KOREA

Anak Dirawat Karena Sakit Kuning, Kartika Putri Menyalahkan Diri Sendiri

Minggu, 27 Oktober 2019 23:15 Penulis: Rahmi Safitri

Kartika Putri dan Habib (credit: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya sedang dilanda gundah. Putri mereka yang baru berusia beberapa hari, Khalisa, kini harus dirawat di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Brawijaya, Jakarta Selatan, Minggu (27/10/2019). Si bayi cantik itu harus menjalani perawatan karena penyakit kuning.

Menurut Habib, sejak Rabu lalu dan ketika dibawa ke dokter dua hari kemudian, si baby dinyatakan harus periksa darah membuat Kartika Putri menangis tak tega. Makin kaget setelah hasil tes menyebutkan bilirubin-nya bayi mereka mencapai 17 padahal maksimal 12.

"Yang aku bingung; pastinya nyalahin diri sendiri. Apa pas hamil kurang vitamin atau apa, udah usaha semaksimal mungkin pas hamil. Aku pribadi, merasa bayinya kuning pas dari lahir. Pada nanya sama sekeliling, 'Ah nggak apa apa normal'. Terus katanya pas bayi kuning, bilirubinnya tinggi, males susu. Tidur aja. Tapi kalau Khalisa tuh, bagus, susunya bagus. Check up juga check up biasa saja, kan lahirannya di rumah," kata Kartika yang tak tega melihat putrinya kini berada di dalam inkubator.

1. Nyalahin Diri Sendiri

Saat menjalani konferensi pers, Khalisa masih di inkubator dengan kondisi bagus seperti minum susu dan buang air lancar. Bukan cuma sekedar penyakit kuning, anak wanita yang biasa disapa Karput ini juga mengalami alergi terhadap sinar inkubator sehingga matanya harus ditutup.

"Masih kurang tahu sih soal billirubin itu kenapa karena kalau nanya ke orang suka normal kok bayi yang baru lahir. Karena mungkin aku baru ngurus sendiri juga kayak banyak nyalahin diri sendiri. Artis lain juga yang punya anak, banyak yang nge-DM nenangin juga jadi alhamdulillah. Alhamdulillah juga gak sampe diinfus, Alhamdulillah juga gak ada pake oksigen. Akunya gak bisa tidur kayak malah kepikiran. Sedih," kata Kartika.

2. Masih Kaget dengan Semua Ini

Bagi Kartika ini adalah pembelajaran banginya agar lebi aware. Besok (Senin, 28/10/2019), Khalisa akan cek lengkap dan membuat sang ibu makin deg-degan. Semua ini membuat Kartika yang belum pulih banget jadi semakin kaget.

"Meskipun akunya kondisinya belum pulih banget aku gak ngerasa gimana-gimana karena aku ngeliat bayinya sehat. Trus tiba-tiba baru banget berapa jam ngomong, 'Aduh gak pa-pa deh aku sakit yang penting bayinya sehat', sambil nunggu hasilnya keluar di rumah sakit. Tiba-tiba hasilnya keluar disuruh rawat inap lah inilah. Jadinya kaget," ungkap Kartika.

 


REKOMENDASI
TRENDING