INTERNASIONAL

[Review] 'PERCY JACKSON: SEA OF MONSTERS', Menyelamatkan Pohon Thalia

Kamis, 22 Agustus 2013 17:41  | 

Logan Lerman


[Review] 'PERCY JACKSON: SEA OF MONSTERS', Menyelamatkan Pohon Thalia
Foto: 20th Century Fox




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Tiga tahun setelah film pertama dirilis, petualangan Percy Jackson (Logan Lerman) kembali berlanjut. Kali ini putra Poseidon tersebut harus menyelamatkan kelangsungan hidup pohon Thalia. Pohon itulah yang selama beberapa tahun menjadi perisai perkemahan manusia setengah dewa dari serangan makhluk ganas.

Ditemani Annabeth Chase (Alexandra Daddario), Grover Underwood (Brandon T Jakscon) si manusia setengah kambing serta saudara tiri Percy bernama Tyson (Douglas Smith) yang hanya memiliki satu mata, Percy melakukan petualangan mendebarkan mencari Golden Flecee.

Dengan berbagai rintangan tak mudah, berhasilkah mereka mendapatkan bulu emas yang tersimpan di lautan monster atau dikenal bangsa manusia sebagai segitiga bermuda itu?

PERCY JACKSON: SEA OF MONSTERS merupakan adaptasi buku kedua dari seri Percy Jackson and The Olympians karangan novelis Amerika Rick Riordan. Bila film pertama dibesut Chris Colombus, sekuelnya kali ini dinahkodai Thor Freudenthal yang sebelumnya menggarap HOTEL FOR DOGS (2009) dan DIARY OF A WIMPY KID (2010).

Jujur saja, seri pertama terasa membosankan. Film rilisan 2010 tersebut hampir saja terlupakan meski hasil box office-nya lumayan sampai sekuelnya pun hadir dengan percaya diri.

Tapi ternyata SEA OF MONSTERS tidak terlalu buruk. Diselipi humor ringan, alur yang cepat serta sajian visual efek memanjakan mata, petualangan Percy dan kawan-kawan berhasil membuat penonton terjaga dari duduknya.

Mengandalkan naskah garapan Marc Guggenheim, Thor Freudenthal mampu menjaga ritme agar film tak membosankan. Yeah, kita dibuat peduli pada nasib karakter protagonis serta kesal pada tokoh antagonis yang diciptakan.

Meski masih kalah dibanding seri novel adaptasi serupa yang rilis lebih dulu, mitologi Yunani yang telah diblunder sana-sini oleh penulis novelnya ini berhasil memberikan hiburan tersendiri. Belum lagi ensemble cast yang bermain pas sesuai porsi masing-masing.

Melihat ending-nya, bisa dipastikan 20th Century Fox tampak percaya diri melanjutkan sekuel kedua petualangan Percy. Penasaran seperti apa? Tak ada salahnya meluangkan waktu rehat dengan menonton film ini!

(kpl/abs)