KOREA

5 Idola yang Gagal di Acara Kontes Musik Tapi Malah Raih Kesuksesan di Dunia K-Pop

Rabu, 12 Juni 2019 19:00 Penulis: Rahmi Safitri

Bobby iKON dan Somi © Istimewa

Kapanlagi.com - Kegagalan itu tak selamanya harus disesali. Kadang di balik sebuah kekalahan itu ada hikmah yang justru malah menjadi sumber kebahagiaan dan kesuksesan.

Di Korea, banyak acara kontes musik di mana para trainee saling berkompetisi menunjukkan talenta mereka agar bisa debut dengan para pemenang lainnya. Tentu saja tak semua bisa menang. Seperti halnya keenam idola berikut ini. Mereka sempat gagal tapi tak menyerah dan kini mendapat kesuksesannya.

1. iKON

YG Entertainment pernah membuat program acara WIN: Who is Next. Pesertanya adalah trainee mereka sendiri yang dibagi dalam dua grup yang dulu disebut dengan Tim A dan Tim B. Yang keluar sebagai pemenang adalah Tim A yang kini kita kenal dengan nama WINNER.

Untungnya YG memberi kesempatan pada Tim B yang nggak kalah berbakat dan telah mencuri hati banyak penonton, untuk menunjukkan talenta mereka di acara Mix & Match. Enam member Tim B ditambah dengan Chanwoo kemudian debut dengan nama iKON. Kini siapa coba yang nggak kenal dengan lagu Love Scenario yang hits banget di tahun 2018 lalu?

2. Jeon Somi

Jeon Somi dulu ikut dalam acara Sixteen di mana enam belas trainee cewek JYP Entertainment saling menunjukkan bakat untuk bisa debut. Sayangnya Somi gagal jadi satu dari sembilan pemenang untuk debut bersama TWICE.

Untungnya pesona Somi menarik perhatian banyak penggemar sejak Sixteen. Makanya ketika dia ikut di acara populer Produce 101, wajah dan namanya langsung dielu-elukan. Di akhir acara, ia sukses keluar sebagai kontestan dengan voting tertinggi dan berhak debut serta menjadi center di girlgroup I.O.I.

Kini Somi sudah meninggalkan JYP dan bergabung dengan The Black Label, salah satu sub agensi YG Entertainment. Sebentar lagi ia pun siap untuk merilis debut solonya yang sudah ditunggu banyak penggemar.

3. Samuel Kim

Samuel Kim dikenal sejak menjadi trainee di Pledis Entertainment dan hampir menjadi bagian dari member SEVENTEEN, tapi dia memutuskan untuk keluar. Samuel lalu membentuk duo 1Punch bersama dengan rapper One, tapi tak bertahan lama.

Di 2017, ia bergabung dalam acara Produce 101 Season 2 dan meraih popularitas tinggi. Sayangnya ia gagal masuk 11 besar dan tak debut bersama Wanna One. Namun berkat popularitas sejak Produce 101, ia kini mantap bersolo karir dan mendapat dukungan dari fans setia.

4. Soyeon (G)-IDLE

(G)-IDLE adalah salah satu grup rookie terbaik di 2018. Mereka sukses mencuri hati fans K-Pop lewat lagu Latata dan Hann. Salah satu personelnya yang menonjol adalah Soyeon.

Soyeon adalah semifinalis di acara Unpretty Rapstar dan juga ikut Produce 101 namun gagal jadi 11 pemenang untuk debut dengan I.O.I. Tapi kini, Soyeon sudah sukses sebagai leader dan rapper utama di (G)-IDLE.

 

5. Hongseok PENTAGON

Hongseok ikut dalam reality show Mix & Match yang dibuat YG Entertainment untuk Tim B yang gagal di WIN: Who is Next. Sayangnya ia gagal masuk lineup terakhir untuk debut bersama iKON. Tapi rezeki tak ke mana, Hongseok lalu punya kesempatan debut bersama boyband PENTAGON di 2016 yang kini menjadi salah satu grup paling diperhitungkan.


REKOMENDASI
TRENDING