INTERNASIONAL

'THE MUMMY: TOMB OF THE DRAGON EMPEROR', Memburu Mummy ke Negeri China

Senin, 04 Agustus 2008 23:00  | 

Brendan Fraser







KapanLagi.com - Pemain: Brendan Fraser, Jet Li, Maria Bello, John Hannah, Luke Ford, Michelle Yeoh, Isabella Leong, Russell Wong, David Calder

Rick O'Connell (Brendan Fraser) dan Evelyn O'Connell (Maria Bello) ternyata tak bisa menikmati hidup mereka tanpa petualangan seru yang dulunya selalu mewarnai hidup pasangan suami istri arkeolog ini. Tanpa sepengetahuan mereka, putra mereka Alex (Luke Ford) ternyata meninggalkan sekolah untuk mengikuti jejak ayah dan ibunya.

Secara kebetulan keluarga O'Connel ini akhirnya bertemu di negeri China saat Alex menggali lokasi yang dipercaya sebagai makam Kaisar Han (Jet Li). Di saat yang sama, Rick dan Evelyn diminta pemerintah Inggris untuk mengembalikan Eye of Shangri-la kepada pemerintah China sebagai tanda bahwa Inggris ingin bersahabat dengan negeri ini.

Sayangnya pertemuan keluarga ini harus terhenti saat ternyata Roger Wilson (David Calder) yang semula membantu Alex ternyata punya tujuan lain. Roger dan sekumpulan tentara China bermaksud membangkitkan Kaisar Han dari tidur panjangnya.

Alkisah, Kaisar Han yang ingin menguasai dunia menyuruh Jenderal Ming (Russell Wong) untuk menjemput penyihir sakti Zi Juan (Michelle Yeoh) yang konon mampu memberikan keabadian pada manusia. Sayangnya dalam perjalanan, Jenderal Ming dan Zi Juan justru saling jatuh cinta.

Kaisar Han yang murka kemudian membunuh Jenderal Ming dan memaksa Zi Juan untuk memberinya keabadian sebelum akhirnya membunuh penyihir ini. Sebelum terbunuh, Zi Juan mengutuk Kaisar Han dan tentaranya menjadi batu.

Dan kini, dengan adanya Eye of Shangri-la yang ternyata berisi ramuan keabadian maka Kaisar Han akan bangkit dari tidur panjangnya untuk melanjutkan impiannya yang tertunda, menguasai dunia. Melihat ini, Rick, Everlyn, dan Alex tak bisa tinggal diam. Dengan segala cara, ketiga petualang ini lalu memburu Kaisar Han yang ternyata menuju ke Himalaya untuk memulai rencana jahatnya.

Bagian ketiga dari sekuel THE MUMMY diluncurkan tujuh tahun setelah sekuel keduanya THE MUMMY RETURNS. Kali ini tokoh Evelyn diperankan oleh Maria Bello karena Rachel Weisz tak bisa ikut dalam film ini.

Sebenarnya tidak ada yang baru dari sekuel ketiga ini. Ide cerita masih sama dengan kedua pendahulunya namun tentu saja dengan efek visual yang lebih canggih lagi. Yang membedakan mungkin adalah lokasi yang berpindah dari Mesir ke China.

Bisa jadi ide mengusung lokasi setting ke negeri China ini hanya sekedar ikut-ikutan trend Hollywood yang sekarang lagi demam remake film-film Asia. Keputusan untuk memasang Jet Li dan Michelle Yeoh pun seolah hanya usaha untuk mendongkrak nilai jual film ini.

Apa pun niatnya, yang jelas sang sutradara berhasil mengangkat film ini menjadi box office di banyak negara walaupun posisinya di AS saat ini masih belum mampu menggeser THE DARK KNIGHT.

Bagi yang mengikuti sekuel ini dari awal mungkin sudah tak asing lagi dengan ketiga tokoh sentral dari kisah ini. Sementara yang tak sempat mengikuti dua bagian sebelumnya mungkin harus bersiap-siap mengenal tiga tokoh yang kadang sedikit konyol ini.

Namun secara keseluruhan, film yang mengekor kisah Indiana Jones ini cukup enak untuk ditonton. Suguhan efek visual yang disajikan sebagai menu utama dari film ini bisa dibilang memukau walaupun tak terlalu fresh. Apalagi dengan masuknya nama Jet Li yang jelas akan memberikan suguhan laga yang menarik.

Yang jelas, jangan berharap menikmati suguhan akting atau alur cerita yang memukau karena memang bukan itu tujuan film ini dibuat. Film ini hanyalah sekedar hiburan yang gampang dicerna dan gampang pula dilupakan.

Lihat Galeri Fotonya di sini . (kpl/roc)