akhir 2012.

Dan yang terbaru, adalah mencuatnya berita mengenai pernikahan siri Maria Eva dengan Kepala Dinas Pekerjaan Parepare H Imran Rusli. Sayang Maria enggan berkomentar atas apa yang menjadi perbincangan publik saat ini.

Menurutnya, ia tak berhak ikut campur urusan rumah tangga orang lain. Dan tidak berusaha melarikan diri karena hal tersebut bukan urusannya.

Yang unik, kasus Maria Eva dengan pejabat bukan sekali ini saja. Sebelumnya, dia menjadi bahan pemberitaan setelah video pornonya dengan politisi partai Golkar, Yahya Zaini, beredar.

Menurut Ilham Bintang selaku wartawan senior, fenomena ini akan terus ada tanpa bisa ditampik. Ia memaparkan panjang lebar pendapatnya soal fenomena hubungan cinta artis dan pejabat.

"Kalau ditanya sampai kapan ini berlangsung dan kapan berakhirnya, saya bisa bilang ini tidak akan berakhir. Sebab, wong dari dulu ini sudah ada. Ya kalau hedonisme sudah ada dalam diri seorang artis yang memiliki keinginan untuk hidup nyaman tanpa mau berjuang, sudah pasti itu membuat si artis tadi terjebak dengan impian-impiannya. Maka jalan instan itu akan menjadi pilihannya," katanya saat dihubungi KapanLagi.comŽ via telepon, Senin (28/10).

Yang membedakan dengan zaman dulu, sekarang ada media yang memberitakannya. Sehingga diakui oleh Ilham bila persoalan bisa pada diketahui khalayak ramai dengan mudah.

"Bedanya, jika dahulu mungkin tidak seperti sekarang saat media memberitakannya," jelasnya.

Sementara itu sosiolog Devi Rahmawati mengatakan bila apa yang dilakukan para artis ini tidak berhubungan langsung dengan profesionalisme dan korupsi.

"Hubungan langsung sebenarnya tidak ada. Tetapi lantaran pelaku affair dianggap melanggar dan mengkhianati nilai-nilai moral, dan masyarakat selalu berharap banyak kepada pemimpinnya, secara tidak langsung pihak terkait lekat dengan citra korup, tidak profesional, dan semacamnya. Ini terjadi di mana-mana," ujarnya saat dihubungi. (kpl/abs/rod/dew)