KOREA

41 Idola yang Pilih Tinggalkan SM Ent, Sebagian Besar Karena Nggak Cocok Kontrak

Rabu, 12 Juni 2019 07:01 Penulis: Rahmi Safitri

Jaejoong, Tiffany, Kris, Henry Lau © Istimewa

Kapanlagi.com - SM Entertainment dikenal sebagai salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Mereka melahirkan sejumlah idola populer di seluruh dunia dan melahirkan bintang-bintang berbakat baik sebagai penyanyi hingga aktris.

Tapi tentunya sebagai agensi SM punya kekurangan yang membuat para artisnya ada yang memutuskan untuk memutuskan atau tak mau perpanjang kontrak. Inilah 41 artis berbakat yang pernah dibina SM dan memutuskan untuk berkarir di agensi lain. Siapa saja?

 

1. 4 Member H.O.T.

H.O.T. bisa dibilang adalah idola dari generasi pertama yang menciptakan fandom culture dan populer di luar Korea. Dibentuk tahun 1996, mereka sukses besar dan sangat populer pad masanya. Sayangnya tahun 2001, Jang Woo Hyuk, Tony Ahn, dan Lee Jae Won memutuskan keluar dari SM karena tidak sepakat dengan tawaran kontrak. Ketiganya lalu membentuk jtl.

Leader H.O.T., Moon Hee Jun sempat bertahan di SM setelah grupnya bubar. Ia baru keluar dari agensi tersebut di 2003 setelah membentuk agensi sendiri, PS Entertainment. Satu-satunya member H.O.T. yang bertahan sampai sekarang adalah Kangta.

2. S.E.S

S.E.S adalah girlgroup pertama produksi SM yang debut di 1997 dan sukses besar juga kala itu. Sayangnya Bada, Eugene, dan Shoo hanya bertahan lima tahun dan bubar di akhir 2002. Alasannya karena mereka tak setuju dengan SM yang ingin mengontrak ketiganya sebagai individu, bukan grup.

Bada meninggalkan SM untuk bersolo karir di 2003. Eugene setelah itu lebih fokus sebagai aktris tapi sempat sukses sebagai penyanyi solo juga. Shoo bertahan sampai 2006 di SM dan ikut dalam beberapa konser SM Town sebelum meninggalkan agensi.

3. Park Hee Von dan Seo Hyun Jin

Park Hee Von dan Seo Hyun Jin debut dalam girlgroup M.I.L.K. bersama dengan dua member lainnya. Sayangnya grup tersebut bubar di 2003 dan kabar dua member lainnya tidak diketahui dengan jelas sekarang, tapi kemungkinan besar mereka juga sudah meninggalkan SM.

Park Hee Von dan Seo Hyun Jin kini sudah dikenal sebagai aktris. Park Hee Von adalah pemeran ibu Ji Eun Tak di Goblin sedangkan Seo Hyun Jin adalah langganan pemeran utama drama kerena seperti Oh Hae Young Again, Romantic Doctor Kim, hingga The Beauty Inside.

4. 6 Member Shinhwa

SM mendebutkan Shinhwa tahun 1998. Sempat tertatih di awal debut, Eric dkk meraih kesuksesan lewat album kedua setahun kemudian. Mereka memutuskan meninggalkan SM tahun 2003 setelah kontrak habis. Setelah gabung di Good Entertainment, para member mulai aktif dengan karir individual.

Kini Shinhwa sudah punya perusahaan sendiri, Shinhwa Company, sejak 2012. Eric dan Minwoo bertindak sebagai CEO, sedangkan member lainnya punya saham.

5. Fly To The Sky

Fly To The Sky adalah duo bersuara indah yang terdiri dari Hwanhee dan Brian Joo. Dibentuk tahun 1999, mereka meninggalkan SM tahun 2004 setelah kontrak habis. Setelah itu keduanya gabung dengan PFull Entertainment dengan alasan jika gabung dengan agensi lebih kecil mereka bisa lebih fokus dalam bermusik tanpa perlu memperhatikan aspek komersial saja.

6. TRAX

TRAX adalah band yang didebutkan SM pada 2004. Awalnya mereka terdiri dari empat member. Salah satunya adalah Noh Min Woo yang meninggalkan SM tahun 2006 untuk fokus sebagai aktor. Ia sempat melakukan tuntutan kepada SM atas kontrak 17 tahunnya dengan agensi yang dianggap menghambat karir di 2015 dan dinyatakan kalah. 

Setelah Jungwoo meninggalkan SM, TRAX tinggal dua member Jay dan Jungmo. Mereka sempat menjadi tiga orang setelah DJ Ginjo bergabung di 2018. Kini Jay dan Jungmo menyatakan keluar dari SM pada April 2019 setelah kontrak 15 tahun mereka berakhir.

7. JYJ

TVXQ adalah salah satu boyband terbaik dalam sejarah K-Pop. Debut di 2003, mereka bukan cuma sukses besar di Korea tapi juga populer luar biasa di Jepang. Sayangnya, di tengah kesuksesan, Jaejoong, Yoochun dan Junsu memutuskan untuk menuntut SM karena merasa kontrak mereka terlalu panjang.

Sempat dibawa ke jalur hukum, akhirnya TVXQ resmi beraktivitas sebagai duo sejak 2010.

8. Hangeng dan Kim Ki Bum

Akhir 2009, setelah Super Junior meraih kesuksesan dengan single Sorry Sorry, member asal China, Hangeng, memutuskan menuntut SM Entertainment untuk memutuskan kontraknya dan menghentikan aktivitas sebagai member Suju dan Super Junior-M. Sejak saat itu, Hangeng kembali dan beraktivitas di China.

Kim Ki Bum memutuskan untuk vakum dengan aktivitasnya bersama dengan Super Junior di 2019 untuk fokus dengan karirnya di dunia akting. Lama tak terdengar kabar, Ki Bum akhirnya meninggalkan SM pada 2015.

9. Jino

Di tahun 2010, SM membentuk SM The Ballad yang terdiri dari Cho Kyuhyun, Jay, Jonghyun SHINee serta Jino yang kala itu satu-satunya yang belum pernah debut di grup. Nama Jino sempat disebut bakal gabung sebagai member EXO, tapi ternyata sejak itu tak ada kabarnya lagi.

Kini ia adalah member dari boyband PENTAGON yang debut di bawah agensi CUBE Entertainment tahun 2016 dengan nama panggung Jinho dan berposisi sebagai vokalis utama.

10. Kim Isak

SM membentuk duo cantik Isak N Jiyeon tahun 2002 yang hanya bertahan selama 2 tahun. Jiyeon lalu berganti stage nama Lina dan gabung dengan girlband bentukan SM, CSJH di 2004. Sedangkan Isak memilih untuk menjadi aktris hingga DJ radio dan meninggalkan SM pada 2012. Sampai sekarang Isak yang berdarah Jerman ini masih aktif sebagai DJ radio.

11. Tiga Member EXO

Di tengah puncak popularitas EXO, Kris yang kala itu berstatus sebagai leader EXO-M mengajukan tuntutan kepada SM untuk memutus kontraknya pada Mei 2014 dengan alasan kesehatan, tidak adil dalam pembagian profit, tidak merasa bebas, dan merasa diperlakukan seperti barang. Di tahun yang sama pada bulan Oktober, Luhan juga mengajukan tuntutan yang sama dengan alasan kesehatan dan merasa diperlakukan berbeda dengan member EXO lain yang berasal dari Korea.

Setelah absen saat EXO melakukan promosi album EXODUS, Tao juga mengajukan gugatan kepada SM pada Agustus 2016. Ayah Tao menyatakan ingin anaknya anaknya lebih sehat dan mendapat dukungan untuk karir individual.

Kini EXO hanya tinggal 9 member. Sedangkan 3 member yang keluar meraih kesuksesan besar di China.

12. Empat Member SNSD

Tak bisa dipungkiri kalau Girls Generation atau SNSD adalah girlband SM paling sukses dan populer. Sayangnya pada September 2014, Jessica diumumkan keluar dari grup dan SM dengan alasan yang sampai sekarang masih menjadi misteri serta SNSD akan beraktivitas dengan 8 member saja.

Oktober 2017, SM mengumumkan kalau Tiffany, Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan mereka tapi tetap sebagai bagian dari SNSD. Tiffany kini sebagai penyanyi solo sedangkan Seohyun dan Sooyoung fokus di dunia akting.

13. Stephanie

CSJH The Grace adalah girlband SM yang terdiri dari empat member dan debut di 2004. Sayangnya setelah lama vakum, mereka lebih aktif sebagai duo Dana & Sunday. Sedangkan Lina lebih dikenal sebagai bintang musikal.

Stephanie pun memutuskan untuk debut solo sejak 2012. Ia diketahui meninggalkan SM di 2016 dan bergabung dengan Mafia Records.

14. Go Ara

Selain idola K-Pop, SM Entertainment juga punya beberapa aktris cantik. Salah satunya adalah Go Ara yang dikenal lewat kecantikan wajahnya. Sayangnya di awal 2017, ia memutuskan untuk meninggalkan SM yang telah 17 tahun menemaninya. Sejak saat itu, Go Ara menjadi aktris di bawah agensi Artists Company.

15. Zhang Liyin

Selain BoA, SM punya solois bersuara indah yang berasal dari China, Zhang Liyin. Ia juga anggota dari SM The Ballad angkatan kedua di tahun 2014 dan sempat hampir debut bersama SNSD. Lama tak ada kabarnya, Zhang Li Yin memberitahukan lewat media sosial pada Februari 2017 kalau kontraknya bersama SM segera berakhir dan ia memutuskan untuk kembali ke China. Di bulan Agustus 2017, ia tercatat sebagai bagian dari artis di agensi Show City Times.

16. Ji Hansol

Ji Hansol diperkenalkan sebagai bagian dari SM The Rookies pada 2013 dan punya banyak penggemar sejak saat itu. Sempat ikut di acara untuk NCT, Hansol diketahui meninggalkan SM karena diduga tak kunjung debut. Ia ikut serta di The Unit dan debut di grup untuk para pemenang acara tersebut, UNB. Kini Hansol tergabung dalam boyband New Kidd yang resmi debut sejak April 2019 sebagai main dancer.

17. Yiyang dan Herin

Selain trainee cowok, SM The Rookies juga memperkenalkan talenta cewek mereka. Di antaranya adalah Herin dan Yiyang. Herin diperkenalkan sebagai member SM The Rookies pada 2015 dan diketahui meninggalkan agensi tersebut pada 2017, saat ia ikut dalam program Idol School. Sayangnya Herin gagal debut bersama dengan girlband fromis_9, grup bentukan untuk para pemenang di acara Idol School.

Yiyang yang berasal dari China, diperkenalkan sebagai member SM The Rookies pada 2016. Ia diketahui meninggalkan SM pada 2018 setelah mengikuti sebuah program acara di China.

18. Henry Lau

Henry Lau debut sebagai member dari Super Junior-M tahun 2008. Selain sebagai member Suju-M, Henry juga aktif sebagai penyanyi solo, komposer, dan bintang variety show. Ia mengumumkan meninggalkan SM pada April 2018. Sampai sekarang ia masih aktif bermusik, jadi aktor dan lain-lain.


REKOMENDASI
TRENDING