INDONESIA

Monty Tiwa Menghibur Lewat Karya Film

Rabu, 26 September 2012 00:00  | 

Monty Tiwa


Monty Tiwa Menghibur Lewat Karya Film
LA Lights Indiemovie





KapanLagi.com - Pernah menonton film komedi GET MARRIED 3 yang nampilin bintang tenar Nirina Zubir? Perlu dikethui bahwa tangan dingin sutradara Monty Tiwa-lah yang menjadikan film itu bukan cuma menghibur tapi juga sarat dengan pesan moral tentang persahabatan.

Buat sutradara yang mewadahi komunitas film maker di Moviesta, tempatnya berkarya dan berbagi ilmu, film-film hasil karyanya ia tujukan untuk menghibur orang. Sutradara ini juga handal dalam menulis skenario dan bermusik. Tiwa memang suka banget nulis soal cerita lucu. Menulis sudah dilakoni pria kelahiran 28 Agustus 1976 ini sejak ia masih SMP.

Lulusan Ora et Labora ini selalu menumpahkan segala ide dan pikirannya lewat tulisan. Bahkan kegemarannya nulis ini juga makin diasah waktu dia kuliah di Universitas Kansas, Amerika Serikat. Dengan memanfaatkan booming internet, Monty bersama kawan-kawannya nulis soal Indonesia di sebuah website garapan mereka sendiri.

Kayaknya nasib emang ngebawa doi untuk mengais rejeki dari dunia perfilman. Kreativitasnya diuji tahun 2002 saat dia nulis skenario untuk film ANDAI IA TAHU. Lalu menyusul film-film komedi berkualitas lainnya juga lahir, seperti MENDADAK, DANGDUT, dengan soundtracknya yang jadi favorit banyak orang Jablay, lalu Antara aku, dan Kau dan Saipul Jamiel, Barbi3 dan Maaf, Saya Menghamili Istri Anda," jelasnya.

Beberapa penghargaan juga dikoleksi Monty untuk penyutradaraan dan penulisan skenario didapatya lewat film ANTARA AKU KAU DAN MAK EROT, BARBI3, dan KALAU CINTA JANGAN CENGENG.

Kreativitas Monty kali ini akan dapat dinikmati lewat film terbaru yang termasuk poyek LA Lights Indiemovie 2012. Naskah proyek film ini dikerjakan bareng ama dua penulis beken lainnya, yaitu Jujur Prananto dan Titien Wattimena.

LA Lights Indiemovie merupakan program tahunan yang dipersembahkan LA Lights sebagai penghargaan sekaligus dukungan bagi film-film karya anak bangsa. Program ini terdiri dari workshop yang ngajarin gimana cara nulis skenario yang bagus, cara penyutradaraan yang benar, proses editing dan bahkan acting! Skenario yang tulis bakal dikompetisiin dan pemenangnya berhak dapat kesempatan untuk merealisasikannya dalam sebuah film berdurasi pendek.

Jadi ga sabar pengen nonton filmnya ya apalagi kalo orang yang terlibat di proyek ini adalah mereka yang udah diyakini mumpuni di bidangnya.

(prl/dka)