KOREA

Bukan Cuma Modal Tampang, 15 Idol K-Pop Ini Ternyata Seorang Produser, Komposer, Sekaligus Penulis Lirik Sukses

Senin, 19 Juli 2021 18:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Di Korea, idol K-Pop tak sepenuhnya dianggap sebagai musisi oleh masyarakat umum. Pendengar musik para idol K-Pop di Negeri Ginseng bahkan terbilang terbatas pada fandom saja, lebih-lebih jika sang idol kurang begitu populer atau lagunya tak viral. 

Bahkan, ada banyak konten interview yang tersebar di YouTube, yang hampir sebagian besar warga biasa alias non-fans, jarang atau tak pernah mendengarkan lagu-lagu para idol K-Pop. Tak heran jika idol K-Pop kerap mendapatkan label 'cuma jual tampang'.

Padahal, kenyataannya tak sedikit idol K-Pop yang mampu menjadi produser, komposer sekaligus penulis lirik untuk grup mereka. Sebagaimana lansiran Koreaboo, netizen Korea pun memberikan vote mereka.

Hasilnya, 15 sosok ini keluar sebagai idol K-Pop yang tak hanya jual tampang, tetapi juga seorang musisi, produser, komposer dan penulis lagu, paling tidak buat grupnya. Ada siapa saja?

1. Sunmi

Sejak masih di Wonder Girls, Sunmi sudah terlibat dalam proses menulis lirik dan memproduksi lagunya sendiri. Inilah yang membuatnya tetap sukses menjadi penyanyi solo sampai sekarang. Sebanyak 250 vote diberikan netizen kepada Sunmi sebagai bukti, jika ia memang termasuk salah satu idol K-Pop berbakat.

2. Lee Chanhyuk AKMU

Pernah mendengar Akdong Musicians atau AKMU? Benar duo musisi kakak beradik ini memang piawai melahirkan musik-musik hits yang enak didengar. Hal ini karena Lee Chanhyuk salah satu personelnya, memiliki kemampuan menulis lagu dan memproduksi musik sendiri sedari debut. Netizen pun memberikan 283 vote mereka sebagai tanda setuju jika Chanhyuk beneran idol K-Pop berbakat.

3. Song Mino WINNER

Selanjutnya ada Song Mino WINNER yang juga tak hanya berwajah keren, tetapi juga begitu berdedikasi dalam menulis dan memproduksi lagu. Ia bahkan menulis dan memproduksi album solonya sendiri, XX. Hal inilah yang bikin netizen memberikan 316 vote kepadanya sebagai idol K-Pop dengan segudang bakat bermusik.

4. Woozi SEVENTEEN

Bicara sosok di balik musik-musik SEVENTEEN, tentu tak bisa dilepaskan dari peran seorang Woozi. Ia dikenal sebagai master komposer dan produser hampir di seluruh lagu-lagu terkenal SEVENTEEN. Wajar jika pada akhirnya Woozi mendapatkan 347 vote dari netizen sebagai idol K-Pop yang sangat berbakat di bidangnya.

5. Hui PENTAGON

Ada banyak sekali musik PENTAGON yang diproduseri langsung oleh Hui sejak debut pada 2016. Musikalitasnya bahkan tak jarang menuai pujian beragam pihak. Berkat kemampuannya sebagai produser sekaligus idol K-Pop, Hui mendapatkan 426 vote dari netizen dalam daftar ini.

6. Soyeon (G)I-DLE

Punya visual yang badass abis, Soyeon (G)I-DLE juga dikenal sebagai salah satu idol K-Pop yang banyak berkontribusi dalam proses menulis lirik dan aransemen lagu-lagu, baik untuk grupnya maupun artis lain. Tak heran jika netizen memberikan 522 vote kepada Soyeon sebagai salah satu idol K-Pop berbakat.

7. Zico

Selanjutnya ada Zico. Dari idol K-Pop, hingga akhirnya menjadi musisi solo yang sukses, Zico banyak meramu musik-musiknya sendiri. Menariknya, ia tak pernah berkeinginan menjadi seorang produser. Namun, ketika coba-coba, ia baru menyadari jika dirinya punya bakat di bidang tersebut. Dari kerja kerasnya, netizen sepakat memberikan 748 vote kepadanya sebagai idol K-Pop yang musikalitasnya patut diacungi jempol.

8. G-Dragon

Boleh dibilang G-Dragon merupakan ikon K-Pop dari generasi kedua yang tak hanya dikenal berkat kharisma dan visualnya, tetapi juga musikalitasnya. Sejumlah netizen pun sepakat memberikan 923 vote, jika member Big Bang ini adalah seorang penulis lagu, komposer, produser rekaman, hingga pengusaha sukses.

9. Baekho NU'EST

Siapapun sah-sah saja bermimpi lain selain menekuni profesi yang tengah dijalaninya. Hal inilah yang dibuktikan sendiri oleh Baekho NU'EST. Bermula dari keinginan menulis lagu untuk NU'EST, perlahan tapi pasti idol K-Pop ini kini menjadi produser untuk album NU'EST. Bahkan ia sekarang juga menulis untuk artis lain. Berkat kerja kerasnya tersebut, sebanyak 2093 vote diberikan netizen kepada Baekho.

10. IU

Bertubuh mungil, berparas cantik dan bersuara emas, rasanya memang jadi visual komplit IU sebagai seorang idol K-Pop. Meski begitu, ia enggan disemati label kurang bertalenta. Sebaliknya, berkat bakat bermusik yang dimilikinya, ia mampu menulis lirik sendiri untuk 50 lebih lagu-lagunya. IU pun mendapatkan 2774 vote dari netizen atas musikalitasnya sebagai idol K-Pop bertalenta.

11. Daehwi AB6IX

Sejak masih muda Daehwi AB6IX sudah mempelajari cara memproduksi musik sekaligus menulis lagu sendiri. Idol K-Pop di bawah binaan Brand New Music Entertainment ini pun tak kalah berkharisma di atas panggung. Hal inilah yang membuat netizen setuju dan memberikan 6932 vote kepada Daehwi sebagai idol K-Pop dengan musikalitas tinggi.

12. RM BTS

Bukan rahasia lagi jika RM BTS merupakan otak penting di balik hampir keseluruhan lagu-lagu BTS. Ia juga sukses merilis mixtape-nya sendiri berulang kali. Menariknya, nyaris selalu lagu yang dibuatnya selalu jadi hits dan mendunia.

Itulah kenapa RM juga dikenal dengan kemampuannya sebagai produser andal, yang bahkan mampu memikat banyak artis internasional untuk mengajaknya berkolaborasi. Atas pencapaian ini, sebanyak 8441 vote diberikan netizen  kepada RM dalam daftar ini.

13. Young Tak

Di Korea nama Young Tak begitu terpandang bukan saja sebagai penyanyi solo, tetapi juga seorang penulis lagu dan produser hampir untuk sebagian besar lagu-lagunya. Kemampuannya ini bahkan tak diragukan lagi, hingga netizen memberikan 19.485 vote kepada Young Tak dalam daftar ini bersama pada idol K-Pop top berbakat lainnya.

14. Suga BTS

Selain RM, Suga BTS juga memiliki banyak kredit dalam lagu-lagu di grupnya. Bukan itu saja, Suga juga berkali-kali merilis mixtape dengan single yang cukup meledak di pasaran. Di Korea, Suga juga langganan diajak berkolaborasi dengan nama-nama besar dalam industri musik. Hal ini membuatnya mendapatkan 38.614 vote oleh netizen dalam daftar ini.

15. V BTS

Last but not least, sebanyak 53.448 vote diberikan kepada V BTS sebagai idol K-Pop yang sukses membuktikan diri tak hanya jual tampang. Secara visual, ketampanan V BTS memang sudah kerap menuai pujian, termasuk berbagai media internasional. 

Akan tetapi, ia ternyata tak puas diri dengan label tersebut. Proses belajar yang dilakukannya secara perlahan selama beberapa tahun terakhir ini, mampu membuahkan hasil. Salah satu lagu terkenal dalam album BTS, BE, yaitu Blue & Grey ternyata hasil produksinya. V juga telah merilis beberapa lagu solo, seperti Winter Bear, hingga Sweet Night untuk OST drama hits, ITAEWON CLASS. 

Selain nama-nama yang tercantum dalam daftar ini, tentu masih banyak idol K-Pop lain yang tak kalah berbakat dari segi musikalitasnya. Hanya saja mungkin, banyak netizen Korea yang belum tahu, sehingga pada idol K-Pop ini masih minim apresiasi.

Semoga makin banyak idol K-Pop yang berani terjun juga menjadi komposer, produser maupun penulis lagu di tahun-tahun yang akan datang.

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING