KOREA

15 Idol K-Pop Cewek Terbaik Sepanjang Masa Pilihan Netizen Korea

Rabu, 03 Maret 2021 17:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Industri K-Pop tengah memasuki masa keemasannya dalam satu dekade terakhir. Sepanjang masa tersebut, berbagai idol K-Pop kenamaan, ikonik hingga akhirnya pantas menyandang gelar legendaris terus bermunculan.

Meski sebagian besar, pada idol K-Pop sukses ini lahir dari agensi besar, tetapi tak sedikit juga idol K-Pop dari agensi kecil yang menikmati masa kesuksesan, bahkan bukan saja di Korea, melainkan secara global.

Menariknya, dominasi idol K-Pop yang sukses ini bukan saja datang dari kalangan boygroup. Netizen Korea pun memiliki pendapat sendiri. Menurut mereka, sederet idol K-Pop cewek atau girlgroup berikut ini layak mendapatkan julukan terbaik sepanjang masa, terutama berkat kesuksesan menjual album hingga jutaan unit.

1. MAMAMOO

Pertama ada MAMAMOO yang dinilai netizen Korea sebagai salah satu idol K-Pop cewek sukses sekaligus terbaik sepanjang masa. Selain memiliki musikalitas yang tinggi, girlgroup yang debut pada 18 Juni 2014 ini rajin menciptakan musik mereka sendiri.

Setidaknya sepanjang karier mereka, MAMAMOO telah mampu menghasilkan 3 studio album dan 10 mini album dalam daftar diskografi. Dari sejumlah album tersebut, MAMAMOO mampu menjual sebanyak 803.4 unit, di mana Travel menjadi album dengan penjualan tertinggi, yaitu sebesar 169.9 unit.

 

2. BLACKPINK

Di urutan kedua ada BLACKPINK yang menjadi menyita perhatian sejak debut pada 8 Agustus 2016. Karier idol K-Pop ini pun begitu meroket, hingga ke seluruh dunia. Hingga saat ini, BLACKPINK telah memiliki 1 studio album, 3 mini album, dan 4 single album dalam daftar diskografi mereka.

Dari sederet album tersebut, setidaknya 2.34 juta unit album terjual sepanjang karier mereka, di mana The Album menorehkan kesuksesan besar sebagai album dengan penjualan tertinggi, yaitu sebanyak 1.26 juta unit.

 

 

3. TWICE

Selanjutnya ada TWICE yang sangat sukses berkarier sejak debut pertama kali pada 20 Oktober 2015. Sepanjang karier mereka, setidaknya TWICE telah menghasilkan 4 studio album, 9 mini album, 4 reissued album dan 2 album kompilasi dalam daftar diskografi.

Kerennya, dari album sebanyak itu, TWICE mampu membukukan angka penjualan sebanyak 5.76 juta unit, di mana More & More menjadi album dengan penjualan tertinggi, yaitu sebesar 573.4 ribu.

 

4. Red Velvet

Red Velvet menjadi grup berikutnya yang masuk dalam daftar ini. Grup yang debut pada 1 Agustus 2014 ini setidaknya telah menelurkan 2 studio album, 8 mini album, 1 reissued album, dan 1 album kompilasi dalam daftar diskografi mereka.

Berkat album-album tersebut, Red Velvet mampu menorehkan penjualan total sebanyak 1.51 juta unit sepanjang karier mereka, di mana The ReVe Festival: Day 1 menjadi album dengan penjualan terbaik, yaitu sebanyak 171.1 ribu unit.

 

5. 2NE1

Dikenal sebagai salah satu legenda K-Pop, 2NE1 bukan saja popular di kalangan penggemar, tetapi lagu-lagunya juga cukup familier di kalangan netizen Korea.

Idol K-pop yang debut pada 6 Mei 2009 itu pun telah menghasilkan 3 studio album dan 3 mini album dalam daftar diskografi mereka. Dari beberapa album tersebut, 2NE1 mampu menjual sebanyak 620 ribu, di mana album dengan penjualan terbaik adalah 2NE1 yaitu sebanyak 194.3 unit. Girlgroup ini resmi bubar pada November 2016.

 

6. Girls Generation

Siapa yang tak kenal Girls Generation? Idol K-Pop veteran ini telah menghasilkan prestasi cemerlang sepanjang karier mereka. Debut pada 5 Agustus 2007, Girls Generation setidaknya telah menghasilkan 9 studio album, 4 mini album, 2 live album, dan 4 reissued album dalam diskografi mereka.

Lewat album-album tersebut, Girls Generation sukses menjual sebanyak 2.81 juta unit, di mana The Boys menjadi album dengan penjualan terbaik, yaitu sebanyak 464 ribut unit.

 

7. (G)I-DLE

(G)I-DLE debut pada 2 Mei 2018 dan perlahan tapi pasti idol K-Pop ini memantapkan kariernya di industri hiburan Korea. Dengan konsep girlcrush yang diusung, (G)I-DLE pun sukses meneluarkan karya musik hasil partisipasi para member-nya.

Hingga saat ini, (G)I-DLE setidaknya telah memiliki 6 mini album dan satu single album dalam diskografi mereka. Dari beberapa album tersebut, idol K-Pop ini telah mampu menjual 377.5 unit album, di mana I Trust menjadi album dengan penjualan tertinggi, yaitu sebear 154 ribu unit.

 

8. ITZY

Pamor ITZY sebagai girlgroup baru JYP Entertainment setelah sekian lama TWICE debut begitu menarik banyak perhatian pasang. Kerennya, idol K-Pop yang debut pada 12 Februari 2019 ini pun sukses memenuhi ekspektasi penggemar dengan talenta yang dimiliki.

Sampai saat ini, ITZY setidaknya telah memiliki 3 mini album dan 1 single album dalam diskografi mereka. Meski masih belum banyak, tetapi lewat sederet karya album tersebut, ITZY sukses menjual album sebanyak 524.5 ribu, di mana Not Shy meraih penjualan album tertinggi sebanyak 219 ribu unit.

 

9. LOONA

LOONA debut pertama kali pada 20 Agustus 2018. Menariknya, idol K-Pop ini cukup sukses merambah pasar global, terutama Amerika. Sebagai buktinya, LOONA telah menghasilkan 6 mini album, 12 single album, dan 3 reissued album dalam daftar diskografi mereka.

Dari beberapa album tersebut, LOONA mampu menjual album sebanyak 302 ribu unit, di mana [12:00] menjadi album dengan penjualan tertinggi, yaitu sebesar 114.5 unit. Netizen Korea pun percaya jika bukan hal mudah untuk menjual album sebanyak itu bagi girlgroup pendatang baru, tapi LOONA mampu membuktikan diri yang terbaik.

 

10. EVERGLOW

Meski masih terbilang baru, sejak debut pada 18 Maret 2019, EVERGLOW sudah menarik banyak perhatian pasang mata. Rookie idol group ini pun cukup sukses dalam penjualan album.

Setidaknya hingga saat ini, EVERGLOW telah memiliki 2 mini album dan 2 single album dalam daftar diskografi mereka. Lewat keseluruhan diskografi tersebut, EVERGLOW mampu menjual album sebanyak 135 ribu unit, di mana penjualan tertinggi didapatkan dari album -77.82X-78.29 sebesar 48.1 unit.

 

11. Dreamcatcher

Pada 2017, industri K-Pop kedatangan idol K-Pop baru bernama Dreamcatcher. Sejak saat itu, Dreamcatcher terus aktif berkarya, hingga menghasilkan 2 studio album, 8 mini album, serta 3 single album dalam diskografinya.

Idol K-Pop yang debut pada 13 Januari 2017 ini mampu menjual total keseluruhan album dalam karier mereka sebanyak 315.8 ribu. Dystopia: Love Myself menjadi album Dreamcatcher dengan penjualan tertinggi, yaitu sebesar 101.7 unit.

 

12. Apink

Apink debut pertama kali pada 19 April 2011. Sejak saat itu, karier idol K-Pop satu ini terus melejit. Terbukti sepanjang kariernya telah menghasilkan 6 studio album, 9 mini album, serta 3 album kompilasi.

Dari sederet daftar diskografi tersebut, Apink setidaknya telah mampu menjual 726 ribu unit, di mana Pink Memory menjadi album dengan penjualan terbaik, yaitu sebesar 90,1 unit. Kesuksesan inilah yang membuat Apink pantas disebut salah satu idol K-Pop cewek terbaik sepanjang masa oleh netizen Korea.

 

13. IZ*ONE

Sekalipun idol K-Pop ini merupakan project grup hasil survival show, tetapi popularitas IZ*ONE tak main-main. Bukan saja digemari karena visualnya, IZ*ONE pun dikenal memiliki penggemar yang loyal.

Girlgroup yang debut pada 29 Oktober 2018 ini setidaknya telah meneluarkan 2 studio album dan 4 mini album dalam diskografi mereka. Luar biasanya, dari diskografi tersebut, IZ*ONE mampu menjual album hingga 2.07 juta unit, di mana Oneiric Diary menjadi album terlaris dengan penjualan yang menembus 552.9 unit. 

Wajar dengan pencapaian tersebut, IZ*ONE dianggap idol K-Pop cewek tersukses dalam sejarah.

 

14. EXID

Pada 2012, netizen Korea dibikin antusias dengan debutnya EXID. Idol K-Pop yang debut tepatnya pada 16 Februari 2012 ini memang terbilang cukup populer. Selain itu, EXID juga memiliki diskografi yang cukup berhasil sebagai girlgroup K-Pop.

Setidaknya, sepanjang berkarier, EXID telah menghasilkan 3 studio album dan 5 mini album. Lewat beberapa album tersebut, EXID mampu membukukan penjualan album tertinggi, yaitu sebesar 134.3 ribu unit sepanjang karier mereka. We menjadi album EXID dengan penjualan tersukses, yaitu sebesar 24.5 ribu unit.

 

15. Oh My Girl

Last but not least, ada Oh My Girl. Idol K-Pop ini debut pertama kali pada 20 April 2015. Sepanjanga kariernya hingga saat ini, Oh My Girl setidaknya telah merilis 4 studio album, 7 mini album, 1 single album, serta 2 repackaged album dalam daftar diskografi mereka.

Tak hanya itu, Oh My Girl juga mampu menorehkan penjualan album sebanyak 275.3 ribu unit, di mana album dengan penjualan terbaik mereka adalah Nonstop yang terjual 52,1 ribu unit. Raihan ini pun membuat netizen Korea akhirnya mengakui jika Oh My Girl memang layak masuk dalam daftar idol K-Pop cewek terbaik sepanjang masa.

Dibandingkan boygroup K-Pop yang mampu menjual unit album dengan jumlah gila-gilaan, girlgroup memang lebih berjuang keras untuk menorehkan prestasi tersebut. Itulah kenapa mampu menjual album sebanyak ratusan ribu unit saja, bagi sebuah girlgroup K-Pop sudah dianggap mengagumkan.

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING