KOREA

5 Perjuangan Coldplay Ketemu BTS Demi Kolaborasi Lagu 'My Universe'

Sabtu, 25 September 2021 20:30 Penulis: Iwan Tantomi

Credit via Twitter.com/coldplay

Kapanlagi.com - Coldplay baru saja merilis lagu terbaru bersama BTS berjudul My Universe. Lagu yang dirilis pada 24 September 2021 tersebut, merupakan single kedua Coldplay di album terbaru Music of the Spheres.

Berbeda dengan single pertama Higher Power di album tersebut, My Universe yang berkolaborasi dengan BTS ini hadir secara bilingual. Selain dalam bahasa Inggris, liriknya juga ditulis dalam bahasa Korea.

Baik Coldplay maupun BTS terlibat langsung dalam proses produksi My Universe. Namun, jauh sebelum lagu ini dirilis, Coldplay khususnya Chris Martin harus berjuang keras demi bisa bertemu BTS.

Kepada Zane Lowe dari Apple Music 1, Chris Martin buka-bukaan perjuangannya berkolaborasi dengan BTS dalam interview spesial untuk konten New Music Daily di platform musik tersebut. Seperti apa?

1. Ide Awal Kolaborasi dengan BTS

Chris Martin mengungkapkan jika lagu ini munculnya dari sepatah kata cinta. "Lalu, dalam pikiran saya teringat BTS, yang selalu bermimpi dapat dibuatkan lagu oleh Coldplay suatu hari nanti," ungkap Chris.

Seketika itu kata 'My Universe' muncul dalam pikiran Chris Martin. "Oh ini judul yang keren," sambung Chris Martin menceritakan isi pikirannya kala itu.

2. Lagu untuk BTS

Chris Martin kemudian berkonsultasi dengan Bill Rahko, produser yang sering membuat lagu Coldplay, hingga akhirnya bagian chorus My Universe mulai tercipta.

Setelah itu Chris kembali ke studio dan mulai menyanyikan bagian chorus My Universe dan merasa lagu tersebut sangat bagus.

"Saya kemudian memanggil Phil, anggota kelima kami, dan Max Martin, lalu bilang ke mereka, 'Sepertinya kita dapat lagu yang bisa diberikan ke BTS'," jelas Chris. 

Tanpa diduga Chris Martin mendapatkan respon positif dari rekannya. "Apa lagi yang harus ditunggu, langsung saja berikan ke BTS," ungkap Chris menirukan respon Phil dan Max.

3. Mulai Komunikasi dengan BTS

Komunikasi pun mulai dilakukan oleh Coldplay dengan manajemen BTS, Big Hit Music/HYBE. Namun, alih-alih menerima dengan siap dari musisi yang sangat dikagumi, BTS justru meminta Coldplay ikut bernyanyi bersama dalam lagu My Universe.

Coldplay akhirnya sepakat dengan ide kolaborasi ini, karena BTS datang dari negara, ras, bahasa, hingga generasi berbeda dengan mereka. Hal inilah yang kemudian melahirkan lirik 'Come on, hold my hand. We can't be together because we come from different sides.'

4. Terbang Ke Korea

Tak puas hanya komunikasi via online, Chris Martin memutuskan terbang ke Korea secara diam-diam pada April 2021. Namun, pandemi yang terjadi membuat Chris harus karantina mandiri dulu beberapa hari, sebelum ketemu BTS di Korea.

"Selama beberapa hari aku di kamar hotel sendiri, bingung harus ngapain, pun tak paham dengan bahasa orang-orang sekitar. Tapi, aku tetap menyemangati diri, agar bisa ketemu BTS," ungkap Chris Martin.

Setelah masa karantina selesai, Chris kemudian dijemput staf khusus HYBE, sembari diminta menggunakan hoodie bertuliskan 'BTS CREW' demi alasan privasi dan terhindar dari sorotan media.

5. Biar Berlika-liku Tapi Jadi Kolaborasi Seru

Di akhir interview Chris Martin mengungkapkan jika kolaborasi dengan BTS sangat seru, kendati harus melalui beragam lika-liku.

"Aku mengagumi BTS, Coldplay kagum pada BTS, dan ini jadi kolaborasi seru bagi kami. Sesekali kami bercanda, tetapi saat bicara tentang musik, kamu langsung serius. Jadi, prosesnya sangat menyenangkan," ungkap Chris Martin.

Ia kemudian menambahkan, "Tanpa malu sedikit pun, saya sangat bangga dan berterima kasih akan kolaborasi ini, baik kepada orang yang menginspirasi lagu ini maupun kepada BTS yang mau bernyanyi bersama kami."

Sebagai bentuk penghargaan satu sama lain atas kolaborasi ini, BTS menghadiahkan Hanbok khusus ke Coldplay, sementara Chris Martin menghadiahkan gitar favoritnya ke BTS.

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING