'1987: WHEN THE DAY COMES', Film Box Office Korea Terinspirasi Kisah Nyata

Kamis, 25 Januari 2018 09:45 Penulis: Rahmi Safitri
'1987: WHEN THE DAY COMES', Film Box Office Korea Terinspirasi Kisah Nyata Cast 1987: WHEN THE DAY COMES © CJ Entertainment
Kapanlagi.com -

Setelah kesuksesan ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS, Korea Selatan kembali punya film keren yaitu 1987: WHEN THE DAY COMES. Uniknya film ini sama-sama dibintangi oleh Ha Jung Woo dan dua-duanya sukses menjadi raja di box office Korea.

Film 1987: WHEN THE DAY COMES diangkat dari kisah nyata Pergerakan Demokrasi Juni, protes massa di Korea Selatan pada 10 - 29 Juni 1987 untuk menggulingkan kepemimpinan Presiden Chun Doo Hwan. Mahasiswa melakukan protes setelah aktivis Park Jong Chul yang ikut dalam demo pro demokrasi melawan pemerintah, disiksa sampai meninggal saat diinterogasi. Pemerintah awalnya ingin menyelesaikan kasus ini, tapi beberapa orang memilih untuk mengungkap fakta sebenarnya.

Kim Yun Seok (yang memakai seragam) sebagai investigator Park © CJ EntertainmentKim Yun Seok (yang memakai seragam) sebagai investigator Park © CJ Entertainment

Investigator Park (Kim Yun Seok) adalah pemburu komunis yang melakukan apa saja kalau melihat ada yang melanggar peraturan, termasuk menggunakan kekerasan dan intimidasi. Dalam deretan peran protagonis ada jaksa Choi Hwan (Ha Jung Woo) yang selalu minta dilakukan otopsi untuk jenazah Park Jong Chul, jurnalis Yoon Sang Sam (Lee Hee Joon) yang berusaha menulis fakta dan menjadikan berita ini sebagai headline, serta penjaga penjara (Yoo Hae Jin) yang menjadi saksi serta memberikan informasi.

Ha Jung Woo, the prosecutor © CJ EntertainmentHa Jung Woo, the prosecutor © CJ Entertainment

Satu-satunya protagonis wanita di sini adalah Yeon Hee (Kim Tae Ri) yang tidak sengaja terlibat dalam pergerakan politik ini gara-gara hubungan romantisnya dengan seorang aktivis. Mereka pun bersatu untuk mengungkap fakta demi Korea yang lebih baik.

Kim Tae Ri sebagai mahasiswa cantik © CJ EntertainmentKim Tae Ri sebagai mahasiswa cantik © CJ Entertainment

Film ini disutradarai oleh Jang Joon Hwan yang sebelumnya menggarap SAVE THE GREEN PLANET! dan HWAYI: THE MONSTER BOY. Oh ya buat menambah fresh mata para penonton wanita, film ini juga didukung sederet cameo ganteng seperti Kang Dong Won dan Yeo Jin Goo.

Film ini mendapat sambutan bagus di box office Korea. Sampai berita ini dibuat sudah ditonton lebih dari 6 juta orang. Dari segi kritik, juga dapat reaksi bagus. Kim Yun Seok pun mendapatkan nominasi Best Actor untuk perannya sebagai Investigator Park di ajang penghargaan Asian Film Awards 2018 yang digelar Maret mendatang.

Buat yang penasaran dengan film ini, 1987: WHEN THE DAY COMES sedang ditayangkan lho di beberapa bioskop Indonesia,. Jangan sampai ketinggalan.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING