HOME » EVENT

Rayakan Tahun Baru? 10 Tempat Favorit di Indonesia Ini Bisa Jadi Referensi

Jum'at, 03 Januari 2020 18:25

Rayakan Tahun Baru? 10 Tempat Favorit di Indonesia Ini Bisa Jadi Referensi
Perayaan Tahun Baru di Monas (Credit: liputan6.com)






Kapanlagi.com - Tahun baru merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Mereka menjadikan tahun baru sebagai saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Perayaan tahun baru di Indonesia memang seakan tak pernah sepi. Setiap tahun berbagai tempat di Indonesia seolah menghadirkan tradisi yang berbeda-beda. Kamu yang bingung saat perayaan tahun baru 2019 ingin merayakan di mana, coba intip 10 daftar tempat favorit merayakan tahun baru di Indonesia berikut ini:

1. Pantai Kuta

Hampir setiap tahun, Bali menjadi destinasi paling populer untuk menghabiskan malam tahun baru bersama teman maupun keluarga. Tidak hanya penduduk lokal, tapi para wisatawan mancanegara juga banyak yang berkunjung ke Bali demi merasakan pergantian tahun di pulau dewata yang tidak pernah hentinya memberikan kita kejutan. Bali akan memeriahkan malam tahun baru dengan menambahkan beberapa tarian adat Bali yang menjadi salah satu ciri khas mereka.

Salah satu pantai paling terkenal di Bali ini merupakan tempat yang tepat untuk merayakan malam tahun baru. Kalau kamu ingin merasakan sensasi tahun baru yang berbeda, kamu bisa datang ke Pantai Kuta. Disini tidak hanya ada pesta tahun baru saja, tetapi sebelum kembang api dinyalakan, kamu juga bisa mengikuti beach party. Dan besok paginya kamu akan menyambut sunrise pertama di tahun 2019 yang bisa dinikmati dari pantai ini.

2. Gili Trawangan

Tempat istimewa yang terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan salah satu pulau kecil yang memiliki banyak pesona sehingga dijuluki “Party Island”. Pantainya yang indah, hamparan pasirnya yang berwarna putih, air lautnya yang jernih, serta udaranya yang segar, menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gili Trawangan. Tak terkecuali pada malam pergantian tahun baru. Gili Trawangan yang mempesona seolah-olah berubah menjadi spot pesta yang menawarkan berbagai kemeriahan dan keseruan.

Kamu akan disambut dengan berbagai sajian hiburan yang menarik. Pertunjukan musik yang spektakuler, berdansa dan berjoget di lantai berpasir, pertunjukan fire dance atau tarian api yang menakjubkan, hingga acara puncak berupa pertunjukan kembang api yang meriah.

3. Gunung Bromo

Gunung yang paling terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Tak sedikit wisatawan yang menikmati malam tahun baru dengan menginap di gunung ini, karena ingin merasakan pesona alam sekitar Gunung Bromo saat tahun baru. Dan juga ingin merasakan sensasi melihat sunrise pertama di tahun yang baru dari atas gunung.

4. Payung

Payung merupakan lokasi terfavorit di Kota Batu ketika ingin merayakan malam tahun baru. Jika kamu terbiasa melihat kembang api diatas kamu, sekarang cobalah menikmatinya dengan tampilan yang berbeda. Mengingat Payung adalah lokasi dataran tinggi, kamu bisa melihat kembang api dibawah kamu. Udara yang cukup dingin di Payung membuat kamu juga bisa memesan makanan dan minuman hangat yang banyak di jual di kawasan tersebut, seperti roti bakar, kopi susu, singkong rebus, pisang rebus, jagung bakar, wedang jahe dan lain-lain.

5. Tanjung Perak

Pelabuhan yang terletak di Kota Surabaya ini sangat ramai ketika malam perayaan tahun baru tiba. Sepertinya Tanjung Perak memang sudah menjadi andalan bagi warga Surabaya dalam merayakan gemerlap tahun baru. Hal ini dibuktikan dengan setiap tahunnya Tanjung Perak selalu dikerumuni oleh orang-orang yang ingin menyaksikan kembang api. Di Tanjung Perak ini kamu bisa merasakan pesta kembang api yang berbeda. Biasanya ratusan kembang api hanya dinyalakan dari darat, tapi di tempat ini dinyalakan dari kapal-kapal yang ada di pelabuhan.

6. Puncak Bogor

Kota Bogor juga memiliki Di kota hujan ini, Bogor memiliki beberapa lokasi yang menakjubkan untuk merayakan pergantian akhir tahun bersama teman maupun keluarga. Di kota yang memiliki udara yang sejuk nan segar ini terdapat banyak villa yang bisa disewa oleh para keluarga. Puncak Bogor merupakan tempat yang paling tepat jika kamu ingin menghabiskan akhir tahun dan melihat indahnya kembang api bersama keluarga dengan suasana yang lebih hangat sambil menikmati bakar-bakar ikan, daging, jagung, dan lainnya.

7. Simpang Lima

Semarang mampu merayakan setiap momen pergantian tahun dengan berbagai keunikannya. Di kota ini, kamu bisa menemukan kekayaan objek wisata bernilai historis, seperti kota tua terbaik di Indonesia, dan wisata kuliner yang patut diunggulkan. Bisa dikatakan bahwa Simpang Lima merupakan paru-parunya kota Semarang. Disini akan selalu dipenuhi oleh para pemuda dan pemudi di malam pergantian tahun. Jalanan di sekitar lokasi Simpang Lima biasanya mulai ditutup sejak jam 6 sore dan para pengunjung pun mulai berdatangan memadati area Simpang Lima, untuk menyaksikan pesta kembang api.

8. Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta

Menikmati malam pergantian tahun di kota budaya yang satu ini bisa dilakukan di Alun-alun utara keraton, karena aksesnya yang bahkan terbilang lebih dekat dengan jalan Malioboro membuat wisatawan tertarik berkunjung kesana. Pergantian tahun dapat dinikmati dengan sederhana tapi bermakna. Cukup melewati malam tahun baru bersama dengan duduk lesehan di angkringan sambil menikmati sego kucing atau wedang ronde yang membuat hangat tubuh di malam yang dingin ketika menyaksikan pesta kembang api.

9. Kawasan Dago dan Bukit Bintang

Dua tempat favorit dari Kota Bandung ini bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin merayakan malam tahun baru. Pada pergantian tahun, kawasan Dago akan ramai sekali di sini juga akan hadir banyak komunitas kreatif yang memeriahkan perayaan tahun baru. Kawasan Dago juga biasanya memberlakukan car free night yang akan membuat suasana di Dago menjadi nyaman dan seru tanpa kendaraan roda empat dan dua. Selagi berada di kawasan Dago kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Bukit Bintang. Lokasinya tak jauh dari pusat kota tepatnya di Jalan Bukit Dago Timur Bandung.

Bukit ini sangat tersohor di kalangan anak muda dan sangat indah saat malam hari. Di malam pergantian tahun, pemandangan di daerah bukit bintang akan sangat indah dipenuhi kembang api dan bertabur bintang. Di tempat tersebut kita bisa melihat indahnya pertemuan sinaran kembang api dengan gemerlap lampu kota.

10. MONAS

Salah satu pusat Kota Jakarta ini merupakan tempat sangat populer bagi warga Jakarta sendiri maupun luar Jakarta. Kamu yang sedang minim budget namun masih ingin melihat kembang api dan terlibat langsung dalam suasana hiruk-pikuk tahun baru, kamu bisa mengunjungi Monumen Nasional (Monas). Tempatnya yang sangat luas bisa membuat kamu membawa semua orang-orang yang kamu sayangi ke sini sambil mencicipi aneka jajanan khas kota Jakarta. Dijamin tahun baru kamu kali ini pasti akan sangat seru.

Nah, itu lah 10 tempat favorit di Indonesia untuk merayakan tahun baru. Buat apa jauh-jauh sampai pergi ke luar negeri, kalau ternyata negara kita tercinta, Indonesia pun memiliki banyak sekali destinasi untuk merayakan tahun baru. Jadi nomor berapa yang sudah masuk daftar rencana liburanmu?

 

(kpl/mel)


    > KEMBALI KE DEPAN