KOREA

8 Sub Unit Bentukan SM Entertainment yang Layak Dinanti Comebacknya, Siapa Nih yang Genre Musiknya Kamu Banget?

Selasa, 11 Agustus 2020 14:40

SuperM © Instagram/superm - Irene & Seulgi Red Velvet © SM

Kapanlagi.com - SM Entertainment memang dikenal cukup sering membentuk grup project atau sub unit dari boyband atau girlband asuhan mereka. Tak jarang, sub unit yang dibentuknya dapat sukses dan diminati oleh para pecinta K-Pop. Dengan menonjolkan konsep yang selalu unik dan berbeda dari yang lain, SM sanggup membentuk sub unit yang membuat siapapun terkesan dengan ide cemerlang agensi besar itu.

Penasaran dengan sub unit bentukan SM Entertainment? Mari lihat daftarnya di bawah ini!

1. Super Junior KRY

Super Junior KRY adalah sub unit resmi pertama dari boyband Super Junior. Grup yang terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung ini terbentuk sejak tahun 2006 silam. Sering merilis lagu ballad, 3 member Super Junior KRY semuanya merupakan vokalis utama dari Super Junior lho.

2. Super Junior D&E

Masih dari boyband yang sama, Super junior kembali membentuk sub unit baru yakni Super Junior D&E. Berbeda dengan KRY, D&E lebih condong ke musik pop yang energik dan up beat. Beranggotakan Donghae dan Eunhyuk, sub unit ini telah debut sejak tahun 2011.

3. Girl's Generation Oh!GG

Setelah beberapa anggotanya tidak memperpanjang kontrak dengan SM, Girl's Generation atau SNSD membuat sub unit baru yang bernama Girl's Generation Oh!GG. Grup muncul pada tahun 2018 dan beranggotakan 5 member yakni Yuri, Yoona, Hyoyeon, Sunny, dan Taeyeon. Mereka secara resmi debut pada bulan September 2018 dengan single Lil' Touch.

4. EXO CBX

EXO CBX terdiri dari 3 vokalis utama boyband EXO yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin. Sub unit pertama EXO ini debut pada tahun 2016 dengan mini album yang berjudul HEY MAMA!. Saking suksesnya, grup ini sempat melangsungkan konser di Jepang yang bertajuk EXO-CBX MAGICAL CIRCUS 2019.

5. EXO-SC

Setelah CBX, EXO meluncurkan sub unit lainnya yang bernama EXO-SC. Grup ini terdiri dari dua rapper EXO yakni, Sehun dan Chanyeol. Baru saja comeback, EXO-SC semakin dicintai para penggemarnya karena lagu-lagu mereka yang funky dan visual membernya yang memesona.

6. NCT U, NCT 127, dan NCT Dream

Untuk para NCTzen, memang bukan rahasia lagi kalau NCT merupakan proyek besar SM entertainment. Saat ini NCT sendiri mempunyai 3 sub unit yakni NCT U, NCT 127, dan NCT Dream. NCT U merupakan sub unit pertama yang memiliki konsep di mana membernya dapat bertukar-tukar sesuai dengan lagu yang akan dibawakan. Berbeda dengan NCT U, NCT 127 merupakan sub unit dengan member tetap yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Terakhir, NCT Dream merupakan sub unit NCT yang awalnya terdiri dari member-member yang masih berusia di bawah 20 tahun. Namun di tahun 2020 ini SM Entertainment mengumumkan jika unit NCT Dream resmi memiliki 7 member, yakni Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

7. SuperM

Sempat mengejutkan publik di tahun 2019, SM meluncurkan sub unit baru yang terdiri dari 7 member boyband asuhannya yakni Taemin dari SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT, serta Ten dan Lucas WayV. Masuk ke pasar barat, grup tersebut lebih difokuskan untuk melakukan promosi di Amerika Serikat. Terdiri dari idol-idol yang terkenal, SuperM dijuluki sebagai grup Avengers dari SM Entertainment.

8. Red Velvet Irene & Seulgi

Yang terbaru, SM meluncurkan sub unit pertama dari Red Velvet yakni Red Velvet Irene & Seulgi. Seperti namanya, sub unit ini merupakan grup duo yang beranggotakan Irene dan Seulgi Red Velvet. Keduanya resmi debut pada Juli 2020 dengan single bertajuk Monster.

Ternyata banyak juga ya sub unit bentukan SM Entertainment. Siapa nih favoritmu?

Ditulis oleh: Ghariza Fathia


REKOMENDASI
TRENDING