KOREA

10 Idol K-Pop Super Terkenal yang Sukses Debut dalam Usia di Bawah 17 Tahun

Senin, 28 Desember 2020 17:10 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Ent and SM Ent

Kapanlagi.com - Debut menjadi goal setiap para trainee di K-Pop. Bahkan, kata tersebut boleh dibilang sangat keramat, karena bak menjadi pintu awal menuju kesuksesan di industri hiburan Korea. Apalagi untuk bisa sampai debut, bukan perkara mudah bagi trainee untuk melalui setiap prosesnya.

Itulah kenapa tak sedikit idol K-Pop yang memulai audisi hingga menjalani masa trainee dalam usia yang sangat belia. Meski kepastian debut belum pasti, tetapi dengan darah, keringat dan air mata untuk menjadi yang terbaik. Hasilnya, dengan segudang talenta yang dimiliki, beberapa idol K-Pop super terkenal ini pun sukses debut di usia belasan tahun.

 

1. Jungkook BTS

Pertama ada Jungkook BTS yang dijuluki sebagai golden maknae karena memiliki segudang talenta mengagumkan. Bakatnya berhasil ditemukan oleh Big Hit Entertainment. Setelah menjalani masa trainee beberapa waktu lamanya, Jungkook sukses menunjukkan kemampuan bernyanyi, rap dan menari yang luar biasa, hingga akhirnya debut bersama BTS dalam usia 15 tahun.

 

2. Jisung NCT

Jisung NCT Dream yang tak lain kelahiran 2002 resmi debut bersama grupnya pada usia 14 tahun. Meski baru debut 4 tahun lalu, nyatanya bakatnya sangat luar biasa. Ia pun sukses menunjukkan persona sebagai idol K-Pop yang menggemaskan di lagu 'Chewing Gum' hingga penuh kharisma pada lagu 'We Go Up'.

 

3. BoA

Ketika anak-anak yang lain sibuk belajar dan bermain bersama temannya, BoA kecil yang berusia 13 tahun sudah memulai karirnya. Ia debut pada 2000 di bawah SM Entertainment. Kini BoA menjadi penyanyi K-Pop yang sukses secara karir dan punya nama besar.

 

4. Taemin SHINee

Dikenal sebagai salah satu idol K-Pop dengan kemampuan dance luar biasa, nyatanya Taemin SHINee memang sudah mengawali karirnya sejak belia. Ia debut bersama SHINee pada usia 14 tahun. Maknae SHINee ini pun membuktikan jika usia bukanlah pembatas untuk menunjukkan bakat terpendamnya.

 

5. IU

Siapa yang tak kenal IU? Idol K-Pop bersuara emas ini memang selalu memikat wisatawan, baik saat bernyanyi di atas panggung maupun kala akting dalam drama Korea. Namun, siapa sangka, IU hanya menjalani masa trainee cukup singkat, yaitu 10 bulan saja, sebelum debut pada usia 16 tahun. Meski begitu, dengan talenta yang dimilikinya IU sukses membuktikan diri sebagai artis berbakat.

 

6. Suzy

Sebelum terjun ke dunia akting sepenuhnya seperti sekarang ini, Suzy mengawali karirnya sebagai idol K-Pop. Di bawah naungan JYP Entertainment, Suzy debut bersama Miss A pada usia 16 tahun. Kini Suzy pun sukses menjadi salah satu artis ternama di Korea Selatan.

 

7. Changmin TVXQ

TVXQ kini dikenal sebagai salah satu idol K-Pop paling sukses dalam sejarah. Namun, tahukah kamu jika Changmin debut dalam usia masih relatif muda. Setelah menjalani masa trainee selama beberapa waktu lamanya, Changmin akhirnya sukses debut hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-16.

 

8. Minzy 2NE1

2NE1 memang sudah resmi bubar, tetapi namanya tetap tercatat sebagai salah satu idol K-Pop tersukses dalam sejarah. Menariknya salah satu member-nya, Minzy debut dalam usia yang sangat muda, yaitu 15 tahun. Meski terbilang remaja, tetapi saat tampil di atas panggung Minzy bak rockstar lho.

 

9. Tzuyu TWICE

Tzuyu merupakan maknae TWICE. Idol K-Pop yang berasal dari Taiwan ini sukses debut pada usia 16 tahun. Meski awalnya ia sempat terkendala perbedaan bahasa, tetapi tak menghambat Tzuyu untuk memancarkan visual dan talentanya, hingga kini sukses bersinar bersama TWICE.

 

10. Chaeyoung TWICE

Last but not least, ada Chaeyoung TWICE. Usianya hanya terpaut beberapa bulan lebih tua dari Tzuyu, tetapi tetap membuat Chaeyoung masuk maknae line TWICE. Keduanya, sama-sama menjalani masa trainee bersama dan debut dalam usia yang sama, yaitu 16 tahun. 

Sungguh tak ada yang menyangka, kan, jika beberapa idol K-Pop super terkenal tersebut ternyata benar-benar debut di bawah usia 17 tahun. Mereka pun sukses menampik keraguan masyarakat dengan bakat yang dimiliki masing-masing, hingga menjadi idol K-Pop besar. 

Kalau kamu sendiri, sebelum usia 17 tahun, sudah melakukan gebrakan apa, KLovers?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING