INDONESIA

[Review] 'ME & YOU VS THE WORLD'

Demi Cinta, Apapun Siap Dilakukan
Senin, 21 April 2014 14:51  | 

Rio Dewanto


Demi Cinta, Apapun Siap Dilakukan
dok. Rapi Films




KapanLagi.com - Oleh: Abbas Aditya

Rutinitas kantor membosankan mendorong jiwa petualang Jeremy (Rio Dewanto) mengajukan sebuah konsep bertajuk ‘Menaklukan Dunia’. Untuk meyakinkan atasannya, ia pun melakukan riset pada anak-anak muda dengan melakukan kegiatan berbau alam. Hal tersebut membawa Jere pada pertemuan dengan seorang gadis ABG bernama Sera (Dhea Seto) yang hanya tahu belajar, belajar dan belajar.

Awalnya, Jere mendekati Sera dengan tujuan untuk melancarkan konsep tersebut. Namun tanpa disadari, kedekatan yang terjalin antar keduanya menumbuhkan konsep lain dalam hati Jere. Sementara itu, Sera mulai melakukan pemberontakan seperti sering bolos dan jarang belajar karena asyik dengan hal baru yang Jere tawarkan.

Sayangnya, rasa cinta yang berkembang terbentur oleh perbedaan usia yang terpaut jauh. Belum lagi, ketika orangtua Sera mengetahui prestasi anaknya merosot. Mampukah mereka bersatu dan membuktikan kepada dunia: bahwa kekuatan cinta bisa membuat segalanya menjadi seperti yang diinginkan?

ME & YOU VS THE WORLD adalah fitur terbaru besutan Fajar Nugros yang namanya melesat di jagad perfilman tanah air lewat CINTA BRONTOSAURUS. Film ini diadaptasi dari novel best seller berjudul sama yang menjadi karya debut Stanley Meulen.

Kebetulan, saya sudah membaca novelnya jauh sebelum proses adaptasi terdengar.  Bila dibandingkan dengan source-nya yang jujur saja kurang begitu saya sukai, versi filmnya ini menjadi lebih menarik karena Endik Koeswoyo, selaku penulis skenario, melakukan hampir 70% perombakan. Versi adaptasi layar lebarnya menjadi lebih gereget, lucu dan manis. Hal tersebut didukung oleh aksi Nugros yang berhasil memvisualisasikan aksara dalam novelnya.

Namun saya mendapati beberapa kekurangan dalam jalinan cerita yang sedikit mengurangi kenikmatan dalam menonton. Sebagai orang yang peduli pada detail, cerita tidak menyebutkan bergerak di bidang apakah kantor Jere. Juga soal kedekatan antara Jere dan Sera yang kurang ditonjolkan sehingga terkesan diburu-buru untuk akhirnya setting berpindah ke India. Padahal bila porsi kedekatan dipertajam, film ini sangat berpotensi menjadi sajian menyentuh ketika momen klimaks-nya terjadi. Terutama bagi pasangan-pasangan yang pernah mengalami hal serupa.

Terlepas dari itu, departemen aktingnya berlakon dengan sangat pas. Ada Rio Dewanto yang berhasil mengintrepretasikan seperti apa sosok Jere. Juga Dhea Seto yang terbilang aman memerankan karakter Sera.

Dalam screeningnya beberapa waktu lalu, Fajar Nugros mengatakan bila film ini dipersembahkan untuk sang Anak. Dan spirit tersebut terasa sekali ketika menonton filmnya, terutama dalam penyampaian bagaimana cara orangtua menghadapi pemberontakan-pemberontakan anak di zaman sekarang.

Trivia:
ME & YOU VS THE WORLD menjadi film Indonesia pertama yang melakukan syuting di India. Sebelumnya, Rapi Films sebagai rumah produksi, menerapkan hal serupa pada sinetron mereka bertajuk LOVE IN BOMBAY.

Trailernya ada di bawah ini nih.

 

 

(kpl/abs/dka)