KOREA

7 Drama Korea Jadul Bikin Anak 90-an Nostalgia, 'FULL HOUSE' - 'KING OF BAKING, KIM TAKGU'

Rabu, 20 Mei 2020 08:22 Penulis: Dhia Amira

YOU ARE BEAUTIFUL, KING OF BAKING, BRILLIAN LEGACY (credit: id.wikipedia.org)

Kapanlagi.com - Bila kalian anak lahiran tahun 90-an dan sudah menyukai drama Korea sejak SMP atau SMA, maka kalian akan tahu di pada tahun 2008 atau 2009 sudah mulai banyak drama Korea yang masuk ke Indonesia. Bahkan drama tersebut ada yang sangat melegenda serta tak akan bisa terlupakan tentunya.

Walaupun saat ini drama Korea telah banyak dan menjamur di Indonesia, namun tetap saja masih tetap menarik perhatian untuk selalu menontonnya. Namun sekarang, drama Korea sudah jarang yang tayang di televisi Indonesia, tapi tak perlu khawatir karena banyak aplikasi yang dapat dikunjungi untuk menonton drama Korea.

Dengan kecanggihan di zaman sekarang, memang kita pun dimudahkan untuk menonton berbagai drama Korea. Berbeda dengan dulu, kalian harus membeli kaset, datang ke warnet, atau menunggu tayang di televisi Indonesia.

Tak heran jika melihat pengalaman itu, tentu berbagai judul drama Korea di tahun itu begitu sangat berkesan. Untuk itulah, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 drama Korea jadul yang bikin kalian bernostalgia bila melihatnya.

 

1. FULL HOUSE (2004)

Mulai dari FULL HOUSE, yang merupakan drama Korea pada tahun 2004. FULL HOUSE sendiri sudah pernah tayang beberapa kali di Indonesia, dan mulai tayang kembali pada tahun 2009 yang juga membuka drama Korea untuk masuk ke Indonesia.

Drama yang diperankan oleh aktor tampan Rain dan aktris cantik Song Hye Kyo ini telah banyak mendapatkan penghargaan. Dan penghargaan tersebut antara lain, Top Excellence Award untuk aktor dan juga aktris, lalu Popularity Award untuk aktor dan aktris, serta pasangan terbaik untuk pemeran utama Rain dan juga Song Hye Kyo.

Drama bergenre komedi romantis ini menceritakan tentang, perkawinan kontrak antara seorang aktris terkenal bernama Young Jae yang diperankan aktor tampan Rain dan seorang penulis naskah Han Ji Eun yang diperankan oleh aktris cantik Song Hye Kyo sekaligus pemilik rumah benama Full House. Rumah ini merupakan rumah minimalis yang berada di dekat laut, dan merupakan warisan satu-satunya dari orang tua Han Ji Eun. Lalu rumah tersebut dijual oleh sahabatnya yang sudah berteman sejak SMA. Dan dibeli oleh Young Jae.

Drama ini menyuguhkan kisah cinta yang sangat kocak antara Han Ji Eun dan juga Young Jae. Sama-sama memiliki harga diri tinggi membuat dua orang ini sulit menunjukkan cinta mereka yang pada akhirnya menjadi sebuah kesalahpahaman. Tentu saja saling balas dendam dengan cara yang lucu membuat drama ini sangat bagus untuk ditonton. Ditayangkan pada musim panas dan memiliki alur cerita sederhana membuat drama ini menjadi salah satu drama populer sepanjang sejarah.

2. COFFEE PRINCE (2007)

Drama Korea selanjutnya yaitu datang dari drama COFFEE PRINCE yang juga membuat nama dari aktris cantik Yoon Eun Hye terkenal. Drama yang dirilis pada tahun 2007 ini juga pernah mengisi layar kaca televisi Indonesia dan menjadi salah satu favorit dari para penonton. COFFEE PRINCE juga menjadi drama dengan rating yang sangat tinggi di Korea Selatan, dengan perolehan total sebesar 25,6% dan menjadi drama sukses pada tahun 2007.

Drama yang diperankan oleh aktris cantik Yoon Eun Hye dan Gong Yo ini menceritakan tentang seorang perempuan miskin bernama Go Eun Chan yang harus berjuang keras pada kehidupan dan bekerja serabutan. Lalu ia bertemu dengan Choi Han Gyul diperankan oleh Gong Yo yang merupakan pria tampan, kaya raya, dan didesak oleh keluarga untuk menikah. Pertemuan mereka membuat Go Eun Chan diterima bekerja di coffee shop milik Choi Han Gyul, yang menjadi kisah awal mereka berdua di dalam drama.

3. BOYS BEFORE FLOWERS (2009)

Lalu ada drama Korea jadul selanjutnya berjudul BOYS BEFORE FLOWERS, atau sering dikenal dengan nama BBF. Drama ini merupakan drama sukses pada tahun 2009 dan menjadi salah satu drama yang mengangkat nama aktor Korea Selatan Lee Min Hoo di dunia Internasional.

Tak hanya tayang di Indonesia saja, BOYS BEFORE FLOWERS juga tayang di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, dan beberapa negara Latin lainnya. Drama ini merupakan drama yang sudah diadaptasi oleh beberapa negara, dan negara pertama yaitu Jepang. Drama ini mengambil kisah dari sebuah komik berjudul Meteor Garden.

Bila kalian tahu tentang drama Taiwan berjudul METEOR GARDEN, maka drama BOYS BEFORE FLOWERS merupakan drama yang sama. Hanya saja untuk versi drama Taiwan, bercerita tentang para murid kuliah. Untuk versi asli komik, drama Jepang, dan juga drama Korea tetap berlatar belakang tentang cerita anak SMA.

Drama BOYS BEFORE FLOWERS menceritakan tentang seorang gadis bernama Geum Jan Di yang diperankan oleh Goo Hye Sun yang merupakan gadis dari keluarga miskin dan tak memiliki apa-apa. Lalu ia diterima di sekolah terkenal dan elit bernama Shin Hwa. Kemudian Geun Jan Di bertemu dengan para pria tampan yang menyebut mereka F4 (F Four) dengan diketuai oleh Gu Jun Pyo yang diperankan oleh Lee Min Hoo.

Gu Jun Pyo merupakan anak orang kaya sekaligus pemilik sekolah tersebut yang sangat menyukai Geum Jan Di. Tentu dari sinilah kisah mereka dimulai, dari pertentangan orang tua Gu Jun Pyo dan juga masalah percintaan yang cukup rumit yang tak seharusnya di alami oleh anak SMA. Tetapi tentu saja drama ini menjadi sebuah drama penyempurna dari semua drama yang dibuat dari komik Meteor Garden.

4. BRILLIAN LEGACY (2009)

Lalu drama Korea Jadul berikutnya yaitu BRILLIAN LEGACY pada tahun 2009, drama ini muncul setelah beberapa bulan drama BOYS BEFORE FLOWERS selesai tayang. Drama yang diperankan oleh aktris cantik Han Hyo Joo dan aktor tampan Lee Seung Gi ini merupakan salah satu drama romansa dan juga keluarga yang pernah tayang di stasiun televisi Indonesia.

Drama ini mengisahkan tentang seorang wanita yang merupakan anak orang kaya bernama Go Eun Sung diperankan oleh Han Hyo Joo, tiba-tiba hidup sengsara setelah ayah kandungnya meninggal dan ibu tiri serta saudara tirinya mengusir dirinya serta adik laki-lakinya yang berkebutuhan khusus keluar dari rumah.

Lalu Go Eun Sung juga bertemu dengan laki-laki bernama Sun Woo Hwan yang diperankan oleh aktor Lee Seung Gi ditempat di mana ia bekerja. tentu saja tempat kerjanya tersebut merupakan usaha keluarga milik Sun Woo Hwan. Dari sini lah kisah mereka dimulai, perkelahian antara mereka berdua tentunya akan menjadi benih-benih cinta yang timbul antara kedua pasangan ini.

5. YOU'RE BEAUTIFUL (2009)

Masih pada drama Korea jadul pada tahun 2009 yang berjudul YOU'RE BEAUTIFUL. Drama ini juga merupakan salah satu drama yang populer di Indonesia pada saat penayangannya. Drama YOU'RE BEAUTIFUL berkisah tentang seorang pria bernama Go Mi Nam yang ingin masuk dalam sebuah band, tetapi menghilang karena harus melakukan operasi. Lalu saudara kembar perempuannya yang beranama Go Mi Nyeo yang diperankan oleh Park Shin Hye membantunya dan menggantikan sementara sebagai seorang laki-laki, sekaligus untuk mencari tahu tentang keberadaan ibu kandungnya. Setelah Go Mi Nyeo masuk menjadi salah satu anggota band bernama A.N.Jell, ia berteman dengan 3 orang laki-laki yang merupakan anggota band tersebut.

Dan 3 orang laki-laki itu bernama Hwang Tae Kyung yang diperankan oleh aktor sekaligus penyanyi tampan Jang Geun Suk, lalu Jeremy yang diperankan oleh penyanyi Lee Hong Gi dari FT. Island, serta Kang Shin Woo yang diperankan oleh penyanyi Jung Yong Hwa. Dan dari sinilah cerita mereka berempat menjadi sebuah band di mulai, cerita yang menyuguhkan romansa, komedi, dan musikal ini tentu saja membuat kalian tak akan bosan untuk menontonnya.

6. DONG YI (2010)

Selain drama musikal, komedi, dan romansa, ada juga loh drama Korea jadul yang bertema kerajaan dan cukup terkenal saat itu di Indonesia, yaitu drama Korea DONG YI. Drama ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Dong Yi yang merupakan anak seorang pemberontak pada masa pemerintah kerajaan Sukjong ke -19 diperankan oleh aktor Ji Jin Hee.

Dalam cerita, semua keluarga Dong Yi terbunuh atas tuduhan pemberontakan terhadap raja dan membuat Dong Yi harus tinggal seorang diri. Dong Yi juga diurus oleh seorang wanita penghibur saat ia masih kecil dan dipekerjakan di istana kerajaan sebagai pembantu dalam departemen musik kerajaan. Setelah ia dewasa, Dong Yi yang diperankan oleh Han Hyo Joo naik pangkat sebagai dayang wanita yang membantu urusan dapur kerajaan, hal tersebut karena ia membantu salah seorang dayang yang diperankan oleh Lee So Yeon yang fitnah karena memiliki hubungan dekat dengan raja saat itu.

Dong Yi juga sangat disukai oleh ratu Inhyeon yang diperankan Park Ha Sun. Dan juga ia disukai oleh sang raja, yang kemudian membuat Dong Yi menjadi seorang selir raja dengan pangkat Suk Bin di kerajaan. Ia juga memiliki anak laki-laki, dan akan menjadi raja Joseon ke-21 dengan gelar Yeongjo.

Drama kerajaan DONG YI memiliki cerita yang sangat menarik, karena akan mengungkap banyak masalah yang terjadi. Serta karakter Dong Yi yang sangat pintar akan menegakkan keadilan dalam kerajaan tersebut yang akan menghancurkan sang raja dan juga sang ratu akibat perebutan takhta untuk menjadi seorang ratu dari raja Sukjong. Drama Korea DONG YI mendapatkan rating hingga 30% di Korea Selatan dan menjadi salah satu drama favorit kerajaan saat itu. Tak hanya itu saja, drama ini juga dianugerahi berbagai penghargaan, termasuk penghargaan Daesang di MBC Drama Awards.

7. KING OF BAKING, KIM TAKGU (2010)

Dan drama Korea jadul yang terakhir yaitu drama keluarga yang berjudul KING OF BAKING, KIM TAKGU. Drama ini berkisah tentang anak bernama Kim Takgu yang diperankan oleh aktor tampan Yoon Si Yoon, yang merupakan anak di luar nikah Presiden Direktur perusahaan roti Geosung. Meskipun demikian, ia diangkat menjadi pewaris ayahnya karena kemampuannya yang mengagumkan dalam membuat roti. Tetapi masalah kemudian datang, karena hak waris tersebut akan direbut oleh anak dari istri sah ayahnya dan juga saudara-lain dari ibunya. Mereka berkonspirasi untuk menyingkirkan Takgu dari hak waris perusahaan roti Geosung. Tetapi meski begitu, Kim Takgu tak menyerah dan ingin mempertahankan apa yang sudah ayahnya berikan.

Tak hanya itu saja, dalam drama KING OF BAKING, KIM TAKGU ini ada juga terselip masalah percintaan. Di mana ia terperangkap di antara dua wanita, yaitu cinta pertamanya yang mengkhianatinya demi kepentingan pribadi dan wanita lain yang terus berada di sisinya melalui semua cobaan hidup. Yang tentu saja membuat drama ini memiliki banyak intrik serta masalah yang cukup rumit.

Nah itulah 7 drama Korea jadul yang bisa bikin kalian kembali bernostalgia. Tak hanya memiliki cerita yang bagus, tetapi drama ini juga tidak akan membuat bosan walaupun sudah berulang kali menontonnya. Jadi yang mana nih favorit para KLovers?

 

REKOMENDASI
 
TRENDING