KOREA

7 Drama Korea Terbaru Bertema Sekolah, Bikin Baper dan Kangen Masa SMA!

Jum'at, 15 Mei 2020 18:22 Penulis: Dhia Amira

Itaewon Class, Moment at Eighteen (credit: twitter.com/jtbclove; instagram.com/jtbcdrama)

Kapanlagi.com - Saat ini banyak sekali drama Korea yang disuguhkan ke layar kaca dan tentunya cerita yang diberikan pun berbeda-beda. Ada drama yang menceritakan kisah keluarga, detektif, komedi, kisah cinta di kantor, hingga drama tentang sekolah yang tak luput dari tontonan.

Ngomongin soal cerita dalam drama Korea, ternyata cerita drama Korea bertema sekolah tetap menjadi incaran para penggemar drama Korea di Indonesia loh, walaupun penontonnya dari berbagai jenis umur. Drama Korea bertema sekolah biasanya menceritakan tentang aktivitas kegiatan bersekolah anak SMA yang memiliki cerita hidup unik.

Bahkan bisa menjadi cerita yang cukup serius loh untuk seorang anak SMA. Tetapi itulah yang membuat drama tersebut unik. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 drama korea bertema sekolah yang mungkin akan menjadi salah satu referensi drama Korea yang wajib kamu tonton.

 

1. CLASS OF LIES (2019)

Drama Korea bertema sekolah yang pertama yaitu ada CLASS OF LIES. Drama ini bukan lah sebuah drama tentang cerita cinta anak SMA, drama CLASS OF LIES menceritakan tentang tindakan kriminal yang dilakukan oleh siswa SMA dengan sudut pandang pertama seorang pengacara sukses bernama Gi Moo Hyeok yang diperankan oleh aktor Yoon Kyun Sang yang akan berpura-pura menjadi seorang guru untuk mencari tahu tentang pembunuhan yang terjadi di sekolah tersebut.

Drama ini cukup menegangkan karena ada adegan seperti detektif, di mana sang pengacara berusaha membongkar dan mencari tahu perkara pembunuhan yang terjadi di sekolah tersebut. Drama ini tayang pada 17 Juni hingga 5 September 2019 dengan jumlah episode sebanyak 16 episode dalam durasi 60 menit untuk satu episodenya. CLASS OF LIES juga memiliki nilai rating rata-rata sebesar 3,5% pada penayangannya.

2. SCHOOL 2019: BEST MISTAKE (2019)

Drama Korea bertema sekolah yang selanjutnya berjudul SCHOOL 2019: BEST MISTAKE. Sama seperti judulnya, SCHOOL 2019: BEST MISTAKE menceritakan tentang seorang murid wanita di sebuah sekolah, di mana murid wanita ini tak sengaja mengaku hingga mengunggah sebuah foto profil pria ganteng yang ternyata teman sekolahnya yang populer. Dan tentu saja lika-liku kehidupan cinta ala anak SMA juga ikut hadir dalam drama ini. Drama SCHOOL 2019: BEST MISTAKE ini memiliki 16 episode dengan tanggal penayangan pada 25 juli 2019 hingga 13 September 2019.

Tentu saja drama ini juga dihiasi dengan banyak pemain baru seperti aktor ganteng Kang Yul, aktris cantik pendatang baru Lee Eun Jae, Kemudian ada Eom Se Ung, Yoon Jun Won, Choe Chan Yi, Joo Hyun Young dan Kim So Yeon. Sama seperti drama SCHOOL lainnya yang selalu mendapat rating tinggi, drama SCHOOL 2019: BEST MISTAKE juga memiliki penonton yang cukup banyak bahkan kembali pencuri perhatian para penonton sama seperti drama SCHOOL lainnya. Begitu suksesnya drama SCHOOL 2019: BEST MISTAKE sampai membuat season 2 pada tahun 2020 ini. Gimana Udah ada yang nonton belum KLovers?

3. MOMENT AT EIGHTEEN (2019)

Lalu drama Korea bertema sekolah selanjutnya yaitu ada MOMENT AT EIGHTEEN pada tahun 2019. Drama ini mengisahkan tentang kisah para remaja SMA yang mengalami banyak masalah di kehidupan SMA mereka, dan pada akhirnya mereka bersama-sama menjalani hidup dengan maksimal dan membuat keputusan yang mengubah hidup mereka. Tentu film ini sangat bagus untuk ditonton, karena akan mengingatkan kita pada masa-masa SMA yang memiliki banyak konflik percintaan dan kehidupan. Drama MOMENT AT EIGHTEEN diperankan oleh Kim Hyang gi, Shin Seong Ho, dan Ong Seong Wu yang merupakan mantan grup dari Wanna One.

Drama ini berjumlah 16 episode dengan durasi waktu 70 menit untuk setiap episodenya. MOMENT AT EIGHTEEN dirilis pada 22 juli 2019 hingga 10 september 2019. Dan mendapatkan rating rata-rata sebesar 4,1% untuk di Korea Selatan dan 3,4% untuk rating nasional.

4. LOVE ALARM (2019)

Kembali dengan drama Korea bertema sekolah yang mengambil genre cinta dengan judul LOVE ALARM pada tahun 2019. Drama ini mengisahkan tentang teknologi kacau yang memungkinkan pengguna menemukan cinta melalui aplikasi, dengan memberi tahu apakah seseorang di sekitar radius 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Drama LOVE ALARM diperankan oleh aktris cantik yang selalu main dalam drama Korea sejak kecil yaitu Kim So Hyun, lalu ada Song Kang dan juga Jung Ga Ram.

Drama LOVE ALARM memiliki jumlah episode sebanyak 8 episode, dengan durasi 42 hingga 56 menit untuk satu episodenya. LOVE ALARM memiliki jumlah penonton yang cukup besar, itu terbukti dengan adanya season 2 pada tahun 2020 ini. Penayangan LOVE ALARM dimulai pada 22 Agustus 2019 hingga 2020 saat ini.

5. EXTRAORDINARY YOU (2019)

Drama Korea bertema sekolah yang selanjutnya EXTRAORDINARY YOU. Drama ini merupakan drama garapan Webtoon yang sama seperti LOVE ALARM dan masuk dalam drama bertema sekolah pada tahun 2019. Drama EXTRAORDINARY YOU mengisahkan tentang seorang gadis bernama Eun Dan-oh yang diperankan oleh aktris cantik Kim Hye-yoon. Ia bersekolah di sebuah akademi bergengsi dan mengetahui bahwa semua orang di sekolahnya sebenarnya adalah sebuah karakter termasuk juga dengan dirinya. Tidak puas dengan takdir tersebut, ia memutuskan untuk membuat takdirnya sendiri dengan mencoba menentang alur cerita yang ada dan menemukan cinta sejati.

Drama EXTRAORDINARY YOU memiliki jumlah episode yang cukup banyak, yaitu 32 episode dengan durasi satu episodenya 35 menit. Drama ini memiliki rating nasional sebesar 3,2% dan tayang pada 2 Oktober hingga 21 November 2019.

6. ITAEWON CLASS (2020)

Sudah dengan drama tahun 2019, kali ini kita akan masuk pada drama Korea bertema sekolah pada tahun 2020. Dan kali ini ada drama yang sangat populer pada tahun 2020 yaitu ITAEWON CLASS, drama ini menceritakan tentang mantan terpidana Park Sae-roy yang diperankan oleh aktor tampan Park Seo Joon yang memiliki kehidupan terpuruk setelah ia dikeluarkan dari sekolah karena meninju seorang pembully. Dan pada akhirnya ia membuka sebuah restoran bernama DanBam di Itaewon untuk mengembalikan kembali kehidupannya yang telah hancur.

Drama ini masuk dalam drama tersukses di Korea Selatan dengan rating tinggi sebesar 16,5%. Bukan hanya itu saja drama ini menjadi drama tinggi kedua di stasiun televisi JTBC, dan menjadi drama peringkat tertinggi keenam dalam sejarah televisi kabel Korea Selatan. Drama ITAEWON CLASS memiliki 16 episode dengan durasi 70 menit di setiap episodenya, drama ini di tayangkan pada 31 Januari sampai dengan 21 Maret 2020 di stasiun televisi JTBC.

7. HOW TO BUY A FRIEND (2020)

Dan drama Korea bertema sekolah yang terakhir yaitu drama dengan judul HOW TO BUY A FRIEND pada tahun 2020. Drama ini menceritakan tentang dua siswa yang memiliki kehidupan yang berbeda, yang satu memiliki hidup biasa dengan gemar menulis sebuah puisi dan satu lagu merupakan siswa yang gemar dengan perkelahian. Drama HOW TO BUY A FRIEND ini di angkat dari sebuah cerita Webtoon dengan judul Contract Friendship karya Kwon Laad. Yang diperankan oleh Lee Shin-young, Shin Seung-ho, dan Kim So-hye yang merupakan mantan dari salah satu anggota Produce 101.

Drama HOW TO BUY A FRIEND ditayangkan pada 6 April hingga 14 April 2020 di KBS2, dengan rating hanya 2,0% saja. Tetapi walaupun begitu, banyak yang telah menonton drama ini berkata bahwa drama HOW TO BUY A FRIEND memiliki cerita persahabatan yang sangat bagus.

Itulah 7 drama Korea bertema sekolah terbaru yang bisa kalian tonton, atau dapat menjadi referensi tontonan kalian selanjutnya pada liburan saat ini. Dan tentu saja drama bertema sekolah ini bisa mengingatkan kalian pada masa-masa sekolah di SMA, serta mengenang kembali tentang cinta ala SMA yang mungkin pernah dirasakan oleh para KLovers di rumah.


REKOMENDASI
TRENDING