KOREA

10 Idol KPOP Cewek Paling Populer di Korea saat Ini, BLACKPINK - TWICE Berebut Peringkat Pertama

Senin, 13 Juli 2020 18:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Billboard/YG Ent, Off The Record Ent, JYP Ent

Kapanlagi.com - Persaingan idol KPOP cewek di industri musik Korea Selatan, nggak kalah kompetitif dengan idol KPOP cowok. Popularitas para idol KPOP cewek ini pun fluktuatif setiap bulannya. Di mana reputasi mereka biasanya akan melejit kala melakukan comeback. 

Selain itu, brand reputation biasanya ditentukan oleh pengamat industri musik dan hiburan di Korea Selatan. Hal tersebut didasarkan pada seberapa aktif promosi, termasuk tampil di media, seperti TV-TV Korea Selatan, hingga seberapa luas pengaruh para idol KPOP di media sosial, termasuk dengan brand yang dibawakan.

Lantas, siapa idol KPOP cewek paling populer saat ini di Korea Selatan? Berikut urutannya dari peringkat paling bawah.

1. BLACKPINK

Baru saja merilis single baru, How You Like That, BLACKPINK memuncaki peringkat teratas brand reputation idol KPOP cewek Juli 2020. Dengan skor 11,6 juta lebih, BLACKPINK memang tengah jadi perbincangan, wajar jika popularitas mereka melejit saat ini.

Peringkat wahid di brand reputation Juli 2020 ini pun membuktikan, jika popularitas Jisoo, Rose, Jennie dan Lisa nggak hanya secara internasional, melainkan juga di dalam Negeri Ginseng.

2. IZ*ONE

IZ*ONE yang juga baru saja melakukan comeback berhasil bertengger di urutan kedua brand reputation idol KPOP cewek pada Juli 2020. Dengan skor total 7,9 juta lebih, popularitas IZ*ONE didapatkan dari besarnya fans, terutama di Korea Selatan dan Jepang.

IZ*ONE pun menjadi bukti, jika idol KPOP jebolan survival show masih memiliki reputasi tinggi dan memiliki banyak penggemar. Nggak heran, comeback IZ*ONE menjadi salah satu idol KPOP cewek yang selalu dinantikan.

3. TWICE

Menjadi salah satu girl group senior di Korea Selatan, popularitas TWICE pada Juli 2020 berada di urutan ketiga. TWICE mendapatkan total skor total 5,9 juta lebih, berkat comeback mereka yang terakhir.

Keaktifan TWICE di berbagai acara TV di Korea Selatan, tampaknya membuat reputasi idol KPOP cewek dari JYP Entertainment ini masih diperhitungkan di mata para pengamat industri musik dan hiburan Korea. Lebih-lebih, TWICE selalu sukses menjual album di atas 100 ribu unit setiap kali comeback.

4. Red Velvet

Meski salah satu member sempat mengalami insiden pada comeback terakhirnyatanya nggak membuat brand reputation Red Velvet turun drastis. Dengan total skor 3,5 juta lebih, membuat Red Velvet bertengger di urutan keempat idol KPOP cewek paling populer pada Juli 2020.

Selain memiliki member yang penuh visual dan aktif menjadi brand ambassador, SM Entertainment sebagai agensi yang menangungi, turut membuat reputasi Red Velvet tetap stabil sebagai girl group yang diperhitungkan di Korea Selatan.

Debutnya unit duo Irene-Selugi bulan ini, diprediksi bakal berpengaruh positif pada skor brand reputation Red Velvet bulan depan.

5. Oh My Girl

Debut sejak 2015, dan sempat ada member yang keluar, nyatanya nggak membuat brand reputation Oh My Girl hengkang dari Top 5 idol KPOP cewek paling populer saat ini di Korea Selatan. Dengan skor total 3,5 juta lebih membuat Oh My Girl menduduki peringkat 5 breand reputation Juli 2020.

Meski berasal dari agensi kecil, WM Entertainment, tetapi bakat yang dimiliki YooA cs bikin mereka nggak sampai kekurangan popularitas. Terlebih masing-masing member Oh My Girl punya karakteristik sendiri, sehingga jumlah fans mereka terus tumbuh dari waktu ke waktu.

6. ITZY

ITZY menjadi salah satu idol KPOP cewek yang terus bersinar sejak debut tahun lalu. Meski terbilang sangat belia, tetapi ITZY mampu mengantongi skor 3,2 juta lebih untuk brand reputation pada Juli 2020.

Selain debut di bawah bendera JYP Entertainment, ITZY juga aktif melakukan comeback, sehingga branding yang mereka buat tetap bagus di media. ITZY pun berniat melakukan comeback lagi pada akhir Juli 2020, sehingga diprediksi turut mengerek peringkat popularitas mereka pada Agustus 2020.

7. MAMAMOO

Selain aktif sebagai group, MAMAMOO tengah gencar merilis projek individu dalam beberapa bulan terakhir secara bergantian. Hal ini membuat brand reputation mereka tetap stabil di Top 10.

Pada Juli 2020 ini, MAMAMOO pun berhasil meraih skor total 3,2 juta lebih, yang membuat mereka berada di urutan ketujuh sebagai idol KPOP cewek paling populer saat ini di Korea Selatan.

8. (G)I-DLE

Menyusul Mamamoo, ada (G)I-DLE yang bertengger di urutan kedelapan untuk brand reputation Juli 2020. Soyeon cs berhasil meraih total skor 3 juta sebagai idol KPOP cewek paling populer saat ini di Korea.

Karakter yang unik, ditambah penampilan yang memikat di atas panggung, membuat (G)I-DLE tetap digemari banyak fans. 

9. WJSN (Cosmic Girl)

WJSN atau yang juga dikenal sebagai Cosmic Girl bertengger di urutan kesembilan sebagai idol KPOP cewek paling populer saat ini di Korea Selatan. WJSN berhasil mendapatkan total skor 2,9 juta untuk brand reputation pada Juli 2020.

WJSN pun bersiap melakukan comeback pada Juli 2020 ini, sehingga diprediksi bakal mendapatkan skor brand reputation yang masih tetap positif. Paling nggak, masih berada di urutan Top 10 sebagai girl group paling populer di Korea Selatan.

10. Apink

Terlepas debut sejak 2011 silam, popularitas Apink nggak sepenuhnya pudar. Pada Juli 2020, Apink mendapatkan skor total brand reputation sebesar 2,8 juta. Hal tersebut menjadikan mereka berada di urutan 10 idol KPOP cewek paling populer di Korea Selatan.

Banyaknya idol KPOP cewek yang comeback pada Juli 2020 ini dipastikan akan mengubah peringat Top 10 girl group paling populer di Korea bulan depan. Kira-kira siapa yang bakal bertahan di Top 10 ya?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING