KOREA

Bawakan Salah Satu Koreografi BTS, Tiga Tentara Korea Utara Ditahan dan Dijatuhi Hukuman

Kamis, 13 Agustus 2020 10:00 Penulis: Renisya Satya Putri

BTS © FILA

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, tiga tentara Korea Utara berusia 20-an dikabarkan ditangkap karena terpengaruh Korea Selatan. Mereka ditangkap saat sedang dalam perjalanan ke Gunung Baekdu dengan tentara Korea Utara. Saat ini, ketiganya sedang menunggu hukuman mereka atas kejahatan menarikan koreografi Blood, Sweat, and Tears yang dipopulerkan oleh BTS.

Berdasarkan narasumber di outlet berita DailyNK, insiden ini terjadi di Stasiun Sokhu di Provinsi Hamgyong Selatan pada Rabu (5/8/2020) malam. Seperti adegan drama hits CRASH LANDING ON YOU, kereta yang menuju Hyesan dari Pyongyang tiba-tiba berhenti karena pemadaman listrik di tengah perjalanan.

Dilansir dari Allkpop, tiga tentara dari divisi angkatan udara menari di dalam kereta selama acara hiburan. Tiba-tiba, anggota Badan Keamanan Pertahanan (mantan Komando Keamanan) menyeret ketiga tentara itu pergi.

1. Ternyata Ini Alasannya

Suasana di dalam kereta berubah tegang ketika unit petugas keamanan dikirim untuk membawa ketiga tentara itu pergi. Berdasarkan keputusan keputusan petugas propaganda Biro Politik Umum dan direktur Biro Keamanan, alasan ketiga tentara itu diamankan adalah karena mereka terpengaruh "propaganda Korea Selatan yang dekaden".

Unit tersebut juga dikatakan berada dalam keadaan darurat karena tentara mereka memiliki "keadaan pikiran yang benar-benar busuk" dan ketiga orang itu adalah tentara teladan dalam dinas dan pelatihan.

2. Tidak Tahu

Selama penyelidikan, para tentara tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa koreografi yang mereka bawakan berasal dari Korea Selatan. Ketiganya menyatakan bahwa koreografi tersebut mereka pelajari dari dalam unit dan hanya meniru tarian yang dikenal sebagai "Tarian Pramuka yang Menyenangkan" yang populer di masyarakat Korea Utara.

Ini adalah situasi yang sulit bagi tentara Korea Utara karena insiden terjadi saat tentara dari unit lain sedang menonton. Selain itu, pejabat senior dari Biro Politik Umum dan Biro Keamanan juga mempermasalahkannya. Kabarnya, kejadian ini akan dilaporkan secara detail kepada atasan.

3. Netizen Keheranan

Mendengar kabar ini, beberapa netizen malah jadi keheranan. Mereka mempertanyakan bagaimana bisa tentara Korea Utara tahu kalau itu adalah koreografi BTS.

"Bagaimana petugas keamanan Korea Utara bisa tahu lagu penyanyi Korea Selatan Blood, Sweat, and Tears hanya dengan melihat gerakannya tanpa pernah pernah menonton atau mendengarkan lagu tersebut?" tanya seorang netizen.

Namun, terungkap bahwa ada departemen khusus yang menonton video eksternal, termasuk video K-pop, selama tiga jam seminggu di kantor keamanan tersebut.


REKOMENDASI
TRENDING