INTERNASIONAL

[Review] 'THE INTOUCHABLES', Kisah Komedi Pengusaha Lumpuh

Jum'at, 14 Desember 2012 17:20

[Review] 'THE INTOUCHABLES', Kisah Komedi Pengusaha Lumpuh
Quad Productions




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

"My true disability is not having to be in a wheelchair. It's having to be without her.." - Phillipe

THE INTOUCHABLES adalah film Prancis yang meraih kesuksesan luar biasa ketika rilis tahun lalu. Bahkan menjadi film kedua paling sukses setelah WELCOME TO THE STICKS atau BIENVENUE CHEZ LES CH'TIZ yang beredar pada tahun 2008 silam.

Film yang disutradarai oleh Olivier Nakache dan Eric Toledano ini merupakan biografi pengusaha Prancis bernama Phillipe Pozzo di Borgo. Naskahnya sendiri dikembangkan dari buku tulisan Phillipe bertajuk Le Second Souffle.

THE INTOUCHABLES berkisah tentang pengusaha lumpuh karena kecelakaan paralayang bernama Phillipe (François Cluzet) yang mencari seorang pengasuh. Pertemuan dengan Driss (Omar Sy) pria kulit hitam dengan tingkah laku seenaknya, membuat hidup Phillipe lebih berwarna.

Sosok Phillipe dan Abdel asli | Foto: lefigaro.fr

Pantas saja film ini meraih kesuksesan besar. Pemaparan drama dan komedinya begitu berimbang. Pun dengan cara bertutur Olivier Nakache dan Eric Toledano yang terlihat piawai merangkai babak demi babak. Tak heran bila dalam 112 menit durasinya, kita akan dibuat tertawa dan terharu secara bersamaan.

Duet François Cluzet dan Omar Sy pantas diacungi jempol. Keduanya mampu tampil maksimal dengan kapasitas yang dipunya. Chemistry mereka juga terasa pas dan tak berlebihan sehingga di beberapa momen perasaan penonton mampu ikut terbawa.

Meski terdapat sempalan fiksi dalam skenarionya, juga perubahan karakter Driss (dalam kehidupan nyata bernama Abdel Yasmin Sellou), esensi yang diemban film ini sama sekali tak luntur. Setidaknya kita tahu bahwa manusia tak dapat hidup sendirian di dunia ini seberapa pun egoisnya mereka.

Trivia: Film ini meraih nominasi di 70th Golden Globes Awards serta masuk daftar di 85th Academy Awards kategori Best Foreign Film.

(kpl/abs)